Pengaruh Nama Domain Terhadap Seo Blog

Nama domain dan SEO -Mungkin anda bertanya-tanya dalam hati apakah nama domain suatu blog memiliki pengaruh yang signifikan terhadap seo blog, karena selama ini hal tersebut sudah cukup lama menjadi bahan perbincangan bahkan bahan perdebatan oleh para blogger dan master seo.

pengaruh nama domain terhadap seo blog
Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi internet dan semakin maraknya perkembangan blog yang bertaburan di search engine, maka mau tidak mau para blogger baik itu yang sudah master ataupun yang masih newbie harus melakukan optimasi seo dengan baik, karena jika tidak demikian, maka bisa-bisa blog yang tadinya berada diposisi pertama google search perlahan-lahan akan tergusur oleh blog lain akibat kalah bersaing dalam hal seo.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai macam sumber di internet, salah satu teknik seo adalah dengan menempatkan keyword pada nama domain blog. Jadi nama domain blog memiliki pengaruh terhadap seo blog, meskipun pengaruh tersebut tidak begitu signifikan. Jika dihitung dalam prosentase, mungkin nama blog yang mengandung kata kunci memiliki seo sekitar 10 persen.

Misalnya blog atau website dengan kata kunci jasa cuci sofa, akan lebih seo jika menggunakan nama domain www.jasacucisofa.com dibanding dengan nama domain www.jasautama.com. Kenapa demikian? karena nama domain bisa menjadi sebuah alamat ataupun identitas dari blog tersebut. Kemungkinan juga, nama domain yang mengandung kata kunci akan menjadi hal pertama yang dibaca oleh indeks google ketika seseorang mengetikkan kata kunci tersebut di search engine.

Sekali lagi, prosentase nama domain yang mengadung keyword hanya berpengaruh sekitar 10% terhadap seo onpage. Maka tak jarang kita melihat blog dengan nama domain yang tidak mengandung keyword justru berada diposisi pertama google search engine, karena blog tersebut melakukan optimasi seo onpage dan seo offpage dengan baik, terlebih untuk blog besar seperti Juragancipir.com dan Maxmanroe.com.

Jadi jika blog anda bersifat spesifik dengan niche tertentu misalnya seperti blog cuci sofa diatas, sebaiknya gunakan nama domain yang mengandung keyword. Tetapi jika blog anda bersifat umum alias gado-gado, maka anda bebas memilih nama domain apa saja sesuai dengan keinginan anda. Selanjutnya anda tinggal melakukan seo onpage dan offpage secara benar, dan selalu update posting yang berkualitas sebanyak-banyaknya.

Itulah sedikit uraian singkat tentang pengaruh nama domain terhadap seo yang dapat saya bagikan, semoga menambah wawasan anda mengenai seo dan nama domain. Semoga bermanfaat.
Back To Top