Cara Memilih Template Blog Yang Baik Dan Berkualitas

Template blog memang sangat mempengaruhi kualitas sebuah blog, meskipun kualitas sebuah blog tidak semata-mata dinilai dari template saja. Akan tetapi penggunaan template yang baik sangat penting demi menunjang kualitas sebuah blog, karena fungsi tempate selain membuat tampilan blog menjadi menarik dan enak dilihat juga berpengaruh terhadap SEO. Maka dari itu sebuah blog yang baik tentunya harus memiliki template yang Responsive, Seo friendly dan Mobile friendly. Maka dari itu sebagai blogger pemula kita harus mengetahui bagaimana cara memilih template blog yang baik, agar blog yang kita kelola tidak salah dalam mengunakan template.

cara memilih template blog
Selain itu sebuah template blog yang baik juga harus ringan atau fast loading, sehingga pengunjung blog tidak akan bosan menunggu loading yang berat ketika hendak mengakses blog anda. Nah hal inilah yang menginspirasi saya untuk menulis sebuah posting tentang cara memilih template blog yang baik, agar pembaca semua tidak sembarangan atau bahkan salah dalam memilih template, sehingga justru dapat mengakibatkan kualitas blog anda menjadi turun.

Banyak sekali para master css dan html membuat dan mengedit template blog kemudian mengupload di internet agar dapat digunakan oleh blogger lain. Template yang tersedia di internet tersebut ada yang sifatnya gratisan dan ada yang berbayar. Lalu apa bedanya template yang gratis alias free dengan template yang berbayar?

Perbedaan template gratisan dan template berbayar


Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari template gratisan dan berbayar, karena belum tentu template yang gratisan itu lebih jelek dari yang berbayar, atau sebaliknya template yang berbayar lebih bagus dari yang gratisan, semuanya tergantung tema serta kebutuhan blog. Apakah blog anda sifatnya statis hanya sekedar sebagai company profile usaha saja, atau blog yang sifatnya dinamis dimana anda mengupdate posting setiap harinya.

Tapi memang biasanya template yang berbayar sudah pasti dilengkapi dengan fitur Seo friendly, fast loading, dan responsive. Selain itu biasanya kita juga diberikan kebebasan untuk dapat mengedit css dan html, termasuk mengedit footer blog.

Tapi meskipun demikian tidak sedikit pula template gratisan yang justru lebih seo friendly, fast loading, mobile friendly, dan lebih responsive daripada template yang berbayar. Maka dari itu kita harus pintar dalam memilih seo blog tersebut.

Cara memilih template blog

Inilah tips cara memilih template blog yang baik dan berkualitas khususnya bagi blogger pemula yang belum terlalu faham dengan dunia blogging.

1. Pilihlah template blog yang fast loading (ringan)


Blog yang fast loading tentunya akan lebih disukai oleh pengunjung dan mesin pencari, maka dari itu blog yang ringan akan lebih baik dalam hal Seo dan Serp, karena loading speed blog termasuk salah satu dari faktor ranking google, jadi pilihlah template blog yang ringan dan fast loading.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengecek kecepatan loading blog sudah pernah saya ulas pada posting sebelumnya disini: Cara mengecek kecepatan loading blog

2. Pilih template blog yang Seo friendly


Seperti yang telah sedikit saya singgung diatas bahwa template yang baik adalah template yang seo friendly, karena dengan menggunakan template seo friendly maka blog akan lebih mudah terindeks oleh google dan akan lebih disukai oleh google serp. Template seo friendly adalah template yang css dan htmlnya disusun sedemikian rupa agar lebih disukai oleh mesin pencari daripada template yang tidak seo friendly. Adapun ciri-ciri template blog yang seo friendly adalah sebagai berikut:

template seo friendly

#Ciri-ciri template blog seo friendly


1. Terdapat meta tag didalam template blog tersebut
2. Terdapat tag heading H1, H2, H3 didalam template blog tersebut
3. Memiliki ALT attribute didalamya
4. Letak posting disebelah kiri, sedangkan letak sidebar disebelah kanan
5. Memiliki Breadcumb
6. Memiliki tombol share/ bagi
7. Tidak ada kesalahan struktur data didalam template blog
8. Dan lain sebagainya

3. Pilih template blog yang mobile friendly


Sejalan dengan perkembangan teknologi internet mobile yang begitu pesat, maka mau lebih dari 50% pengakses internet adalah berasal dari perangkat mobile alias handphone. Seperti halnya dengan blog yang anda baca ini justru sekitar 70% visitor berasal dari perangkat mobile, baik itu android, windows, maupun tablet.

Hal tersebut membuat para blogger mau tidak mau para harus melengkapi blog mereka dengan template yang mobile friendly, artinya template blog tersebut harus ringan dan mudah diakses menggunakan perangkat mobile, serta tampilan layar juga dapat menyesuaikan ukuran perangkat mobile yang digunakan.

Untuk mengetahui apakah template blog yang anda gunakan sudah mobile friendly atau belum, anda bisa mengechecknya dengan menggunakan google tool. Caranya silahkan anda klik disini: https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ Lalu masukkan alamat url blog anda kedalam kolom yang disediakan, kemudian silahkan test apakah template blog anda sudah mobile friendly atau belum. Jika hasilnya seperti gambar dibawah ini, selamat itu berarti template blog anda sudah mobile friendly.

template mobile friendly

4. Pilih template blog yang responsive


Template blog responsive merupakan template blog yang paling disukai baik itu oleh pemilik blog maupun pengunjung blog. Pasalnya blog yang menggunakan template responsive tampilannya akan dapat menyesuaikan layar dari perangkat yang digunakan untuk mengakses blog tersebut tanpa harus menggeser/ scroll layar kekiri dan kekanan.

Maka dari itu sekarang ini hampir setiap blog wajib menggunakan template responsive, dan kebanyakan blogger pun telah menerapkan template responsive tersebut untuk menunjang kualitas dari blog tersebut.

5. Pilih template blog yang memiliki struktur data yang baik


Template blog yang memiliki susunan struktur data (schema markup ) yang baik adalah blog yang didalam templatenya terdapat kode css, html, javascript, dan php yang tersusun dengan baik, ujuannya adalah agar lebih disukai oleh mesin pencari. Karena dengan menggunakan struktur data mesin pencari akan lebih mudah mengenali setiap text dan gambar yang terdapat didalam blog tersebut.


Untuk menguji apakah template blog anda sudah memiliki struktur data yang baik atau belum, maka anda dapat memanfaatkan tool google yang diberi nama alat penguji data terstruktur. Caranya silahkan klik disini: https://search.google.com/structured-data/testing-tool, kemudian masukkan alamat url blog anda, lalu klik tombol "Jalankan pengujian"

Lalu perhatikan hasilnya, jika masih terdapat error/ kesalahan seperti pada gambar dibawah, maka anda harus melakukan perbaikan kesalahan tersebut.
struktur data template blog
 Cara memperbaikinya adalah dengan mengeklik kesalahan yang ditandai dengan huruf berwarna merah, untuk melihat kesalahan struktur data apa saja yang terdapat dalam blog anda, kemudian selanjutnya anda dapat memperbaiki kesalahan tersebut memalui dashbord blogspot. Gambar dibawah ini adalah contoh kesalahan struktur data pada posting blog saya.
kesalahan struktur data blog

Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara memilih template blog yang baik dan berkualitas khusus untuk kita sebagai blogger pemula. Semoga bermanfaat.



Tag : Tips NgeBlog
Back To Top