Penyebab CPC Adsense Atau BPK Adsense Turun Dan Rendah

Blogger mana yang tidak mengenal google adsense, karena sampai saat ini adsense masih menjadi primadona bagi para blogger untuk menghasilkan uang. Pasalnya media periklanan milik mbah google ini memang cukup menjanjikan sekali, dengan sistem CPC (Cost Per Klik) atau dalam bahasa indonesianya BPK (Biaya Per Klik), dimana kita sebagai penayang iklan (publisher adsense) akan mendapatkan bayaran dari google ketika ada pengunjung blog yang mengklik iklan yang ditayangkan didalam blog kita.

penyebab cpc/ bpk adsense turun/ rendah

Iklan yang ditayangkan tersebut diperoleh dari para pengiklan adword yang membayar pihak google agar menampilkan iklan mereka di google search dan di blog atau website yang dimiliki oleh para blogger seperti kita (saya dan anda). Nah sebagai imbalan maka google akan membagikan sekian persen dari pembayaran pengiklan kepada penayang iklan (publisher adsense) yaitu para blogger.

Perhitungan pembayaran dari google adsense tersebut tidak hanya ditentukan oleh berapa banyak jumlah klik pada iklan yang ditayangkan saja, melainkan juga dihitung dari CPC atau BPK yang sudah saya singgung diatas tadi. Sehingga meskipun jumlah klik iklannya banyak tetapi CPC atau BPK adsense rendah, maka pendapatan adsense pun juga akan kecil. Begitu juga sebaliknya meskipun jumlah kliknya sedikit, tapi nilai BPK atau CPC adsense tinggi, maka pembayaran adsense bisa menjadi banyak.

Contoh sederhanya BPK atau CPC adsense rendah

  • Jumlah klik iklan pada blog anda dalam sehari adalah 100 klik, sedangkan nilai cpc adsense adalah $0.02, maka pendapatan adsense anda dalam sehari adalah 100 x 0.02 = $2.

Contoh sederhana CPC atau BPK adsense tinggi

  • Jumlah klik iklan pada blog anda dalam satu hari adalah 50 klik, sedangkan nilai cpc adsense adalah $0.1, maka pendapatan adsense anda dalam sehari adalah 50 x 0.1 = $5.
Jadi kesimpulannya adalah selain jumlah klik, nilai klik atau cpc juga sangat berpengaruh besar terhadap penghasilan adsense, seperti contoh sederhana diatas bahwa adsense dengan jumlah klik perhari 50 klik penghasilannya jauh lebih besar daripada adsense yang dengan jumlah klik iklan perharinya 100 klik.

Kenapa bisa demikian? semua pasti ada penyebabnya

Dari contoh diatas kita bisa mencari apa saja penyebab cpc adsense rendah, sehingga kita dapat menaikkan kembali cpc adsense tersebut, caranya yaitu dengan memperbaiki beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan cpc adsense turun.

Penyebab CPC/ BPK adsense rendah


1. Niche blog


Sudah menjadi rahasia umum bahwa blog dengan niche tertentu seperti asuransi, tutorial adsense, gadgets, otomotif, property, dan yang lainnya merupakan blog yang memiliki cpc yang cukup tinggi. Sehingga banyak sekali blogger yang lebih fokus mengelola blog yang membahas tentang hal tersebut diatas.

Tapi permasalahan yang biasa muncul adalah, ketika seorang blogger membuat blog dengan niche khusus hanya untuk mengejar cpc adsense yang tinggi, padahal dia tidak menguasai niche blog tersebut. Lama kelamaan dia justru akan menjadi pusing pusing sendiri, karena sudah tidak mempunyai inspirasi dalam menulis posting yang berkaitan dengan niche blog yang tidak dikuasai.

