Ciri-Ciri Template Blog Yang Seo Friendly

Sahabat soenyi, pada posting kali ini saya akan sedikit mengulas tentang ciri-ciri template yang seo friendly seperti yang pernah sedikit saya singgung pada posting sebelumnya tentang cara memilih template blog yang baik. Karena memang template blog erat kaitannya dengan Seo dan kwalitas blog.

contoh template blog yang seo friendly

Banyak blogger pemula yang bingung dan ragu apakah template yang mereka gunakan sudah seo friendly atau belum, karena biasanya blogger pemula cenderung lebih mementingkan tampilan blog daripada seo blog, maka dari itu kebanyakan blogger pemula lebih suka menggunakan template yang rumit dan berat dengan banyak pernak-pernik widget dan javascript.

Berbeda dengan blogger berpengalaman yang lebih simpel dan tidak terlalu memikirkan tampilan blog, asalkan blog enak dibaca dan enak dipandang mata, dan yang paling terpenting adalah blog memiliki template yang seo friendly dan disukai mesin pencari, baik itu google, yahoo, bing, ask, dan lain sebagainya.

Salah satu kelemahan blogger pemula lainnya adalah terlalu sering gonta-ganti template blog demi untuk memperoleh tampilan template yang sesuai dengan selera. Hasilnya blog bukan menjadi semakin baik, tetapi justru malah hilang dari peradaban karena terlalu sering mengganti template dan salah menggunakan template yang tidak seo friendly.

Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan anda tentang dunia blogging, khususnya tentang template, disini saya akan memberikan bocoran kepada anda apa saja ciri-ciri template yang seo friendly

Ciri-ciri template blog yang seo friendly

 1. Mempunyai Heading Title


Heading title berfungsi agar blog dan postingan dapat dengan mudah terindex oleh mesin pencari google, heading title adalah sebuah heading tag yang berupa kode html, dan biasanya disebut dengan istilah H1 yang digunakan sebagai judul blog atau judul artikel.

2. Menggunakan Meta Tag Otomatis


Meta Tag adalah sebuah kode HTML yang berfungsi untuk memberikan informasi dan membantu agar sebuah blog lebih mudah dikenali oleh mesin pencari dalam proses mengindex blog anda. Sehingga meta tag ini sangat erat kaitannya dengan seo dan google serp, jadi salah satu syarat bagi template yang seo friendly adalah memiliki meta tag otomatis.

3. Memiliki Related Post


Related post adalah sebuah widget yang terdapat dalam sebuah blog yang biasanya letaknya berada dibawah postingan. Fungsinya adalah untuk memberitahukan kepada visitor tentang artikel/ posting yang berkaitan dengan postingan yang sedang dibaca. Penggunaan related post ini biasanya ditentukan berdasarkan label/ kategori sebuah postingan  yang memiliki keterkaitan.

4. Memiliki tombol share ke social media


Tombol share ke social media seperti facebook, google+, twitter, instagram, pinterest dan lain sebagainya ternyata memiliki peran yang cukup penting terhadap seo blog, karena dengan menshare posting blog kesosial media dapat menarik visitor blog yang cukup besar, terlebih jika anda memiliki follower sosial media yang jumlahnya ribuan atau bahkan jutaan follower.

5. Memiliki Breadcrumbs


Breadcumbs blog adalah sebuah menu navigasi yang biasanya terletak diatas judul postingan blog yang strukturnya terdiri dari HOME => Label => Judul posting. Template yang memiliki breadcumbs cenderung lebih mudah terindex oleh mesin pencari serta mempermudah pengunjung untuk melacak lokasi posting dan mempermudah ketika hendak kembali ke halaman Homepage.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar contoh breadcumbs dibawah ini:

contoh breadcumb template blog

6. Memiliki Meta Keyword dan Deskripsi yang jelas


Meta keyword adalah sebuah koda HTML yang berfungsi untuk menjelaskan isi dari sebuah halaman blog melalui sebuah kata kunci (keyword) yang biasanya diletakkan didalam kode <head>dari sebuah template blog. Tujuannya adalah agar kata kunci yang dibidik dapat dengan mudah terindex oleh mesin pencari.

Sedangkan Meta Deskripsi (Description) adalah sebuah kode HTML yang juga terletak didalam kode <head> yang berfungsi untuk menjelaskan garis besar dari sebuah halaman blog atau sebuah posting blog yang ditulis dalam bentuk kalimat (deskripsi singkat). 

7. Ringan dan fast Loading


Ciri lain dari template blog yang seo friendly adalah harus ringan dan fast loading, artinya memiliki loading yang cepat ketika diakses melalui semua perangkat baik itu perangkat mobile ataupun pc. Bahkan dapat diakses dengan mudah dalam jaringan internet yang lambat. Karena blog yang memiliki loading lambat biasanya akan lebih dahulu ditinggalkan oleh visitor sebelum blog tersebut terbuka seluruhnya, sebab visitor pasti tidak sabar dan cenderung lebih memilih blog yang fast loading.

8. Responsive


Template blog responsive adalah template blog yang tampilannya dapat menyesuaikan segala jenis macam perangkat secara otomatis, baik itu perangkat mobile maupun perangkat pc/ laptop dengan berbagai macam ukuran layar. Sehingga dengan menggunakan template blog responsive, maka visitor tidak perlu men scroll layar kekiri atau kekanan untuk melihat semua halaman blog, karena halaman blog sudah menyesuaikan lebar layar perangkat secara otomatis.

9. Mobile Friendly


Blog mobile friendly adalah sebuah blog yang didesain khusus selain dapat diakses dengan perangkat pc juga dapat diakses dengan perangkat mobile dengan baik. Ini adalah sebuah pengembangan dari blog terkait dengan semakin berkembangnya teknologi internet mobile yang mengakibatkan kebanyakan pengunjung blog adalah berasal dari perangkat mobile. Karena selain ukurannya yang lebih simple, lebih ringan dan dapat dibawa kemana-mana, perangkat mobile sekarang ini juga tidak kalah dengan perangkat pc, bahkan untuk masalah kecepatannya bisa lebih cepat daripada perangkat pc. 

Itulah sedikit ulasan tentang ciri-ciri template yang seo friendly yang dapat saya bagikan buat anda semua para sahabat soenyi yang bersedia membaca blog bocahsoenyi ini, baik itu para pembaca setia blog ini ataupun anda yang hanya sekedar nyasar mengklik blog ini. Semoga bermanfaat.
Back To Top