Aku Ingin Menjadi Blogger Sukses

Menjadi blogger sukses, Iya.. siapa yang tidak mau menjadi seorang blogger sukses? Dapat dipastikan hampir semua blogger pasti menginginkannya, termasuk saya salah satunya. Tapi rasanya semua itu masih butuh waktu dan proses yang cukup lama, karena sampai saat ini saya belum berani melabeli diri saya sendiri dengan sebutan "blogger". Karena saya merasa masih sangat belum pantas menyebut diri saya adalah seorang blogger, apalagi disebut blogger sukses, masih jauh sekali bro...

menjadi blogger sukses
Sebenarnya setiap orang yang sudah memiliki blog dan mempunyai hobby atau kemampuan menulis, kemudian tulisan tersebut diposting kedalam sebuah blog miliknya secara rutin. Tidak peduli apa tema dari tulisan tersebut, entah itu hanya berisi tentang cerita kehidupan sehari-hari, atau bahkan artikel yang membahas tentang suatu topik. Tidak peduli juga seberapa banyak jumlah artikel yang ada didalam blog tersebut, asalkan ia berani melabeli dirinya sebagai seorang blogger, maka ia sudah pantas disebut blogger.

Berbeda dengan saya yang merasa belum pantas menyebut diri saya sebagai seorang blogger, kenapa bisa demikian? karena menurut sudut pandang saya, blogger itu adalah hobby sekaligus pekerjaan, atau istilah lainnya adalah hobby ngeblog yang menghasilkan uang. Sedangkan saya sendiri jujur belum bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, karena saya belum bisa payout setiap bulan dari penghasilan adsense blog ini. Itu hanyalah pengertian blogger dari sudut pandang saya, selebihnya terserah anda. Mungkin anda memiliki pandangan tersendiri dengan istilah blogger tersebut.

Kembali lagi pada pokok pembahasan tentang ingin menjadi blogger sukses. Iya, saya sangat bercita-cita sekali bisa menjadi seorang blogger yang sukses yang dapat payout setiap bulan dari google adsense, atau dari iklan lainnya, dan bisa menjadikan kegiatan ngeblog ini sebagai sumber mata pencaharian saya. Memiliki rumah, memiliki kendaraan roda empat, mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari hanya dari ngeblog. Rasa keinginan itulah yang selalu membangkitkan semangat saya untuk terus menulis dan mengupdate posting di beberapa blog saya.

Tentu sebagian dari anda ada juga yang memiliki keinginan dan cita-cita seperti saya. Yuuk kita belajar bareng-bareng bagaimana caranya agar bisa menjadi blogger yang sukses seperti Asri tadda, Joko susilo, Eka lesmana, atau bahkan Linda ikeji, yang mampu meraup puluhan bahkan ratusan juta dalam sebulan.

Syarat menjadi blogger sukses


Menjadi seorang blogger sukses itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka dari itu meskipun banyak orang melabeli dirinya sebagai seorang blogger, tapi sedikit sekali yang berani mengatakan bahwa ia adalah seorang blogger sukses. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan, kerja keras, dan kreatifitas diatas rata-rata seorang blogger pada umumnya.

Dibawah ini saya akan menuliskan beberapa syarat menjadi blogger sukses yang saya rangkum dari berbagai sumber dan artikel yang saya dapatkan dari internet. Semoga dengan rangkuman ini dapat mempermudah kita untuk mencapai keinginan dan cita-cita menjadi seorang blogger sukses.

1. Memiliki blog
Syarat pertama tentu kita harus memiliki minimal satu buah blog, kalau bisa jangan hanya satu tapi sebanyak-banyaknya. Untuk membuat blog, kita bisa memanfaatkan platform gratisan dari blogspot, atau bisa juga dengan menggunakan blogspot tapi dengan domain TLD, atau dengan membeli domain dan hosting berbayar. Baca: Cara membuat blog gratis dengan blogspot

2.  Memiliki hobby dan kemampuan menulis
Sangat mustahil sekali bisa menjadi seorang blogger sukses jika anda tidak memiliki hobby dan kemampuan menulis dengan baik, karena inti dari sebuah blog adalah konten tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain. Tingkatkan kemampuan menulis anda dengan belajar dari membaca hasil tulisan orang lain kemudian dipraktekkan secara terus menerus, karena kemampuan menulis akan berkembang dengan sendirinya jika kita membiasakan diri untuk terus menulis sesering mungkin.

