Mengatasi Malas Ngeblog dan Membangkitkan Semangat Ngeblog

Semangat ngeblog terkadang mulai hilang, dan kegiatan ngeblog menjadi terasa membosankan sekali, terlebih jika motivasi ngeblog hanya sekedar untuk memperoleh penghasilan (earning) baik itu dari iklan ppc semacam (google adsense, chitika, adstars, dll), iklan popup, atau bahkan iklan mandiri. Karena jika keinginan tersebut tidak kunjung terpenuhi, biasanya anda akan mulai malas dan kehilangan semangat ngeblog.
malas-ngeblog
Berbeda jika kegiatan ngeblog anda jadikan sebagai sebuah hobby yang menyenangkan, meskipun tidak mendapatkan hasil apa-apa dari blog tersebut, tapi anda akan tetap merasa senang dan bahagia, karena sudah bisa menyalurkan hobby anda. Walaupun tidak menutup kemungkinan anda juga bisa bosan dengan hobby tersebut, setelah menemukan hobby yang lain.

Posting tentang mengatasi malas ngeblog ini bukan semata-mata saya tulis hanya saya tujukan untuk anda yang bersedia membaca blog ini, melainkan juga sebagai pengingat bagi saya sendiri yang tidak saya pungkiri terkadang juga merasakan yang namanya bosan ngeblog, dan kehilangan semangat ngeblog. Karena bagaimanapun juga saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari khilaf dan dosa (apa hubungannya coba?)

Penyebab malas dan tidak bersemangat ngeblog


Ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu hilangnya semangat ngeblog seperti yang sedikit sudah saya singgung diatas, penyebab malas ngeblog tersebut antara lain adalah?

1. Ditolak google adsense
Menjadi seorang publisher adsense yang sukses memang bisa dikatakan menjadi impian dari kebanyakan blogger, tapi seiring semakin banyaknya orang yang berminat terhadap google adsense, maka proses pendaftarannya pun semakin diperketat dan semakin sulit. Maka tidak jarang orang yang sudah berkali-kali ditolak google adsense akan merasa frustasi sehingga timbul perasaan malas ngeblog, dan berfikir bahwa ngeblog itu adalah kegiatan yang membosan dan sia-sia. Seperti yang pernah saya tulis pada posting sebelumnya, bahwa ditolak google adsense itu rasanya lebih sakit daripada ditolak cinta.

2. Terkena banned google adsense
Meskipun anda sudah berhasil diterima menjadi publisher adsense, bahkan sudah merasakan gajian setiap bulan, tapi jika anda tidak berhati-hati dalam menulis konten, mengelola blog, dan mengoptimalkan seo, maka bisa-bisa akun google adsense anda akan terkena banned adsense. Hal inilah yang biasanya akan membuat blogger menjadi kehilangan semangat dan kehilangan arah tujuan.

3. Blog/ Website terkena google sandbox
Sama halnya dengan google adsense, blog dan website pun juga bisa terkena banned, hanya saja namanya berbeda, yaitu google sandbox. Blog yang sudah terkena google sandbox biasanya akan hilang dari google search (SERP) sehingga orang akan kesulitan menemukan blog anda dihalaman pencarian google, bahkan anda sendiripun bisa kesulitan dan tidak tahu berada diposisi berapa artikel posting anda.

Meskipun pada awalnya posting anda berada dihalaman pertama google search, tapi jika sudah terkena google sandbox, maka bisa jadi posting anda tidak terindeks sama sekali. Hukuman berupa google sandbox tersebut biasanya diberikan kepada blog yang menggunakan teknik seo secara tidak benar (Black hat seo). Jadi untuk menghindari terjadinya google sandbox, selalu gunakan teknik seo yang benar dan direkomendasikan oleh google.

4. Tidak bisa akses internet
Point ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, dimana ketika saya sedang semangat-semangatnya menulis blog, tiba-tiba koneksi internet melambat, atau tiba-tiba kuota paket internet habis. Terlebih ketika saya pulang kampung, dimana koneksi internet dikampung saya masih sangat lamban sekali (jaringan Edge). Bisa dibayangkan bagaimana frustasinya saya ketika harus ngeblog dengan jaringan internet yang belum 3G. Belum lagi jika cuaca sedang tidak bersahabat (hujan) biasanya jaringan internet akan hilang/ tidak ada sama sekali.

 5. Earning adsense yang tidak kunjung meningkat
Sudah bertahun-tahun anda ngeblog, sudah ratusan bahkan ribuan artikel anda posting, sudah berbagai macam teknik seo anda coba, tapi hasilnya earning adsense masih begitu-begitu saja. Jangankan merasakan gajian setiap bulannya, untuk sekedar membeli kuota internet saja tidak cukup. Hal inilah yang terkadang membuat anda menjadi malas ngeblog dan kehilangan semangat ngeblog, terlebih jika motivasi ngeblog anda hanya mengharapkan earning dari google adsense semata.

6. Visitor tidak bertambah/ bahkan malah turun
Berbagai macam teknik seo dan update konten sudah dilakukan, tapi visitor blog tidak kunjung bertambah, hanya segitu saja, atau justru dari hari ke hari malah semakin berkurang. Ini mungkin disebabkan karena anda terlalu berlebihan dalam melakukan seo blog, sehingga blog anda dianggap menyalahi aturan seo. Hasilnya bukan visitor semakin meningkat, tapi justru malah menurun drastis. Jadi untuk mendongkrak visitor blog, sebaiknya gunakan teknik seo yang sewajarnya saja, yang penting sering update konten yang original, perlahan-lahan pasti visitor blog akan meningkat.

