Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman Kredit KUR/ KUPEDES Bank BRI

Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman Kredit Bank BRI 2016-2017

Seperti kita ketahui bersama bahwa Bank BRI merupakan bank milik pemerintah yang memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan bank-bank swasta di indonesia. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah tersedianya Teras BRI, Unit BRI, Cabang BRI, dan ATM BRI hampir disetiap desa, kecamatan, dan kabupaten diseluruh Indonesia, terutama dipulau Jawa.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan tabungan bri simpedes dan bri britama
cara-pinjaman-bank-bri
Selain itu Bank BRI juga menyediakan banyak fitur yang dimiliki oleh bank swasta seperti Mobile banking, Internet Banking, dan kartu kredit, dan lain sebagainya. Yang paling menarik lagi adalah potongan dan suku bunga pinjaman kredit bank bri misalnya sangat ringan sekali. Berikut akan sedikit saya ulas beberapa keunggulan dan kelebihan Bank BRI

Baca juga: Perbedaan tabungan bri simpedes dan tabungan bri britama

Keunggulan dan Kelebihan Bank BRI

1. Memiliki kantor cabang bri, unit bri, teras bri, dan ATM terbanyak dan terluas diseluruh indonesia, bahkan sampai ke pelosok-pelosok desa dimana ditempat tersebut belum terdapat bank-bank swasta ternama seperti Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank Niaga, dan lain sebagainya.

2. Fasilitas dan Fitur Bank BRI yang lengkap
Bank BRI adalah bank ternama di indonesia yang memiliki fitur dan fasilitas lengkap seperti ATM, Internet banking, Mobile banking, SMS Banking BRI, BRI Link, KIOSK BRI, E-Buzz, MoCash, kartu kredit seperti VISA dan MASTER, KPR BRI (Kredit Kepemilikan Rumah BRI, KKB BRI (Kredit Kendaraan Bermotor BRI), dan masih banyak lagi.

3. Potongan lebih ringan khususnya untuk tabungan Simpedes BRI yang hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 5.500 per bulan, sedangkan untuk tabungan BRI Britama dikenakan biaya potongan administrasi sebesar Rp. 12.500 per bulan.

4. Merupakan Bank terkemuka dan terpercaya di indonesia.

5. Memiliki suku bunga pinjaman yang cukup ringan melalui berbagai macam fitur dan bentuk pinjaman yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah.

6. Dan masih banyak lagi kelebihan bank bri yang akan saya bahas pada artikel-artikel selanjutnya.

Kembali pada pokok pembahasan tentang syarat dan cara pengajuan pinjaman kredit Bank BRI, dimana ide menulis tentang kredit pinjaman bri ini saya dapatkan setelah saya sendiri baru saja mengambil pinjaman di bank bri untuk biaya perbaikan rumah, yang alhamdulillah sekarang sudah cair, bahkan sudah hampir habis. hehehe...

Macam-macam pinjaman kredit Bank BRI

Seperti yang telah sedikit saya singgung diatas, bahwa bank bri menyediakan beberapa macam pinjaman/ kredit sesuai dengan keperluan dan kemampuan nasabah. Hal inilah yang menjadikan nasabah menjadi lebih mudah dan fleksibel dalam mengajukan kredit/ pinjaman ke bank bri.

Adapun beberapa macam kredit dan pinjaman bank bri antara lain adalah:

1. Pinjaman Mikro yang disebut dengan KUPEDES (Kredit Usaha Pedesaaan) kredit usaha ini hanya dikhususkan pada penduduk pedesaan dan hanya dapat dilakukan di Unit Bank BRI

2. Pinjaman Ritel dan Menengah, pinjaman ini terdiri dari beberapa macam jenis yaitu adalah:
  • Kredit Modal Kerja
  • Kredit Investasi
  • Kredit Agunan Kas
  • Supply Chain Financing
  • Kredit Waralaba
  • Bank Garansi
3. Pinjaman BRI GUNA yang terdiri dari:
  • BRI Guna Karya
  • BRI Guna Purna
  • BRI Guna Umum
 4. Pinjaman Program yang terdiri dari
  • KPEN-RP
  • KKPE Tebu
  • KKPE
5. Kredit Usaha Rakyat (KUR BRI)
 

Syarat pengajuan pinjaman kredit KUR/ KUPEDES Bank BRI

1. Datang ke Bank BRI menuju ke Customer Service (CS) untuk berkonsultasi sekaligus meminta formulir untuk pengajuan kredit pinjaman.