Selain itu biasanya kwalitas tulisannya juga kurang berkualitas dan terkesan dipaksakan, ketika ada orang yang berkomentar dan bertanya cenderung tidak bisa menjawab dan hanya diabaikan saja. Sama halnya ketika saya mencoba menulis blog dengan niche android, padahal saya sendiri tidak terlalu memahami tentang android (hanya sekedar mengerti saja)

Jadi kesimpulan pertama adalah, buatlah blog dengan niche yang memiliki cpc tinggi yang sesuai dengan hobby dan kemampuan anda, jika anda belum menguasai maka pelajari niche tersebut dengan baik, sehingga blog anda bisa terus fokus pada niche tersebut. Atau jika memiliki uang lebih, anda bisa menggunakan jasa penulis atau jasa update konten untuk mengelola blog anda. Jangan seperti saya yang suka berganti-ganti tema (niche) sehingga blog saya menjadi terkesan gado-gado dan terkadang membuat cpc turun/ rendah.

2. Bahasa Blog


Jika anda seorang yang mampu menguasai bahasa inggris dengan baik, tentu hal tersebut menjadi sebuah kelebihan tersendiri, karena blog dengan bahasa inggris memiliki cpc yang jauh lebih tinggi daripada blog dengan bahasa indonesia. Pasalnya blog dengan bahasa inggris akan diakses oleh orang diseluruh dunia yang menggunakan bahasa inggris, dan nilai klik yang berasal dari negara maju seperti eropa dan amerika jauh lebih besar daripada nilai klik dari negara berkembang seperti indonesia dan malaysia.

Maka dari itu banyak sekali blogger indonesia yang memilih menulis blog berbahasa inggris dengan tujuan salah satunya adalah untuk mengejar visitor dan cpc adsense yang tinggi. Jika anda juga ingin memiliki blog berbahasa inggris tapi tidak bisa berbahasa inggris, maka anda dapat mensiasatinya dengan dengan menggunakan software atau dengan menggunakan jasa penulis artikel berbahasa inggris yang harganya cukup mahal.

3. Ukuran Iklan


Ukuran adsense juga dapat menyebabkan nilai cpc/ bpk adsens rendah, meskipun ukuran tersebut pada dasarnya sudah disediakan oleh pihak google. Seperti yang telah dijelaskan oleh pihak google bahwa ukuran iklan yang lebar cenderung berkinerja lebih baik. Lakukan eksperimen dengan masing-masing ukuran iklan tersebut, lalu pilih yang sekiranya memberi cpc paling tinggi. Untuk saran saya gunakan iklan dengan ukuran 300x250 untuk iklan kotak, dan 728x90 untuk iklan sepanduk persegi panjang, atau jika blog anda menggunakan template responsive, anda bisa menggunakan iklan yang responsive pula.

4. Penempatan Iklan


Hal lain yang mempengaruhi besar kecilnya cpc adsense adalah tata letak penempatan iklan. Sama seperti halnya ukuran iklan, maka lakukan eksperimen dengan letak penempatan iklan anda. Iklan bisa diletakkan didalam posting (awal posting, tengah posting, akhir posting), dialam widget kanan atau kiri, didalam header, atau dimanapun yang penting tidak menyalahi TOS google adsense. Untuk saya sendiri lebih suka menempatkan iklan didalam postingan blog, karena selain memiliki cpc yang cukup tinggi juga memiliki peluang klik lebih banyak, karena pengunjung bisa melihat langsung iklan saat membaca postingan.

Penyebab CPC/ BPK adsense turun


Jika empat poin diatas adalah penyebab cpc adsense rendah, maka berikut ini adalah penyebab cpc adsense turun. Artinya dulu cpc adsense blog anda cukup tinggi, tapi entah apa penyebabnya tiba-tiba menjadi turun drastis. Nah mungkin salah satu faktor dibawah ini adalah penyebabnya.