Jika sudah terbiasa menulis nanti kita akan dengan mudah merangkai huruf demi huruf menjadi sebuah kata, kemudian merangkai kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat, menjadi sebuah paragraf, kemudian menjadi sebuah artikel posting. Kita juga akan terbiasa bagaimana menyampaikan sebuah pendapat, sebuah ide yang ada dikepala kepada orang lain melalui sebuah tulisan, sehingga orang yang membaca tulisan kita akan merasa nyaman dan mudah memahami isi dari tulisan yang kita sampaikan.
Baca: Cara menulis artikel yang original dengan baik

3. Memiliki kemampuan dalam hal blogging
Seorang blogger profesional wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang dunia blogging, misalnya seperti bagaimana cara merubah template blog, bagaimana cara membuat widget blog, dan lain sebagainya. Karena jika seorang blogger tidak memiliki kemampuan tersebut pasti blog yang dihasilkan akan kurang dinamis dan tidak responsive. Selain itu sebagai blogger kita juga minimal harus mengerti sedikit tentang koding seperti html, css, javascript, dll. Akan lebih afdhol lagi jika bisa menguasai bahasa koding tersebut.

4. Update konten secara rutin
Ini adalah salah satu hal yang paling penting bagi seorang blogger, yaitu update konten (artikel posting) secara rutin dan terus menerus, minimal satu posting dalam sehari. Lebih bagus lagi jika kita bisa menulis banyak posting setiap hari, namun tentunya harus posting yang berkualitas, bukan artikel yang abal-abal, atau bahkan copy paste. Karena bagi seorang blogger profesional sangat anti sekali dengan namanya artikel copas, mereka lebih cenderung memilih untuk menulis artikel yang unik dan original. Atau paling tidak bisa dengan merewrite atau menulis ulang artikel orang lain dengan gaya penulisan mereka sendiri.
Baca: Cara menulis artikel yang original dan berkualitas

5. Paham tentang SEO
SEO adalah ilmu yang paling dicari oleh blogger, bahkan tidak jarang seorang blogger rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengikuti kursus seo tersebut. Karena dengan menguasai seo maka seorang blogger akan dapat mengoptimalkan blog dimesin pencari google. Kata kuncinya adalah semakin baik seo blog, maka akan semakin banyak visitor blog tersebut. Semakin banyak visitor blog, maka akan semakin banyak pendapatan blog tersebut.

Jadi tak heran jika para blogger berlomba-lomba dalam hal seo, karena semua menginginkan artikel blog mereka bisa berada dihalaman pertama google search. Untuk mempelajari tentang seo, silahkan anda baca artikel ini:
6. Tidak mudah puas
Jika ingin menjadi seorang blogger yang sukses maka jangan cepat puas dengan hasil dari blog anda. Ini bukan berarti saya mengajarkan kepada anda untuk tidak mensyukuri yang ada. Tetap kita harus bersyukur dengan semua yang telah Tuhan berikan kepada kita, tapi bukan berarti kemudian kita sudah puas dengan apa yang kita hasilkan. Karena dengan merasa sudah puas, biasanya anda akan cenderung malas. Nah inilah yang lambat laun akan menghancurkan popularitas blog anda, karena meskipun visitor blog sudah banyak, tetap anda harus mengelola blog tersebut secara terus menerus agar tetap baik dimata google dan pembaca blog anda.

7. Tidak mudah putus asa
Jika sudah sukses tidak boleh cepat puas, maka sebaliknya jika gagal maka jangan mudah putus asa. Karena blogger bukanlah sesuatu yang instan yang bisa didapatkan dengan cepat dan mudah. Blogger adalah pekerjaan yang membutuhkan kerja keras, bahkan lebih keras dari pekerjaan kantoran. Kenapa bisa saya katakan demikian? karena biasanya seorang blogger sukses itu tidak mengenal waktu, mereka rela begadang hingga pagi hari, kurang tidur, kurang olahraga, bahkan kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar hanya untuk mengelola blog mereka.

Selain itu seorang blogger sukses rata-rata mereka pasti penah mengalami yang namanya jatuh bangun, ditolak google adsense berkali-kali, google adsense kena banned, bahkan sampai blog terkena google sandbox, dan lain lain. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk kembali ngeblog.

8. Bedo'a dan bersedekah
Untuk menjadi seorang blogger sukses tidak hanya melulu berkutat pada seo, posting, semangat, dan kerja keras. Tetapi anda jangan sampai melupakan yang diatas sana, Tuhan Yang Maha Esa, karena semuanya tidak akan tercapai jika tanpa campur tangan Tuhan. Jadi tetaplah berdo'a kepada Tuhan dan jangan melupakan sedekah, karena sekian persen dari penghasilan anda adalah hak milik orang-orang yang membutuhkan (fakir miskin). Selain itu sesuai dengan ajaran agama islam bahwa bersedekah akan membukakan pintu rejeki.

Saya rasa itulah sebagian dari syarat menjadi blogger sukses yang dapat saya tuliskan, karena ternyata menulis selarut ini rasanya cukup melelahkan juga, selain mata ngantuk, perut juga sudah mulai lapar. Akhir kata saya ucapkan, sampai bertemu di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top