3 Aplikasi Smartphone Android Untuk Ngeblog

Aplikasi android untuk ngeblog -Sekarang ini perkembangan dunia blogging atau blogger semakin berkembang pesat, terhitung sejak sekitar 5 tahun belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan banyaknya penyedia hosting dan domain blog gratisan yang dapat digunakan secara mudah, selain itu juga dikarenakan sekarang ini kegiatan ngeblog bisa dijadikan sebagai pekerjaan dan menghasilkan banyak uang yang diperoleh dari iklan, baik itu iklan ppc seperti google adsense atau iklan mandiri.

aplikasi smartphone android untuk ngeblog

Dengan semakin maraknya peminat blog atau sering disebut dengan istilah blogger, dan semakin berkembangnya teknologi smartphone android, maka google.inc selaku pemilik blogger.com memberikan kemudahan kepada para blogger untuk dapat mengelola blog melalui ponsel android mereka. Sehingga blog dapat dikelola setiap saat dan kapan saja, karena para blogger tidak perlu menggunakan PC atau laptop lagi untuk login ke dashbord blogspot.

Sayangnya aplikasi android untuk ngeblog yang dibuat oleh google memiliki beberapa kelemahan, terutama pada bagian fitur yang dirasa kurang lengkap, sehingga para blogger mengeluhkan hal tersebut, terutama pada pengaturan tata letak gambar. Hal tersebutlah yang menyebabkan para blogger enggan menggunakan aplikasi android blogger official milik google.

Melihat hal tersebut, para develop aplikasi android saling berlomba untuk membuat aplikasi android untuk ngeblog pihak ke 3, dan ternyata justru aplikasi untuk ngeblog buatan pihak ke 3 memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan, sehingga otomatis para blogger beralih menggunakan aplikasi android dari develop pihak ke 3 tersebut.

Adapun aplikasi smartphone android untuk ngeblog yang terbaik menurut beberapa sumber yang telah saya baca, tapi belum semuanya saya coba adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Blogaway
aplikasi android blogaway
Blogaway adalah aplikasi android pengelola blog yang dikhususkan untuk blog yang berplatform blogspot, fitur yang diberikan oleh blogaway lebih lengkap dan lebih mudah dalam penggunaanya jika dibandingkan dengan aplikasi blogger official. Beberapa fitur yang diberikan antara lain adalah kemudahan dalam menulis artikel posting, penambahan link, gambar, video, label, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, aplikasi blogaway juga menawarkan fitur RSS feed, draft, dan Map.

2. Aplikasi X-Plore
aplikasi android x-plore
Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola file manager seperti layaknya anda mengelola blog melalui file manager menggunakan laptop/ PC. File manager tersebut biasanya digunakan untuk mengedit template blog secara offline melalui localhost. File template yang baru di download dan hendak diunggah ke blog biasanya berbentuk arsip, sehingga dibutuhkan alat untuk mengekstrak juga perlu diedit agar sesuai dengan kebutuhan blog. Aplikasi android X-plore ini dapat digunakan untuk pengelolaan arsip dan pengeditan teks pada file manager dengan fitur yang cukup lengkap dan ukuran file aplikasi yang lumayan kecil, sehingga lebih ringan digunakan dan tidak memakan ruang memori ponsel cukup besar.

3. Aplikasi Picsay

aplikasi android picsay

Aplikasi sering digunakan oleh para blogger untuk urusan edit mengedit gambar/ picture, karena didalam sebuah blog pasti dibutuhkan banyak gambar untuk mempercantik tampilan blog, mempermudah penyampaian isi blog, dan menambah kualitas SEO blog. Jadi sebagai pendukung para blogger untuk mengelola blog melalui ponsel android, aplikasi picsay ini cukup dibutuhkan. Pasalnya aplikasi android ini memiliki fitur edit gambar yang cukup lengkap dan mudah digunakan, maka tak heran jika picsay ini bisa dijuluki sebagai photoshonya smartphone android.

Itulah 3 aplikasi smartphone android yang dibutuhkan untuk ngeblog, tentunya untuk ngeblog dengan menggunakan ponsel android. Mungkin masih banyak lagi aplikasi android pihak ke 3 yang bisa digunakan untuk ngeblog yang bisa anda coba dan anda bandingkan masing-masing kelebihan dan kekurang fitur dari aplikasi android tersebut. Semoga bermanfaat.
Back To Top