Perbedaan Akun Adsense Rupiah (IDR) Dan Adsense Dollar (USD)

Assalamu'alaikum.. Pada posting kali ini saya akan sedikit mengulas tentang perbedaan akun adsense rupiah dan akun adsense dollar, karena mungkin sebagian dari anda ada yang masih belum tahu dan bertanya-tanya kenapa ada akun adsense dollar (USD) dan kenapa ada akun adsense rupiah (IDR)? Apa perbedaan dan persamaan dari kedua akun adsense tersebut? Akun adsense saya termasuk yang akun dollar atau akun rupiah?

Terhitung sejak bulan November 2015 google adsense mengeluarkan kebijakan baru terkait perihal akun, dimana akun google adsense akan disesuaikan dengan negara dimana pertama kali google adsense tersebut didaftarkan. Seperti halnya kita Warga negara indonesia yang tinggal di indonesia, maka kita akan mendapatkan akun adsense IDR, Sedangkan Mr. John yang seorang warga negara amerika akan mendapatkan jenis akun adsense USD (sesuai dengan mata uang negaranya)

Berbeda dengan sebelum bulan November 2015 dimana semua akun google adsense adalah sama, seperti halnya saya mulai diterima menjadi publisher adsense pada bulan Oktober 2014, maka akun google adsense yang saya miliki masih akun USD ($) karena waktu itu kebijakan google terkait akun adsense belum diberlakukan.
perbedaan akun adsense rupiah dan adsense dollar

Baca juga: Perbedaan akun adsense Hosted dan Non hosted

Perbedaan Akun Adsense Rupiah (RP) dengan Akun Adsense Dollar ($)


Adapun apa saja perbedaan dari kedua jenis akun adsense tersebut, akan sedikit saya ulas sesuai dengan sepengetahuan dan kemampuan saya dibawah ini:

Akun Adsense Rupiah/ IDR (RP)


Ciri-ciri akun adsense rupiah adalah sebagai berikut:

1. Memiliki mata uang rupiah (RP)/ IDR
Sesuai dengan namanya, maka akun adsense IDR tentu akan menggunakan mata uang rupiah dalam tampilan akun adsense, jadi mata uang USD sudah otomatis di kurs kan kedalam rupiah.

2. Hanya untuk publisher adsense indonesia
Sesuai dengan identitas dan tempat tinggal kita, dimana akun IDR yang kita miliki adalah untuk blogger indonesia yang tentunya menggunakan mata uang rupiah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pembayaran akun adsense rupiah dilakukan dengan transfer bank/ transfer kawat
Berbeda dengan akun adsense USD yang pembayarannya dapat dicairkan dengan western union, transfer bank, dan cek. Khusus untuk akun adsense IDR ini hanya dapat dicairkan melalui transfer bank. Jadi jangan heran ketika anda khususnya yang baru pertama kali akan melakukan pencairan pembayaran adsense, kemudian tidak bisa melakukan pencairan melalui western union, hal tersebut mungkin karena akun adsense yang anda miliki adalah akun IDR. Jadi jika anda memiliki akun adsense IDR, maka mau tidak mau anda harus memiliki rekening bank pula.

Akun adsense Dollar ($)/ USD


Ciri-ciri akun adsense dollar USD adalah sebagai berikut:

1. Akun adsense dollar menggunakan mata uang dollar amerika serikar (USD)

2. Akun adsense USD adalah untuk publisher adsense amerika serikat

3. Akun adsense USD dapat dicairkan memalui 3 macam cara

 Cara memiliki/ membuat akun adsense dollar/ USD


Jika anda ingin memiliki akun adsense dollar dengan tujuan agar anda bisa melakukan pencairan pembayaran melalui berbagai macam cara, atau dengan alasan katanya akun dollar lebih tahan banting (tidak mudah terkena banned) dan memiliki CPC yang lebih tinggi, maka anda dapat mensiasatinya dengan beberapa cara dibawah ini:

1. Menggunakan alamat gmail yang menggunakan kewarganegaraan amerika serikat
Cara ini memang tidak mudah, karena nantinya anda akan mengalami kesulitan ketika verifikasi PIN yang akan dikirim ke alamat yang anda cantumkan.

2. Pinjam alamat saudara yang tinggal di amerika
Jika anda memiliki saudara atau kerabat yang kebetulan berdomisili di amerika serikat, maka anda dapat meminjam alamat saudara anda sebagai identitas pendaftaran akun adsense. Tentu ini akan sedikit mempermudah verifikasi akun yang nantinya akan dikirim ke alamat saudara anda, tapi perlu diingat bahwa anda harus selalu berkomunikasi dengan saudara anda jika pin sudah dikirim.

3. Daftar adsense sebelum bulan November 2015
Jika anda telah diterima menjadi publisher adsense sejak sebelum November 2015, selamat karena akun adsense anda adalah USD, sama seperti akun adsense yang saya miliki saat ini.

4. Beli akun adsense
Ini adalah solusi yang mungkin paling banyak dilakukan oleh blogger yang sudah mulai frustasi karena selalu ditolak oleh google adsense, karena memang sekarang ini proses review dan verifikasi adsense cukup ketat, sehingga untuk diterima menjadi publisher adsense cukup sulit.

Perbandingan CPC/ BPK akun adsense USD dan IDR


Banyak orang mengatakan bahwa cpc akun adsense dollar lebih besar daripada cpc akun adsense rupiah. Menurut saya itu tidak benar, karena besarnya cpc adsense ditentukan oleh niche blog, bahasa blog, dan negara asal klik. Jadi meskipun akun adsense anda USD kalau blog yang anda gunakan adalah blog gado-gado bahasa indonesia, maka jangan berharap anda bisa mendapatkan cpc $1, bahkan $0.1 itu saja sudah cukup besar sekali.

Apakah Akun adsense USD/ Dollar lebih aman dari banned?


Jawabannya, Tidak juga.. semua akun adsense bisa terkena banned jika dianggap melanggar kebijakan google adsense, dan semua akun adsense akan aman dari banned jika dikelola dengan sebaik mungkin dan menghindari sejauh mungkin hal yang melanggar kebijakan google adsense.

Itulah sedikit ulasan tentang perbedaan akun adsense dollar USD dengan akun adsense Rupiah/ IDR yang dapat saya bagikan kepada anda, Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita sebagai seorang blogger pemula.
Tag : Adsense
Back To Top