Penyebab Blog Hilang Atau Tidak Tampil Di Pencarian Google

Blog hilang dari pencarian google search engine tentu cukup membuat anda (pemilik blog) menjadi pusing dan frustasi, terlebih jika blog tersebut sudah dimonetize atau blog tersebut dijadikan web promosi suatu barang atau jasa, intinya blog yang hilang dari search engine tersebut menjadi mata pencaharaian anda, tentunya hal tersebut akan sangat berdampak pada penghasilan yang anda dapatkan.

blog hilang dari google search
Atau bisa juga ketika anda membuat sebuah blog baru dan telah anda built up sedemikian rupa untuk mendongkrak posisi serp blog tersebut, tapi kenyataanya tetap saja blog tidak tampil di pencarian google search, pasti hal tersebut membuat anda cukup frustasi bahkan menyerah dan patah semangat.

Jika blog anda sudah dimonetize dengan iklan PPC seperti google adsense atau iklan ppc sejenisnya, kemudian blog anda atau  posting blog anda yang biasanya berada dihalaman pertama SERP dengan beberapa keyword andalan tiba-tiba hilang dari google search, hal tersebut tentu akan sangat berpengaruh pada earning/ pendapatan iklan ppc adsense anda.

Jika hal tersebut terjadi dalam waktu 1 atau 2 hari mungkin tidak akan terlalu bermasalah, tapi jika hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama atau bahkan permanen, tentu itu merupakan sebuah malapetaka bagi anda, hehehee...

Begitu juga jika blog tersebut anda gunakan sebagai web promosi suatu barang atau jasa, tentu akan sangat berpengaruh terhadap order. Karena ketika biasanya blog anda akan tampil di halaman pertama google search dengan menggunakan kata kunci jasa/ barang yang anda tawarkan, tapi sekarang blog anda hilang entah kemana, tentu anda akan kehilangan banyak konsumen, karena posisi blog anda sudah digeser oleh posisi blog kompetitor anda.

Seperti halnya blog saya yang sengaja saya optimalkan khusus untuk bidang jasa cuci springbed bekasi, dengan jerih payah dan segala upaya menurut kemampuan saya, alhamdulillah sampai saat ini website tersebut masih berada di halaman pertama google search dengan kata kunci sesuai yang saya bidik. Mudah-mudahan akan terus seperti itu selamanya. Amiin..

Nah disini sebelum anda mencari solusi untuk mengoptimasi dan mengembalikan blog anda keposisi semula, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab blog hilang atau tidak tampil digoogle search. Adapun penyebabnya antara lain sebagai berikut:

1. Akibat Google Dance
Salah satu penyebab blog hilang dari pencarian google adalah karena adanya google dance, yaitu dimana google melakukan re-index atau indeks ulang terhadap situs/ blog yang telah menetap pada SERP (Search Engine Result Page), untuk menentukan posisi SERP google yang baru.

2. Akibat Google Sanbox
 Seberti yang telah saya tulis pada posting sebelumnya yang dapat anda baca disini: Pengertian google sandbox, dimana pada posting tersebut saya menjelaskan bahwa google sandbox adalah salah satu tempat karantina bagi web yang terkena pinalty sementara google, karena google menganggap bahwa web tersebut telah melanggar beberapa atau salah satu dari peraturan google.

3. Akibat Banned Google
Banned google adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh para blogger, dimana google melakukan pinalty jangka panjang atau bahkan permanen terhadap suatu situs yang dianggap melakukan pelanggaran berat. Dimana pelanggaran tersebut salah satunya adalah dengan menerapkan teknik spam dan blackhat seo.
Silahkan baca: Pengertian black hat seo
 4. Manajemen SERP Google
Manajemen serp adalah dimana google melakukan perbaikan sistem yang mengakibatkan beberapa situs website/ blog yang kurang berkualitas akan hilang dari halaman pencarian google. Tidak ada yang tahu kapan google akan melakukan manajemen serp, sehingga sebagai seorang blogger kita harus tetap kualitas konten blog dengan baik, agar ketika google melakukan manajemen serp blog anda tidak hilang tapi justru malah semakin meningkat di google search.

Itulah beberapa penyebab blog hilang dari pencarian google yang saya ketahui, semoga dengan mengetahui penyebab-penyebab hilangnya blog tersebut kita dapat mengantisipasi agar blog kita tetap dalam posisi yang baik dimata google search engine.
Back To Top