Proses Pembuatan Kusen Kayu Jati Pintu Dan Jendela

Proses pembuatan kusen pintu dan jendela kayu jati yang berkualitas memang tidak mudah, dibutuhkan proses yang cukup lama dan rumit. Begitulah kata orang tua didaerah saya ketika saya hendak membuat kusen pintu dan jendela dari bahan kayu jati.

proses pembuatan kusen kayu jati pintu dan jendela

Posting ini adalah lanjutan dari posting saya sebelumnya yang dapat anda baca disini: Biaya jasa tukang kusen pintu dan jendela kayu. Didalam artikel tersebut sudah sedikit saya ceritakan ketika saya berniat untuk membangun rumah sendiri, karena yang namanya orang kalau sudah berkeluarga, alangkah baiknya jika memiliki rumah sendiri (pisah dari orang tua). Maka dari itu saya pun berusaha untuk segera bisa memiliki rumah sendiri, meskipun ala kadarnya.

Setelah sebagian mateial bangunan sudah saya persiapkan sedikit demi sedikit, alhamdulillah sekarang sudah terkumpul besi ukuran 10 inchi 100 batang, batako 3000 buah, genteng press 3000 buah, semen 50 sak, pasir 2 truck, batu, dan yang lainnya, maka selanjutnya saya mempersiapkan kayu untuk kusen, daun pintu, dan atap. Karena saya memilih menggunakan atap genteng dengan kerangka kayu, bukan dengan baja ringan.

Sebelum kusen pintu dan jendela dibuat, maka kayu jati harus dimatikan dahulu, atau dalam bahasa jawanya (diteres). Caranya adalah kulitnya batang kayu bagian bawah dikelupas kemudian dibiarkan begitu saja sampai pohon jati mati dan kering. Biasanya proses peneresan ini membutuhkan waktu minimal 3 bulan, atau sampai kayu jati benar-benar kering.

Setelah itu kemudian kayu jati ditebang dan dipotong dengan ukuran panjang sesuai kusen yang akan dibuat, baru kemudian kayu jati digergaji (dirajang) sesuai dengan ukuran kusen nantinya. Untuk kusen milik saya sengaja saya buat dengan ukuran yang cukup besar yaitu 7cm x 13cm, biar hasilnya terlihat lbih bagus dan lebih kokoh.

Selanjutnya diamkan kayu jati yang sudah digergaji tadi selama 3 bulan agar kayu benar-benar kering, sehingga ketika digarap menjadi kusen tidak akan retak atau menyusut. Selain itu proses pembuatannya juga akan lebih mudah dan lebih ringan. Lebih bagus lagi jika kayu jati direndam beberapa bulan atau di oven terlebih dahulu, agar kwalitas kayu menjadi lebih keras sehingga tidak muda dimakan rayap atau hama kayu lainnya.

Barulah kayu jati diproses menjadi kuyen pintu dan jendela sesuai dengan desain dan ukuran yang kita inginkan. Itulah proses sebelum pembuatan kusen pintu dan jendela dari kayu jati yang dapat saya share kepada anda. SEKIAN
Tag : Artikel
Back To Top