5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Sebagai seorang blogger pemula kita pasti sering melakukan kesalahan-kesalahan yang terkadang tidak disadari namun memiliki dampak yang cukup fatal buat perkembangan blog yang selama ini kita kelola. Karena sebagai seorang blogger, khususnya blogger pemula hanyalah manusia biasa pasti tidak luput dari kesalahan dan dosa. hehehe.. (edisi ngeles)

kesalahan yang dilakukan blogger pemula
Kebanyakan blogger pemula belum mengetahui secara luas tentang teknik ngeblog, baik itu teknik yang berhubungan dengan konten, tampilan, ataupun seo blog. Ketidak tahuan tersebutlah yang biasanya menggiring seorang blogger pemula melakukan beberapa kesalahan yang dapat berdampak buruk terhadap perkembangan blog.

Nah, agar anda tidak mengulangi kesalahan tersebut untuk kedua kalinya, atau untuk mencegah agar anda jangan sampai melakukan kesalahan tersebut, maka pertama-tama anda perlu mengetahui apa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula. Apa saja kesalahan tersebut? simak baik-baik uraian singkat tentang kesalahan blogger pemula dibawah ini:

5 Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula


1.Artikel copy paste

akibat artikel copy paste
Banyak blogger pemula yang tergiur dengan iming-iming bisa mendapatkan ribuan dolar dalam sebulan yang mereka baca dari ebook atau artikel di internet yang sifatnya sedikit menyesatkan. Kenapa saya bilang menyesatkan? karena jujur dulu saya pernah membeli ebook yang katanya memberikan tips cara mendapatkan ribuan dolar dalam sebulan, dan setelah saya baca ternyata isinya hanya mengajarkan kita untuk menjadi seorang tukang copas.

Intinya ada pembaca diminta untuk mencari artikel berbahasa inggris diforum yang bersifat open, kemudian mengcopy paste artikel tersebut kedalam blog anda. Mungkin ebook tersebut tidak salah, dan benar bisa menghasilkan ribuan dolar dalam sebulan. Tapi menurut saya sipenulis tidak mengajarkan kepada pembaca untuk menjadi seorang blogger yang baik, karena blogger yang baik tentunya tidak akan suka dengan yang namanya artikel copy paste.

Pengetahuan blogger yang minim dan ilmu blogger yang salah itulah yang terkadang membuat seorang blogger pemula memilih untuk menerbitkan artikel copy paste sebanyak-banyaknya agar bisa menaikkan visitor dengan cepat. Tapi perlu anda ketahui bahwa google sekarang semakin pintar, mereka akan melakukan update setiap saat. Belum lagi jika si pemilik artikel merasa dirugikan, kemudian melaporkan blog anda ke pihak google, maka jangan menyesal jika suatu saat blog anda akan terkena hukuman pinalty dari google.

2. Terlalu sering mengganti template

akibat sering ganti template
Seorang blogger pemula biasanya akan sangat memperhatikan sekali tampilan blognya, sehingga terkadang mereka sering mencoba banyak template agar mendapatkan tampilan blog yang seusai dengan yang diharapkan. Berbeda dengan blogger berpengalaman, mereka pasti akan berfikir seribu kali sebelum mengganti template, terlebih jika popularitas blog sudah cukup bagus dimata mesin pencari. Karena mengganti template blog sangat berpengaruh terhadap SEO blog tersebut.

Tampilan blog memang penting, tapi tidak penting-penting amat juga, yang paling penting adalah SEO dan konten blog tersebut. Ambil contoh template blok milik Linda Ikeji, seorang blogger sukses asal afrika yang mampu meraup milyaran rupiah dalam sebulan. Template yang ia gunakan sangat sederhana sekali, bahkan masih bagus template yang anda gunakan saat ini. Silahkan lihat sendiri di Lindaikejisblog.com 

3. Terlalu banyak memasang widget

akibat terlalu banyak widget
Masih berkutat pada seputar tampilan blog, karena sekali lagi seorang blogger pemula biasanya suka mencoba berbagai macam widget untuk dipasang diblog mereka. Bahkan untuk widget yang tidak terlalu dibutuhkan misalnya seperti widget pemutar musik, chatting, slideshow foto, radio online, dan yang lain sebagainya yang justru membuat loading blog menjadi lambat.

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa 40% dari pengunjung blog cenderung akan meninggalkan blog yang memiliki loading lebih lama dari 3 detik. Itu berarti peluang anda untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak akan berkurang, karena pengunjung akan terlebih dahulu meninggalkan blog sebelum mereka sempat membaca blog anda. Jadi sebaiknya gunakan widget blog hanya yang dianggap penting saja, agar loading blog tidak menjadi berat.

4. Rasa malas ngeblog

Ini kesalahan yang paling sering terjadi, bahkan bukan untuk seorang blogger pemula saja, karena saya pun juga sering mengalami yang namanya malas ngeblog. Terlebih ketika kita sudah terlanjur capek dengan kegiatan/ pekerjaan offline, tentu kegiatan online akan sedikit terabaikan.

Belum lagi jika muncul permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seperti putus cinta, sakit hati, demdam, dan lain sebagainya. Biasanya hal-hal tersebut akan sangat mempengaruhi hati dan perasaan, sehingga berdampak pula terhadap kegiatan ngeblog.

5. Mengganti nama domain yang sudah populer

Seorang blogger pemula pasti sangat memperhatikan sekali dengan yang namanya domain, mereka cenderung memilih nama domain yang sesuai dengan identitas diri, atau domain yang sesuai dengan niche yang mereka harapkan.

Contoh kasus:

A. Seorang blogger pemula atau biar lebih gampang saya contohkan dengan menggunakan blog saya sendiri saja. Pertama kali mengenal dunia blogging saya membuat blog dengan nama domain bocahsoenyi.com, setelah saya pikir-pikir domain bocahsoenyi.com kok rasanya tidak nyambung atau tidak sesuai dengan blog ini yang mengusung tema internet marketing.

Saya sempat berfikir untuk menggantinya dengan nama domain yang lebih seo dan lebih nyambung, tapi setelah saya pertimbangkan lagi, rasanya kok sayang sekali, trafik blog ini sudah lebih dari 1000 visitor per hari. Nanti takutnya kalau saya ganti nama domain, visitornya malah akan anjlok, karena penggantian nama domain tentu akan mempengaruhi popularitas blog dimata google. Google pasti akan kebingungan mengindeks penggantian alamat domain baru.

B. Seorang blogger pemula membuat blog dengan nama domain Tipsngeblog77.com, yang membahas tentang seputar tips dan tutorial blog. Seiring berjalannya waktu ternyata si pemilik blog mentok dengan tema yang ia bahas, karena memang ia tidak memiliki basic yang cukup mempuni tentang tema yang dipilih. Akhirnya ia menulis sembarang artikel mulai dari cerita kehidupan sehari-hari, berita politik, kesehatan, olah raga, dan lain sebagainya sehingga jadilah tema blog gado-gado.

Berhubung si pemilik blog termasuk orang yang narsis seperti saya yang ingin dikenal cukup banyak orang, maka ia memutuskan untuk mengganti nama domain blog dengan identitas dirinya (nama sendiri), tapi karena blog tersebut sudah cukup memiliki popularitas dimata google, akhirnya harus kembali lagi ke index awal hanya gara-gara mengganti nama domain.

Itulah sedikit uraian tentang kesalahan fatal yang sering dilakukan blogger pemula, semoga kita sebagai blogger pemula tidak melakukan kesalahan-kesalahan tersebut. Semoga bermanfaat..

Tag : Tips NgeBlog
Back To Top