Cara Ampuh Meningkatkan CPC Adsense Blog

Cara meningkatkan CPC adsense -Selamat malam teman's, seperti yang telah kita ketahui semua bahwa cpc adsense sangat mempengaruhi besar dan kecilnya pendapatan adsense setiap bulannya. Karena semakin besar cpc adsense secara otomatis pendapatan adsense akan meningkat, begitu juga sebaliknya, jika cpc adsense kecil maka pendapatan adsense juga akan menurun.
cara meningkatkan cpc adsense

Bagi anda yang memiliki cpc adsense yang tinggi serta memiliki pageview dan jumlah klik yang tinggi tentu hal terebut merupakan kebahagiaan dan kebanggan tersendiri, karena pasti anda dapat menerima gajian dari adsense setiap bulannya. Tapi bagi anda yang memiliki cpc adsense yang kecil meskipun visitor blog dan jumlah klik tinggi, tentu hal tersebut cukup membuat anda pusing dan mencari solusi bagaimana cara meningkatkan cpc adsense. Masa visitor blog yang jumlahnya sudah ribuan, tapi pendapatan adsense sama dengan blog yang visitornya hanya ratusan atau bahkan puluhan.

Karena hal tersebut sudah biasa terjadi, dimana blog dengan visitor harian rendah pendapatan adsensenya bisa bersaing dengan blog yang memiliki visitor harian tinggi, hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh cpc adsense dan jumlah klik dari iklan adsense tersebut. Nah solusi pertama agar pendapatan adsense anda meningkat adalah dengan cara meningkatkan cpc adsense anda.

Cara meningkatkan CPC adsense


1. Niche Blog/ Tema blog
Buatlah blog dengan niche yang lebih spesifik dan memiliki cpc yang tinggi, misalnya blog dengan niche kesehatan, asuransi, otomotif, handphone, atau niche lainnya yang intinya memiliki nilai cpc adsense yang tinggi. Anda dapat mencari referensi tentang blog yang memiliki cpc tinggi di google atau forum-forum adsense lainnya. Usahakan juga blog anda fokus pada niche yang anda pilih, jangan membuat blog dengan tema gado-gado seperti blog milik saya ini, jika tujuan anda adalah ingin memperoleh cpc adsense yang tinggi.

2. Bahasa dan geografis pengunjung
Blog dengan bahasa inggris dengan visitor yang berasal dari negara-negara premium seperti amerika serikat, inggris, dan negara-negara dari benua amerika dan eropa lainnya tentu akan memiliki nilai cpc yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan blog berbahasa lokal (bahasa indonesia) karena pengiklan dari benua amerika dan benua eropa berani memberikan penawaran iklan yang lebih mahal daripada pengiklan dari negara-negara berkembang seperti indonesia. Hal itulah yang menyebabkan nilai klik iklan dari negara maju dibenua amerika dan eropa jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai klik iklan lokal indonesia.

Jadi jika anda menginginkan cpc/ nilai klik iklan yang tinggi, maka buatlah blog dengan bahasa inggris, agar pengunjung blog anda juga berasal dari seluruh dunia, terutama negara-negara maju seperti amerika dan sekitarnya. Karena satu klik dari negara maju bisa sama dengan 100 klik dari indonesia.

3. Riset Keyword/ Kata kunci
Gunakan fasilitas google planner untuk mengetahui kata kunci apa saja yang memiliki nilai cpc adsense yang tinggi. Kata kunci dengan cpc tinggi tersebut biasa disebut dengan istilah HPK (High Paying Keyword). Artinya adalah, buatlah artikel posting dengan kata kunci tertentu yang memiliki nilai hpk yang tinggi agar cpc adsense juga tinggi.

Ada banyak sekali keyword dengan cpc tinggi yang dapat anda cari melalui fasilitas yang telah disediakan oleh google yang diberi nama google planner, seperti yang telah saya jelaskan diatas.

