Cara Membuat Kotak Komentar Blog Dengan Mudah Dan Keren

Posting kali ini masih tentang kotak komentar blog, setelah kemaren saya membahas cara menghilangkan kotak komentar blog, maka pada posting kali ini saya akan membahas tentang cara membuat kotak komentar blog dengan mudah dan keren.

Masing-masing blogger memiliki selera sendiri-sendiri dalam mengelola dan memperlakukan blog mereka. Ada blogger yang kurang suka menampilkan kotak komentar pada blog, karena mungkin dianggap kurang penting dan hanya menjadi tempat bagi para spammer, dan juga merasa ribet karena harus berkomunikasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca blog.

Namun disisi lain ada blogger yang merasa kotak komentar blog sangat penting sekali, karena dengan adanya kotak komentar blog maka sebagai pemilik blog, ia bisa berkomunikasi secara langsung dengan para pembaca, sehingga bisa menjadi tempat untuk saling bertukar pendapat dan menambah teman/ relasi. Selain itu kotak komentar blog yang juga akan menambah daya tarik dan kebanggan tersendiri ketika dalam satu posting terdapat banyak sekali orang yang berkomentar dan bertanya pada posting tersebut, itu menjadi sebuah bukti bahwa blog banyak dikunjungi dan dibaca orang. Alasan itulah yang membuat sebagian blogger lebih memilih memasang dan membuat kotak komentar blog.

Cara membuat kotak komentar blog


Secara default sebenarnya blogger sudah menyedakan kotak komentar yang dapat diaktifkan hanya dengan melakukan sedikit settingan pada halaman dashbord blog. Namun bagi kebanyakan blogger, tampilan kotak komentar default bawaan dari blogger dirasa kurang cantik dan menarik. Itulah alasan kenapa para blogger yang menguasai koding css dan html memilih untuk membuat tampilan kotak komentar yang lebih keren dan sesuai dengan selera mereka.

Berikut adalah cara membuat kotak komentar blog dengan mudah namun tetap keren dan patut untuk anda coba. Koding css dan html kotak komentar blog ini saya kutip dari blog Maskolis.com yang merupakan salah satu blog favorit saya.

1. Masuk ke halaman dashbord blogspot kemudian pilih menu SETELAN lalu pilih menu POS, KOMENTAR, DAN BERBAGI.

2. Pada settingan komentar tersebut cari LOKASI KOMENTAR dan pastikan tersetting pada settingan JENDELA MUNCULAN. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

cara membuat kotak komentar blog

3. Lalu jangan lupa untuk klik SAVE/ SIMPAN SETELAN

4. Setelah itu silahkan kembali lagi ke halaman dashbord blog lalu pilih menu TEMPLATE kemudian pilih menu EDIT HTML.

5  Pastikan sebelumnya anda membackup terlebih dahulu template blog untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan dalam pengeditan html atau jika anda ingin mengembalikan template blog ke tampilan semula.

6. Cari/ temukan kode dibawah ini pada html template blog anda:
  • <p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </p>
7. Kemudian ganti kode html tersebut dengan kode html dibawah ini
  • <p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.embedCommentForm'> <b:include data='post' name='comment-form'/> <b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </b:if> </p>
8. Klik SIMPAN TEMPLATE dan lihat hasilnya seperti apa tampilan blog anda sekarang, apakah proses pembuatan kotak komentar blog anda sudah berhasil atau belum. Jika sudah berhasil, maka secara otomatis dibawah postingan blog anda akan terdapat kotak komentar seperti yang anda inginkan.

9. Jika ternyata cara diatas tidak berhasil, mungkin dikarenakan template blog anda sudah dimodifikasi atau kode html tidak sesuai dengan template blog anda, maka silahkan anda coba cara dibawah ini:
  • Cari/ temukan kode ini: <b:include data='post' name='comments' />
  • Tambahkan kode <b:include data='post' name='comment-form'/> tepat dibawah kode diatas.
CONTOH: 
 
<b:include data='post' name='comments' />
<b:include data='post' name='comment-form'/>
 
10. Selanjutnya klik SIMPAN TEMPLATE
 
 Mudah-mudahan tips cara membuat kotak komentar blogspot diatas bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan tips ini. Jika cara diatas belum berhasil, silahkan anda baca ulang dan lakukan benar sesuai dengan langkah-langkah yang saya berikan, karena kemungkinan anda tidak melakukannya sesuai dengan tips ini.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top