2. Melengkapi berkas-berkas yaitu antara lain:
  • Fotocopy KTP suami (bagi yang sudah menikah)
  • Fotocopy KTP istri
  • Buku nikah suami/ istri
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  • Pas foto suami dan istri ukuran 4x6 masing-masing 2 lembar
  • Surat pengajuan pinjaman dari kelurahan
  • Surat Keterangan Usaha dari kelurahan
  • Agunan berupa sertifikat atau BPKB
Catatan:
- Jika sertifikat yang digunakan sebagai agunan adalah sertifikat milik orang lain (misalnya orang tua anda) maka anda harus melampirkan fotocopy ktp suami dan istri dari si pemilik sertifikat tersebut. 
- Jika terdapat perbedaan nama antara sertifikat dan si pemilik sertifikat yang bersangkutan yang dikarenakan salah cetak atau kesalahan teknis lainnya, maka anda bisa meminta surat keterangan beda nama dikelurahan yang menyatakan bahwa nama yang tercantum di sertifikat dengan nama yang tercantum di ktp adalah merupakan orang yang sama. 

Cara pengajuan pinjaman KUR/ KUPEDES Bank BRI

1. Setelah melengkapi semua persyaratan diatas, silahkan datang kembali ke Bank BRI kebagia Customer Service (CS) untuk mendaftarkan pengajuan pinjaman/ kredit. Setelah petugas CS mengecheck semua persyaratan dan dirasa semua persyaratan sudah terpenuhi, maka anda akan diminta untuk pulang dan menunggu petugas survey bank bri datang kerumah anda.

Biasanya anda akan dikabari oleh pihak bank bri bahwa petugas survey akan datang kerumah anda, tapi tidak menutup kemungkinan juga petugas survey bank bri akan datang secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan seperti yang saya alamai. Menurut pengalaman pribadi saya, petugas survey datang kerumah selang waktu 2 hari setelah saya melakukan pendaftarn kredit.

2. Petugas survey akan mewawancarai atau bertanya banyak hal mengenai kredit pinjaman bri yang anda ajukan, termasuk sertifikat, usaha yang anda jalani, dan lain sebagainya.

3. Setelah rumah anda disurvey, anda akan diminta untuk menunggu kabar dari pihak bank bri apakah pengajuan kredit pinjaman anda disetujui atau tidak. Jika disetujui, biasanya tidak sampai satu minggu anda sudah akan dikabari bahwa pengajuan kredit disetujui dan diminta untuk datang ke bank bri untuk melakukan pencairan dana.

4. Ketika datang ke bank bri untuk pencairan dana jangan lupa untuk membawa materai 6000 sebanyak 6 lembar, serta mengajak suami/ istri anda juga mengajak si pemilik sertifikat jika anda meminjam sertifikat orang lain sebagai agunan.

5. Anda akan dijelaskan mengenai ketentuan pinjaman KUR/ SIMPEDES, anda harus sedikit bersabar karena biasanya butuh waktu 1-2 jam untuk pencairan dana tersebut. Selain itu anda juga harus rela membubuhkan tanda tangan lebih dari 10 kali. hehehe...

6. Pulanglah dengan tersenyum dan gunakan uang pinjaman dari bank bri dengan baik dan bijak. hehehe..

Itulah ulasan mengenai syarat dan cara pengajuan pinjaman kredit bank bri KUR/ KUPEDES BRI. Semoga bermanfaat..
Back To Top