1. Blog terkena Smart Pricing


Disini saya tidak akan menjelaskan pengertian smart pricing secara detail, saya hanya memberikan garis besarnya saja yang artinya smart pricing merupakan salah satu cara atau metode yang diterapkan oleh google secara otomatis untuk melindungi pengiklan (advertiser) dengan cara memperkecil/ menurunkan nilai bpk adsense yang disebabkan oleh faktor tertentu dan hanya google yang tahu.

2.  Visitor bukan dari google search


Visitor yang berasal dari google search dengan kata kunci cenderung memiliki nilai bpk yang kecil, karena memang sudah menjadi kebijakan google bahwa untuk klik iklan adsense dianjurkan berasal dari mesin pencari google, bukan dari social media atau yang lainnya. Maka dari itu untuk para blogger yang menggeluti google adsense diwajibkan mengetahui dan mengasai SEO dan SERP sehingga 90% visitor blog adalah berasal dari keyword yang diketik di google search.

3. Iklan tidak relevan dengan tema blog


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa penyebab bpk adsense rendah adalah topik/ niche blog, sehingga blog dengan tema gado-gado cenderung memiliki nilai bpk yang rendah karena terkadang iklan yang ditampilkan tidak sesuai dengan tema/ topik yang ditulis dalam artikel. Misalnya tulisan blog membahas tentang google adsense, tapi iklan yang muncul justru iklan lazada yang menawarkan panci dan peralatan dapur. Anda pasti sering melihat hal tersebut, termasuk salah satunya pada blog gado-gado BocahSoenyi.com ini. hehehe..

Meskipun anda tidak bisa menghendaki iklan apa saja yang akan ditampilkan di blog anda, karena itu sudah merupakan sistem otomatis dari google, dimana google secara otomatis menggenerate iklan adsense secara berkala. Yang dapat anda lakukan adalah mencoba fokus pada niche yang anda bahas, sehigga diharapkan iklan adsense yang muncul akan relevan dengan niche blog yang anda bahas.

4. Terlalu banyak share social media


Hal ini juga sudah sedikit saya singgung pada point ke 2, dimana klik adsense diharapkan berasal dari mesin telusur google, jadi ketika anda terlalu banyak share artikel blog ke social media seperti facebook, google+, twitter, instagram, dan lain sebagainya. Maka secara otomatis pengunjung blog anda pasti kebanyakan berasal dari share sosmed tersebut, sehingga peluang klik iklan dari sosial media lebih banyak ketimbang klik iklan dari google search. Hal inilah yang menjadi penyebab cpc adsense menurun.

Jadi jika anda fokus mencari penghasilan blog dari google adsense, sebaiknya jangan terlalu banyak share artikel ke social media. Lebih baik optimasi seo dan google serp agar mendapatkan visitor organik dari mesin pencari google.

5. Klik berasal dari IP yang sama


Google dapat mendeteksi perilaku klik adsense yang mencurigakan, salah satunya adalah dengan membaca ip address dari pengeklik iklan tersebut. Jika ada visitor yang mengeklik iklan secara berulang-ulang dari 1 ip komputer, maka secara otomatis google akan menurunkan nilai cpc adsense blog tersebut. Hal ini adalah cara google untuk melindungi advertiser (pengiklan) dari kerugian yang berasal dari tindakan yang tidak sewajarnya.

Tapi bagi seorang publisher tindakan klik berulang-ulang dari 1 IP yang sama justru akan merugikan dan cukup berbahaya, karena dapat mengakibatkan banned akun adsense, maka dari itu sebagai seorang publisher kita harus berhati-hati dan menghindari tindakan boom klik dari orang iseng, caranya selalu berdo'a kepada Allah SWT agar akun adsense terhindar dari banned.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab cpc/ bpk adsense turun dan rendah yang saya dapatkan dari pengalaman dan dari berbagai macam artikel yang saya rangkum sendiri. Semoga dengan membaca posting ini anda dapat mengantisipasi terjadinya penurunan cpc adsense dan mampu meningkatkan cpc adsense dengan signifikan.

Back To Top