Perbedaan Jaringan Internet 3G, 4G, Dan LTE

Perbedaan Jaringan Internet 3G, 4G, Dan LTE -Perkembangan teknologi khususnya di Indonesia kian maju alias tidak mau kalah dengan perkembangan teknologi di negara maju seperti eropa dan amerika. Seiring dengan perkembangan teknologi itulah maka jaringan internetpun juga ikut berkembang, bahkan lebih perkembangannya bisa dibilah lebih cepat jika dibandingkankan dengan teknologi lainnya.

Perbedaan jaringan internet 3G dan 4G
Jaringan internet 3G dan 4G
Beberapa tahun lalu kita baru saja disuguhkan teknologi jaringan internet 3G yang membuat kita semakin mudah dan cepat dalam mengakses internet, Ehh.. tahun ini sudah kembali dihebohkan dengan adanya jaringan internet 4G dan LTE yang bisa dibilang super cepat. Mungkin tahun depan atau beberapa tahun yang akan datang lagi juga akan dirilis jaringan internet 5G, 6G, 7G, bahkan 10G.

Tapi sahabat bocahsoenyi.com, tahukah anda apa itu jaringan internet 3G, 4G, dan LTE? dan apa perbedaan jaringan 3G, 4G, dan LTE tersebut? Pada posting kali ini saya akan sedikit mengulas ketiga jaringan internet tersebut secara singkat dan mudah dipahami.

Namun sebelum saya mengulas lebih banyak tentang perbedaan jaringan 3G dan 4G, saya akan sedikit mengulas tentang pengertian jaringan 3G dan jaringan internet 4G. Lalu apa itu internet 3G dan 4G?

Pengertian Jaringan Intenet 3G dan 4G

Huruf "G" pada jaringan 3G dan 4G adalah singkatan dari Generasi, dimana generasi tersebut adalah erat kaitannya dengan kecepatan transmisi data. Jadi 3G artinya adalah Generasi ke 3, sedangkan 4G adalah generasi ke 4. Berikut ini adalah sejarah perkembangan dari generasi jaringan internet.
  1. Jaringan internet 1G adalah Original Analog Celuler For Voice, dengan kecepatan transmisi data 14,4 Kbps (AMPS, NMT, TACS). Ini merupakan jaringan analog dengan kecepatan rendah, dimana objek utama adalah berupa suara.
  2. Berkembang menjadi jaringan internet 2G adalah Digital Narrowdand Circuit Data, dengan kecepatan transmisi data 9-14,4 kbps (CDMA, TDMA)
  3. Jaringan internet 2.5 G adalah Packet data onto a 2G network, dengan kecepatan transmisi data 20-40 kbps (GPRS, EDGE). Ini merupakan jaringan digital yang telah mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi dan aplikasi multymedia.
  4. Jaringan internet 3G adalah Digital Broadband Packet Data, dengan kecepatan transmisi data 500-700 kbps (CDMA, EVDO, UMTS, EDGE)
  5. Berkembang menjadi jaringan internet 3.5G adalah Replacement For EDGE is HSPA 1-3Mbps and HSDPA, dengan kecepatan transmisi data mencapai 7.2 Mbps. 
  6. Jaringan internet 4G adalah Digital Broadband Packet Data All IP (WI-FI, WIMAX, LTE)

Perbedaan Jaringan Internet 3G dan Jaringan Internet 4G

1. Jaringan Internet 3G dan 3.5G
  • Pertama kali dikenalkan pada tahun pada tahun 2001. Dalam perkembangannya, ditemukan teknologi Enchanged Data for Global Evolution (EDGE). Merupakan pengembangan teknologi jaringan wireless GSM yang memiliki kecepatan 3 kali dari GPRS. Dengan kecepatan tersebut, maka kita semua dapat mengakses internet dengan lebih mudah dan cepat. Contoh: mengirim email, browsing, download.
  • Kemudian terus mengalami perkembangan dengan ditemukannya teknologi Universal Mobile Telecommunication Service (UMTS), Yang merupakan pengembangan dari teknologi EDGE dengan koneksi internet yang lebih cepat saat diakses. Perbedaan dari keduanya tersebut adalah dengan adanya fasilitas video streaming, video conference, dan video calling.
  • Lalu berkembang lagi dengan munculnya HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau sering disebut dengan jaringan internet 3.5G.
  • Kecepatan transmisi data adalah 500-700 kbps (Jaringan 3G) dan 7.2 Mbps (Jaringan 3.5G)
2. Jaringan Internet 4G
  • Singkatan dari Four Generation Teknology (Generasi ke 4)
  • Kecepatan transmisi data mencapai 1000Mbps/ 1Gbps
  • Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 yang dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP)
Itulah sekilas tentang perbedaan jaringan internet 3G dan jaringan internet 4G yang dapat saya ulas pada kesempatan kali ini, semoga dapat menambah wawasan kita semua.
    Back To Top