Penggunaan Antivirus Pada Smartphone Android

Antivirus ponsel android -Terkadang saya berfikir apakah perlu memasang antivirus pada ponsel android? karena saya lihat banyak teman saya yang melengkapi smartphone androidnya dengan berbagai macam antivirus, bahkan ada yang memasang lebih dari 1 antivirus pada sebuah ponsel android.
Penggunaan antivirus smartphone android

Dari latar belakang itulah akhirnya saya berselanjar di google untuk mencari referensi tentang penggunaan antivirus pada ponsel smartphone android. Dari berbagai macam artikel yang saya baca dari banyak sumber, sayapun menyimpulkan bahwa pemasangan antivirus pada ponsel android dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan ponsel tersebut.

Jika smartphone android hanya digunakan untuk sekedar berkomunikasi saja seperti telepon, sms, bbm, whatsapp, browsing, media sosial, bermain game, dan lain sebagainya maka sebaiknya tidak perlu dipasang aplikasi antivirus, karena justru aplikasi antivirus tersebut akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat, dikarenakan terlalu banyak memakan memori RAM dan penggunaan daya menjadi lebih cepat habis.

Saya sendiri sudah cukup lama menjadi pengguna smartphone android dari berbagai macam 

Berbeda jika smartphone android anda gunakan untuk kebutuhan perbankan seperti internet banking, mobile banking, belanja online, dan transaksi perbankan lainnya, maka sebaiknya ponsel android anda lengkapi dengan aplikasi antivirus untuk menjaga keamanan ponsel data transaksi perbankan dari virus atau malware. Hal tersebut dikarenakan virus/ malware yang menyerang ponsel android adalah yang bersifat financial, tujuannya adalah untuk mencuri data rekening, pencurian kartu kredit, dll.

Smartphone android adalah ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi yang berbasis linux yang sangat sulit untuk ditembus virus, sangat berbeda dengan sistem operasi windows yang cukup mudah terjangkit virus. Namun meskipun demikian bukan berarti OS android tidak dapat ditembus oleh virus, karena seiring perkembangan teknologi dan pengguna ponsel android, maka potensi perkembangan virus dirasa juga akan ikut meningkat.

Jika anda ingin menggunakan antivirus sebaiknya anda mendownload antivirus yang dibuat oleh vendor resmi yang juga menyediakan antivirus android versi gratisan seperti Avast, AVG, McAffe, dan antivirus produk vendor antivirus ternama lainnya. Jangan asal-asalan mengunduh anti virus yang belum terpercaya, terlebih lagi dari file APK yang di download secara manual diluar Playstore.

Tips agar ponsel android terhindar dari virus

  1. Jangan mendownload aplikasi APK diluar Playstore, karena ditakutkan si pembuat file apk tersebut sengaja menyisipkan virus pada file tersebut.
  2. Berhati-hati saat menerima file yang dikirim melalui bluetooth dari orang lain, karena virus bisa masuk melalui file yang dikirim lewat bluetooth.
  3. Jangan asal mengeklik iklan di internet, terutama iklan yang berbau p0rn0graf*, karena iklan-iklan yang beredar di internet dan media social terkadan mengandung virus/malware yang dapat menyerang ponsel android.
  4. Hindari penggunaan aplikasi dan game black market yang sering digunakan untuk penyebaran virus android.
  5. Gunakan ponsel dengan baik, Install aplikasi android yang diperlukan, dan berinternetlah dengan bijak.
Baca juga: Hindari penggunaan task killer pada smartphone android

Itulah sedikit ulasan tentang penggunaan antivirus pada ponsel smartphone android yang terkadang diperlukan dan juga tidak diperlukan, karena semua tergantung kebutuhan dan penggunaan ponsel tersebut. SEKIAN
Tag : Android, Gadgets
Back To Top