4. Ukuran iklan dan penempatan iklan
Para master google adsense mengatakan bahwa ukuran unit iklan dan penempatan unit iklan sangat menentukan nilai cpc iklan. Untuk membuktikannya silahkan anda lakukan eksperimen terhadap beberapa ukuran iklan serta penempatan iklan tersebut. Menurut pengalaman saya, ukuran iklan yang memiliki nilai cpc tinggi adalah iklan responsive dan iklan dengan ukuran 300x250, sedangkan untuk penempatannya adalah dibawah judul posting, ditengah posting, dan diakhir posting.

Sekali lagi itu hanya menurut pengalaman saya yang saya terapkan pada blog ini, untuk blog anda mungkin berbeda, karena masing-masing blog memiliki nilai cpc adsense yang berbeda-beda, dan setiap blogger memiliki selera yang berbeda pula, sehingga hal tersebut tidak masalah dan tidak perlu untuk dipermasalahkan.

5. Jumlah unit iklan yang dipasang pada satu blog
Google adsense mengijinkan kita untuk memasang 3 unit iklan konten, 3 unit iklan link, dan 2 unit iklan penelusuran. Tapi meskipun demikian, untuk memperoleh nilai cpc adsense yang tinggi, anda jangan memasang semua unit iklan tersebut pada blog anda, karena jika semua unit iklan yang diijinkan oleh google tersebut anda pasang pada satu blog anda, tentu nilai cpc blog anda akan sangat kecil sekali.

Para master adsense menyarankan untuk memasang maksimal 3 unit iklan pada satu halaman blog, karena menurut pengalaman mereka, semakin sedikit unit iklan yang terpasang diblog, maka akan semakin besar nilai cpc adsense blog tersebut. Tapi semakin sedikit unit iklan yang dipasang tentu jumlah klik iklan dari blog tersebut juga akan berkurang. Ini adalah sebuah dilema, jadi semua terserah anda untuk memilih yang mana. Sekali lagi, sebaiknya lakukan eksperimen terlebih dahulu agar mendapatkan hasil cpc yang maksimal.

6. Setting blog agar menjadi mobile friendly
Seperti yang kita ketahui sekarang ini bahwa kebanyakan pengguna internet sekarang lebih banyak mengakses internet melalui mobile (handphone, smartphone, iphone) daripada mengakses internet melalui pc atau laptop. Ini adalah dampak dari perkembangan teknologi internet dan teknologi smartphone, dimana orang dapat dengan mudah mengakses internet melalui gadget dimana saja dan kapan saja, karena mudah dibawa kemana-mana.

Nah jika blog anda belum tersetting sebagai mobile friendly, tentu hal tersebut merupakan sebuah kerugian yang sangat besar, karena blog anda tidak dapat diakses dengan baik menggunakan perangkat mobile, sedangkan dapat dipastikan sekarang ini kebanyakan visitor blog berasal dari perangkat mobile. Jadi jika sekarang blog anda belum mobile friendly, segera cari referensi di google bagaimana cara mensetting atau merubah blog agar lebih mobile friendly.

7. Jenis iklan bergambar memiliki nilai cpc yang lebih tinggi
Jangan hanya memasang unit iklan dengan format teks saja, karena perlu anda ketahui bahwa iklan bergambar jauh memiliki nilai cpc yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan iklan teks saja. Akan lebih bagus lagi jika anda juka memasang unit iklan teks dan gambar (iklan flash) karena biasanya unit iklan tersebut selain memiliki cpc tinggi juga tampak lebih menarik, sehingga membuat orang menjadi lebih tertarik untuk mengeklik iklan adsense anda.

Itulah beberapa cara meningkatkan cpc adsense yang rendah yang dapat saya bagikan untuk anda semua. Ingat..! menjadi publisher adsense itu harus tekun dan sabar, banyak belajar dan ber-ekseperiment agar memperoleh hasil yang lebih maksimal. Satu lagi, jangan hanya mengandalkan cpc adsense yang tinggi saja, tetapi optimalkan juga ctr dan visitor blog anda. SEKIAN


Back To Top