SMS Banking BRI Dengan Resiko Dan kekurangannya

Asslamu'alaikum teman's.. Perkembangan dunia teknologi semakin memudahkan kita dalam berbagai hal, termasuk salah satunya dalam hal transaksi perbankan. Karena dengan adanya pekembangan teknologi internet dan gadgets, sekarang kita dapat melakukan transaksi dengan sangat mudah, yaitu dengan memanfaatkan layanan E-banking, M-banking, dan SMS banking bri.
resiko dan kekurangan sms banking bri
Khusus pada posting kali saya tidak akan membahas tentang layanan E-banking dan M-banking, dan saya hanya akan membahas tentang sms banking bri, karena untuk artikel yang membahas tentang sms banking mandiri sudah pernah saya bahas pada posting sebelumnya. Melainkan saya hanya akan membahas tentang sms banking bri dan resiko serta kekurangannya. Karena bagaimanapun juga disetiap ada layanan yang memberikan kemudahan, pasti memiliki beberapa kekurangan yang dapat menimbulkan resiko.
Tapi untuk sekedar menambah wawasan kita tentang sms baking, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang apa itu sms banking, serta bagaimana sistem kerjanya. 

Secara sederhanya, sms banking dapat kita gambarkan bahwa sms yang anda kirimkan akan diterima oleh operator seluler, kemudian sang operator akan meneruskan kembali kepada aplikasi mobile banking pihak bank. Dari layanan aplikasi mobil banking tersebut pesan akan dikirim kepada server core banking yang didalamnya berisi data akun nasabah. Respon dari sms tersebut lalu akan dikirim oleh aplikasi mobile banking kepada layanan Bulk SMS (sms massal) yang kemudian akan diteruskan kepada pengguna yang valid memalui sms pula. 

Ternyata cukup rumit dan harus melalui banyak proses ya? tapi kita tahunya hanya hanya mengirim sms, kemudian dalam beberapa detik transaksi sudah diproses dan kita mendapatkan sms balasan bahwa transaksi perbankan sudah sukses atau gagal.

Contoh format transaksi sms banking BRI

1. Cek saldo
  • Caranya ketik:  SALDO<spasi>PIN SMS BANKING kirim ke 3300
  • Contoh:  SALDO 123456 kirim ke 3300

2. Transfer ke sesama bank bri
  • Caranya ketik: TRANSFER<spasi>BRI(Nomor rekening tujuan)<spasi>NOMINAL<spasi>PIN SMS BANKING kirim ke 3300
  • Contoh: TRANSFER BRI0500012345678 10000 123456 kirim ke 3300

3. Transfer ke bank selain bri
  • Caranya ketik: TRANSFER<spasi>KODE BANK(Nomor rekening tujuan)<spasi>NOMINAL<spasi>PIN SMS BANKING kirim ke 3300
  • Contoh: TRANSFER 014005501234567 10000 123456  kirim ke 3300
Keterangan: 014 adalah kode Bank BCA, jadi ini adalah contoh transfer dari Bank BRI ke Bank BCA

Resiko SMS Banking BRI

Dari melihat contoh format perintah transaksi sms banking bri tersebut tentunya anda sudah dapat melihat dan menyimpulkan sendiri dimana letak resiko bertransaksi dengan menggunakan sms banking bri. Iya betul sekali, letak resikonya adalah pada PIN yang digunakan dalam sms banking tersebut.

Bayangkan jika anda lupa menghapus kotak keluar sms, dan orang lain meminjam handphone anda atau handphone anda hilang, tentu orang lain akan dapat dengan mudah mengetahui pin sms banking bri yang belum anda hapus dari outbox sms, maka dengan mudah orang lain dapat mengetahu dan melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan pin dan handphone anda, atau bahkan parahnya mereka akan menguras saldo rekening anda.

Resiko lainnya adalah jika ada orang yang sengaja mengaktifkan forward and copy pada handphone anda, karena ada beberapa operator seluler yang meyediakan layanan forward dan copy sms, dimana setiap anda mengirim dan menerima sms, maka sms tersebut akan secara otomatis terkirim ke nomor lain.

Atau bisa juga dengan memanfaatkan beberapa software/ aplikasi yang sengaja dibuat untuk menyadap sms, bbm, whatsapp, bahkan panggilan telepon. Misalnya seperti aplikasi sms anywhere yang dapat digunakan untuk menyadap sms orang lain.

Kekurangan SMS Banking BRI

Sengaja saya pilahkan antara resiko dan kekurangan sms banking bri, karena menurut saya suatu kekurangan mungkin masih bisa ditoleransi dan terkadang tidak menimbulkan resiko yang cukup berarti. Misalnya seperti biaya sms banking bri yang terbilang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan transaksi mbanking atau ebanking.

Selain itu kekurangan sms banking bri lainnya adalah transaksi yang kurang fleksibel yang disebabkan karena keterbatasan pengelolaan transaksi keuangan, sehingga tidak dapat melakukan transaksi keuangan yang banyak dalam satu waktu sekaligus.

Nah sekarang bagaimana pendapat anda? apakah anda masih memilih menggunakan transaksi sms banking bri atau bertransaksi dengan menggunakan E-banking, atau Mbanking. Karena dibalik kelebihan dan kemudahan, semua pasti terdapat kekurangan yang bahkan menimbulkan resiko yang cukup riskan.

KESIMPULAN
  • Setelah melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan sms banking bri, sebaiknya anda segera menghapus untaian pesan sms, baik itu sms masuk ataupun sms keluar.
  • Selalu waspada dan berhati-hati, simpan handphone anda ditempat yang aman.
  • Untuk menjaga privasi, sebaiknya gunakan aplikasi kunci/ lock pada handphone anda.
Posting ini tidak bermaksud untuk menjelekkan suatu pihak (bank bri), artikel ini murni hanya sekedar sharing untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal transaksi perbankan. Sekian dan semoga bermanfaat..


Back To Top