Kenapa Automatic Payment Pending Pada Akun Adsense

Setiap akhir bulan, tepatnya antara tanggal 21-24 adalah moment paling ditunggu-tunggu oleh para blogger yang telah terdaftar sebagai publisher adsense dan memperoleh penghasilan dari iklan adsense. Kenapa demikian? karena pada tanggal 21-24 setiap bulannya merupakan hari dimana pihak google adsense akan membayar/ memberikan gaji bagi para publisher adsense.

automatic payment pending pada akun adsense
Tapi beberapa bulan terakhir para publisher adsense merasa sedikit cemas, khawatir, dan terganggu dengan adanya pesan automatic payment pending atau keterlambatan pembayaran pada halaman dashbord adsense mereka, dan sayapun juga menerima pesan yang sama, sehingga laporan pembayaran adsense belum dapat di klik dan dicairkan.

Perlu anda ketahui bahwa Automatic payment pending tersebut ternyata tidak hanya dirasakan oleh blogger indonesia saja, melainkan seluruh blogger didunia juga merasakan hal yang sama. Satus payment pending tersebut tidak hanya terjadi pada proses pembayaran adsense lewat western union saja, tetapi pembayaran melalui transfer kawat/ transfer bank pun juga mengalami hal yang sama.

Para master blog kemudian mencari tahu dan mencari solusi penyebab terjadinya automatic payment pending tersebut, karena hal tersebut tidak pernah terjadi sebelum-sebelumnya. Pada bulan-bulan sebelumnya pihak google selalu menepati janji untuk menerbitkan payment issued pada tanggal 21 setiap bulannya, dan pada tanggal 22, pada halaman dashbord adsense statusnya akan berubah menjadi automatic payment paid (sudah terbayarkan) dan otomatis akan dapat dicairkan hari itu juga.

Tetapi pada bulan mei dan juni tahun 2016 ini, para blogger merasakan suatu keanehan pada halaman dashbord adsense mereka, dimana terdapat status automatic payment pending google adsense yang menurut pengakuan beberapa blogger terjadi hingga tanggal 24, meskipun pada akhirnya status pending tersebut juga akan berubah menjadi pad jika tidak ada kesalahan dengan akun adsense dan data yang anda berikan.

Entah apa penyebabnya, sampai sekarang hal tersebut masih menjadi rahasia kebijakan perusahaan google, karena pihak blogger sendiri tidak memberikan penjelasan ataupun alasan mengenai hal tersebut. Sedangkan para master blogger hanya sekedar menerka dan menganalisa saja, kemudian mengeluarkan pendapat bahwa status automatic pending pada akun adsense tersebut terjadi karena:

1. Pihak pembayaran google adsense sedang melakukan pengecekan data dan pemeriksaan lebih teliti lagi terhadap publisher yang akan menerima pembayaran. Jadi sebelum google mengirimkan issued pad, mereka memastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada kesalahan pada nama, alamat, dan data penerima pembayaran.

2. Banyaknya blogger yang telah diterima menjadi publisher adsense dan telah memperoleh pembayaran pada bulan tersebut, sehingga membuat pihak google lebih teliti lagi dalam melakukan pemeriksaan data, agar pembayaran tersebut tidak salah alamat dan benar-benar sampai kepada publisher yang dimaksud.


3. Akibat hari libur dan hari besar, dimana telah dijelaskan dalam kebijakan google adsense bahwa pembayaran akan dilakukan pada hari kerja, jadi jika pada tanggal yang telah ditentukan ternyata bertepatan dengan hari besar atau hari libur, maka pembayaran akan dilakukan pada keesokan harinya. (jam kerja)

4. Adanya kesalahan sistem pada pihak google, dimana terjadi keterlambatan pembayaran karena adanya masalah teknis yang terjadi pada google, mungkin saja..

5. Terjadi perubahan jadwal pembayaran, tetapi jika terjadi perubahan jadwal biasanya pihak google akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada para publisher.

Dan masih banyak lagi penyebab terjadinya automatic payment pending pada akun adsense anda, dan selama ini kita hanya bisa menebak-nebak saja, sebelum ada pemberitahuan resmi dari pihak google adsense secara langsung.

Semoga keterlambatan pembayaran adsense tersebut segera terselesaikan, dan kita sebagai publisher adsense dimana kita sebagai seorang penayang iklan/ google partner menerima hak yang seharusnya kita dapatkan berupa recehan dolar dari google. SEKIAN
Tag : Adsense
Back To Top