Catatan Kenzie Athaya Supriyanto-Belajar Tengkurap

Belajar tengkurap -Menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri ketika kita sebagai orang tua dapat menyaksikan dan mengikuti perkembangan dan pertumbuhan sang buah hati dari hari kehari secara langsung. Mulai dari proses kelahiran, cara merawat bayi seperti menganti popok, memandikan, memotong rambut, menimang, dan kegiatan rutinitas merawat bayi setiap hari. Juga menyaksikan perkembangannya seperti mengontrol kenaikan berat badan setiap bulannya, sampai pada ketika sang buah hati mulai belajar tengkurap.

belajar tengkurap

Begitu juga dengan anak saya Kenzie Athaya Supriyanto yang sudah mulai belajar tengkurep ketika berusia sekita 4 bulan. Pertama-tama ketika baru belajar tengkurap kami bantu sedikit demi sedikit seperti arahan yang diberikan oleh pemijat/ therapis bayi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Selogiri, Wonogiri yang menjadi tempat Kenzie pijat setiap bulannya.

Mas therapis pijat bayi yang usianya masih cukup muda itu menyarankan agar membantu proses tengkurap untuk mmberi rangsangan agar kenzie bisa cepat tengkurap sendiri. Pertama-tama memang agak susah, tapi lama kelamaan dia bisa tengkurap sendiri, meskipun belum ada satu menit kadang sudah capek dan menangis minta telentang lagi.

bayi-belajar-tengkurap

Seiring bertambahnya usia bayi lama kelamaan ia bisa tengkurap sendiri, kemudian bisa mengangkat kepala, mampu tengkurap agak lama, kemudian belajar untuk bisa terlentang sendiri, meskipun kadang juga masih kami bantu. Tapi sekarang kenzie sudah bisa telentang sendiri, bahkan sudah mulai ongkok-ongkok untuk proses belajar merangkak.

Sebagai orang tua pasti akan sangat bahagia sekali ketika sang buah hati sudah mulai belajar tengkurap, bisa tengkurap sendiri, bisa telentang sendiri. Pokoknya lucu dan bahagia sekali ketika anak sudah mulai bisa tengkurap sendiri.
bayi tengkurap

Ketika sang buah hati sudah bisa tengkurap sendiri dan sudah mulai belajar terlentang sendiri, maka sebagai orang tua anda harus mulai hati-hati dan memberikan perhatian khusus kepada buah hati anda, karena ditakutkan ketika anda lengah, saat bayi sudah bisa tengkurap sendiri, bayi anda bisa jatuh dari tempat tidur. Jadi sebaiknya jangan meninggalkan bayi anda sendirian ditempat tidur, baik itu ketika ia terjaga atau ketika ia tertidur. Jika memang darurat dan tidak ada yang menunggu ketika hendak meninggalkan bayi sendirian ditempat tidur, sebaiknya sekeliling bayi anda halangi dengan bantal atau guling, untuk antisipasi jika bayi anda tengkurap sendiri.

Jika tidak demikian, anda juga bisa menggunakan ranjang khusus bayi yang disekelilingnya sudah diberikan pengaman/ pagar penghalang. Atau bisa juga anda letakkan kasur dilantai dan tidak usah menggunakan ranjang untuk sementara waktu demi keamanan sang buah hati.

Itulah sedikit catatan kenzie athaya supriyanto ketika mulai belajar tengkurap sendiri.
Back To Top