Cara Menghilangkan Kotak Komentar Blogspot

Kotak komentar pada blog bisa dibilang penting-gak penting. Dikatakan penting, karena dengan adanya kotak komentar maka sesama blogger bisa saling berkomunikasi, saling tanya jawab, dan yang tak kalah penting lagi adalah saling bertukar link (blog walking). Selain dari itu blog yang memiliki kotak komentar akan tampak lebih dinamis jika admin blog dapat menjawab dengan baik semua pertanyaan yang diajukan oleh para pembaca.

Dikatakan tidak penting,karena dengan adanya kotak komentar biasanya blog akan menjadi sasaran empuk bagi para spammer untuk menyebarkan link dan komentar yang tidak nyambung sama sekali dengan tema posting yang dibahas. Selain itu kotak komentar pada blog juga dapat mengakibatkan terjadinya banned google adsense, jika ternyata ada komentar yang mengandung p0rn0graf!, jud!, dan unsur s@r* lainnya.
Dari pengalaman tidak mengenakkan diatas, mulai hari ini saya memutuskan untuk mendisable atau menghilangkan kotak komentar pada blog ini untuk sementara waktu, sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Sampai pada saatnya nanti ketika saya merasa perlu memunculkan kembali kotak komentar pada blog bocahsoenyi ini.

Walaupun sebenarnya saya cukup aktif membalas komentar-komentar dan pertanyaan dari para pembaca, dan menurut saya lumayan asyik juga saling beradu argumen yang bersifat membangun dalam blog bocah soenyi ini. Selain itu jika sebuah posting blog kita bisa memiliki banyak komentar, bahkan bisa ratusn komentar dalam satu posting, maka hal tersebut bisa menjadi sebah kebanggan tersendiri, juga sebagai bukti bahwa blog saya cukup populer dan banyak dikunjungi orang.

Tapi karena terlalu banyaknya komentar spam yang cukup mengganggu dan membahayakan kesehatan blog dan akun adsense, maka dengan berat hati, saya membuat keputusan untuk menghapus kotak komentar blog ini, dengan begitu artinya untuk sementara saya tidak bisa berkomunikasi dengan para pembaca, dan otomatis para pembaca tidak bisa mengajukan pertanyaan seputar posting yang saya tulis dalam blog ini ketika menemukan sesuatu yang belum jelas dari topik pembahasan yang saya tulis.

Saya yakin para spammer setia blog ini juga akan kecewa berat dan mencari tempat/ blog lain sebagai rumah baru untuk mereka meninggalkan komentar-komentar spam yang cukup mengganggu. 

Cara Menghilangkan Kotak Komentar Blogspot


Nah, jika anda juga merasa perlu untuk menghilangkan kotak komentar pada blog anda, disini saya akan bagikan cara sederhana menghilangkan kotak komentar pada blogspot yang sudah saya coba sendiri pada blog ini, dan hasilnya 100% bekerja dengan baik.

1. Cara menghilangan kotak komentar blog melalui settingan dashbord

  • Masuk halaman dashbord blogspot
  • Pilih menu SETELAN => POS, KOMENTAR, DAN BERBAGI
  • Pada bagian LOKASI KOMENTAR, pilih SEMBUNYIKAN, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini:
  • Selanjutnya klik SIMPAN SETELAN, dan lihat perubahan pada tampilan kotak komentar blog anda, pasti sekarang sudah tidak ada lagi, bahkan komentar yang dulu-dulu pun juga akan disembunyikan secara otomatis.

 2. Cara menghilangkan kotak komentar blog melalui edit html template

  • Masuk halaman dashbord blog, kemudian pilih menu TEMPLATE => EDIT HTML
  • Unduh dan simpan terlebih dahulu template blog anda, agar ketika terjadi kesalahan dalam pengeditan, anda tidak pusing dan bingung karena sudah memiliki backupnya.
  • Cari kode <p class='comment-footer'>, untuk memudahkannya tekan CTRL+F pada keyboard lalu copy paster kode <p class='comment-footer'> tersebut, dan tekan ENTER.
  • Jika sudah ketemu maka akan terdapat kode comment footer secara lengkapnya seperti ini:
<p class='comment-footer'>
    <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
    <b:if cond='data:post.allowNewComments'>
    <b:include data='post' name='comment-form'/>
    <b:else/>
    <data:post.noNewCommentsText/>
    </b:if>
    <b:else/>
    <b:if cond='data:post.allowComments'>
    <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
    </b:if>
    </b:if>
    </p>
  • Hapus semua kode tersebut, kemudian klikSIMPAN TEMPLATE
  • Lihat hasilnya apakah kotak komentar pada blog anda masih ada atau sudah disembunyikan/ hilang.
Itulah tips cara menghilangkan kotak komentar blogspot yang dapat saya tuliskan, semoga bermanfaat.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top