7. Situasi dan kondisi lingkungan yang tidak kondusif
Ini juga sering terjadi dengan saya, ketika saya sedang bersemangat sekali ngeblog tiba-tiba tetangga kost saya berisik sekali, sehingga menganggu konsentrasi. Apa yang tadinya ada dikepala tiba-tiba hilang entah kemana, semua ide dan rangkaian kata-kata yang akan ditulis seperti lenyap ditelan bumi. Ujung-ujungnya pasti saya memilih untuk menyetel musik keras-keras sambil tiduran.

Jadi untuk bisa ngeblog dengan baik itu dibutuhkan lingkungan yang nyaman, tenang, dan kondusif. Sangat sulit sekali jika kita harus ngeblog ditengah orang lalu lalang, atau ditengah berisik orang yang sedang ngobrol/ marah-marah. Kecuali orang-orang tertentu yang memang memiliki kelebihan bisa tetap berkonsentrasi meskipun berada ditempat keramaian.

semangat-ngeblog

Cara mengatasi kemalasan dan meningkatkan semangat ngeblog


Dari beberapa sebab diatas, saya dapat menyimpulkan dan merangkum beberapa cara untuk mengatasi kemalasan ngeblog serta cara untuk meningkatkan semangat ngeblog, agar cita-cita anda untuk menjadi blogger sukses bisa terwujud.

1. Jadikan ngeblog sebagai hobby sekaligus pekerjaan
Ini yang mungkin kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah passion, yaitu bekerja sesuai dengan hobby. Jika anda sudah bisa menjadikan ngeblog sebagai hobby, maka rasa bosan dan malas ngeblog pasti dapat anda minimalisir. Sehingga lambat laun hobby ngeblog tersebut akan berubah menjadi sebuah pekerjaan, ketika anda sudah merasakan penghasilan yang cukup dari kegiatan ngeblog tersebut.

Dapat dibayangkan alangkah indahnya jika kita bisa memiliki hobby yang menghasilkan banyak uang, dan sekaligus menjadikan hobby tersebut sebagai pekerjaan kita. Pasti rasa semangat ngeblog akan selalu bisa terjaga meskipun terkadang timbul rasa bosan, tapi pasti anda akan dapat mengatasi kebosanan tersebut dengan sendirinya.

2. Jangan terlalu fokus dengan penghasilan semata
Jika orientasi dan motivasi anda ngeblog hanya semata-mata untuk mendapatkan penghasilan, maka ketika penghasilan tersebut tidak kunjung anda dapatkan, atau tidak seusia dengan yang anda harapkan, maka kemungkinan besar anda akan merasa frustasi kemudian malas dengan semua kegiatan ngeblog.

Boleh-boleh saja dan sah-sah saja anda berfikir tentang penghasilan blog, karena memang arah dari ngeblog ujung-ujungnya akan kesana. Tapi jangan kemudian anda hanya terfokus pada penghasilan semata, fikirkan juga tentang kepuasan anda menulis blog, tentang manfaat yang dapat anda berikan kepada orang lain dengan artikel yang anda tulis di blog, dan yang lain sebagainya.

3. Membaca pengalaman dan kisah sukses para blogger
Hampir rata-rata semua blogger sukses pasti pernah merasakan yang namanya jatuh bangun, mulai dari berkali-kali ditolak google adsense, terkena banned adsense, terkena google sandbox, bahkan harus rela hanya tidur 4 jam setiap hari karena mengelola blog.

Bacalah dan renungkan kisah dan pengalaman para blogger sukses yang rata-rata pernah mengalami kesulitan tersebut. Baca juga latar belakang para blogger yang ada beberapa hanya mengenyam pendidikan sampai SD atau SMP saja, tapi berkat semangat dan kerja keras mereka bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini.

Bayangkan jika seorang lulusan SD saja bisa sukses, bagaimana dengan anda yang lulusan SMA atau bahkan sarjana. Asalkan anda mau terus berusaha dan pantang menyerah, saya yakin anda bisa lebih sukses dari mereka, atau minimal sama seperti mereka.

4. Berfikirlah bahwa blog anda adalah investasi jangka panjang bagi anda
Mungkin sekarang anda belum mendapatkan apa-apa dari blog tersebut, tapi yakinlah bahwa suatu saat jika anda mengelola blog tersebut dengan serius, maka anda akan merasakan hasilnya berupa pasif income yang nilainya luar biasa. Dimana orang lain masih sibuk bekerja keras membanting tulang, masih baru memulai membangun sebuah blog, anda sudah merasakan buah dari kerja keras anda selama ini.

Karena bisa dibilang blog memang merupakan sebuah investasi masa depan, kenapa saya yakin dengan hal tersebut? karena banyak sekali pengusaha yang memiliki banyak uang berani membuat sebuah website dan mengelolanya dengan mengeluarkan dana yang cukup besar, itu artinya perkembangan blog dan website tidak akan berhenti sampai disini saja. Dalam beberapa waktu kedepan, perkembangan teknologi internet pasti akan semakin berkembang, dan kita akan menjadi salah satu orang yang dapat menikmati dari perkembangan teknologi internet tersebut.

Saya kira itu saja tips cara mengatasi malas ngeblog dan membangkitkan semangat ngeblog yang dapat saya tuliskan, semoga tips ini dapat memacu semangat kita untuk terus mengelola blog dengan baik. Semoga bermanfaat.

 
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top