Pengertian Smart Pricing Dan Cara Menghindarinya

Pengertian smart pricing adalah salah satu teknik atau metode dari google adsense yang bekerja secara otomatis dalam melindungi pengiklan (advertiser) dari kerugian akibat perilaku yang tidak normal dengan cara memperkecil nilai cpc/ bpk adsense. Metode smart pricing ini telah diterapkan oleh google adsense cukup lama, pasalnya google sering menemukan aktifitas klik yang mencurigakan pada situs penayang iklan yang dapat merugikan para pengiklan, jadi untuk menghindari kerugian yang bersar dari para pengiklan tersebut, pihak google adsense telah menemukan metode yang cukup ampuh yaitu smart pricing.

pengertian smart pricing dan cara menghindarinya

Ciri-ciri akun adsense terkena smart pricing


Jika suatu ketika anda mendapati nilai cpc adsense anda tiba-tiba menjadi sangat rendah sekali, rata-rata antara $0.00 - $0.02 dalam jangka waktu yang cukup lama, maka anda perlu waspada, jangan-jangan adsense anda telah terkena smart pricing. Karena nilai klik adsense secara normal tidak sekecil itu, terlebih jika blog anda mengandung niche tertentu yang memiliki cpc tinggi.

Penyebab smart pricing


Google adsense merupakan media pengiklan yang sangat canggih dan profesional, sehingga dapat mendeteksi semua aktifitas blog yang tidak normal/ mencurigakan yang merupakan penyebab dari smart pricing tersebut. Adapun penyebab smart pricing antara lain adalah:
  1. Situs/ blog anda dianggap tidak memiliki konten yang berkualitas oleh google
  2. Iklan tidak relevan dengan tema blog/ isi artikel
  3. Klik iklan berkali-kali dari 1 IP komputer yang sama
  4. Klik iklan dari visitor yang terlalu cepat, bahkan kurang dari 10 detik sudah meninggalkan iklan yang mereka kunjungi.
  5. Boom klik dari orang yang tidak bertanggung jawab.
  6. Dan masih banyak lagi.

Cara mengatasi smart pricing


Smart pricing yang terjadi pada akun adsense anda sebenarnya dapat diatasi dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

1.  Buatlah konten blog yang berkualitas

Google selalu menuntut kita (blogger) untuk selalu membuat dan menyajikan konten yang berkualitas. Apa itu konten berkualitas? Yaitu adalah konten/ artikel yang bermanfaat bagi para pembaca, bukan hasil copy paste, penulisan yang enak dibaca dan mudah dipahami, serta tidak serta-merta hanya mengejar keyword google serp saja, karena banyak sekali blog yang cenderung hanya mengejar keyword yang dibidik, sehingga isi dari artikelnya cenderung sangat dipaksakan dan sulit untuk dipahami.
Baca: Cara menulis artikel yang berkualitas.

2. Jangan memasang adsense pada blog yang tidak berkualitas

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa google menuntut kita untuk membuat konten blog yang berkualitas, maka jika anda sudah terlanjur memiliki blog yang kurang berkualitas, meskipun visitor blog tersebut sudah banyak, sebaiknya jangan memasang iklan adsense pada blog tersebut, karena smart pricing itu tidak hanya terjadi pada blog saja, melainkan juga terjadi pada akun google adsense.

 Atau jika anda bekerja sama dengan pemilik blog lain untuk memasang iklan adsense pada blog mereka dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan adsense, maka sebaiknya anda berhati-hati dan selektif dalam memilih blog rekanan tersebut, jangan sampai anda memilih blog yang tidak berkualita untuk ikut memasang iklan dari akun adsense anda.

3. Hati-hati dengan tata letak iklan adsense

Pemasangan iklan adsense pada tempat-tempat tertentu yang menyebabkan visitor mengeklik iklan tanpa sengaja sangat tidak dianjurkan, bahkan melanggar aturan google adsense. Maka sebaiknya hindari pemasangan kode adsense pada tempat yang dapat menimbulkan klik tidak sengaja oleh visitor yang biasanya visitor akan cenderung langsung menutup iklan adsense tersebut, karena hal tersebut akan dianggap klik tidak valid oleh google adsense.

Untuk menghindari smart pricing, sebaiknya letakkan kode adsense pada tempat yang strategis, dan dibedakan antara konten blog dengan iklan adsense, sehingga visitor tidak akan mengklik iklan adsense tanpa unsur kesengajaan, melainkan memang visitor tertarik untuk melihat dan mengeklik iklan adsense anda.

4. Maksimalkan pengunjung organik dari google search

Pengunjung organik adalah pengunjung yang berasal dari google search, yaitu mereka yang mengetikkan kata kunci tertentu untuk mencari artikel yang mereka inginkan. Sehingga orang yang mengunjungi blog anda adalah benar-benar orang yang sedang mencari artikel yang anda tulis. Pengunjung organik itulah yang paling disukai oleh google adsense, jadi jika kebanyakan pengunjung blog anda adalah berasal dari mesin pencari google, maka kemungkinan adsense terkena smart pricing akan semakin rendah.

5. Cobot iklan dari blog selama beberapa waktu

Jika memang akun adsense ataupun blog nada kedapatan terkena smart pricing, maka sebaiknya anda copot semua iklan adsense pada semua blog anda. Lalu biakan beberapa saat dan pasang kembali akun adsense anda hanya pada blog yang memiliki konten yang berkualitas.

Meskipun dari kelima point diatas belum tentu dapat menghindarkan anda dari smart pricing, karena smart pricing itu adalah mutlak ketentuan dari google, jadi kita hanya berusaha saja agar blog dan akun adsense kita tidak terkena dampak smart pricing yang akan sangat merugikan kita sebagai seorang blogger. SEKIAN.
Back To Top