Penyebab Kenapa Memori SD Card Tidak Terbaca Di HP

BocahSoenyi.com - Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa memori SD Card tidak terbaca pada hp android. Hal tersebut sebenarnya sepele namun terkadang cukup membuat pusing karena kita tidak bisa mengakses semua file yang terdapat dalam Micro SD card tersebut, baik itu file berupa foto, video, musik, aplikasi, dan lain sebagainya. Pasalnya mungkin kita terlanjur banyak file penting yang tersimpan didalam SD Card tersebut.

memori sd card tidak terbaca

Secara harga, memory SD Card memang tidak mahal, tidak sampai mengeluarkan uang seratus ribu, kita sudah bisa memiliki Micro SD Card bermerk dengan kapasitas yang cukup besar. Tapi secara fungsi, memori sd card ini sangat penting sekali layaknya flashdisk atau hardisk eksternal pada komputer. Dimana biasanya kita akan menyimpan banyak sekali file penting kedalam sd card tersebut.

Pengertian SD Card
SD Card adalah alat penyimpan file yang dapat kita pasangkan kedalam handphone yang berguna untuk menambah kapasitas penyimpanan memori didalam handphone tersebut. SD Card mampu menyimpan berbagai macam jenis file seperi foto, video, musik, bahkan aplikasi smartphone android.

Penyebab Memori SD Card Tidak Terbaca

Ada beberapa penyebab kenapa memori sd card tidak bisa terbaca di hp android anda, namun penyebab umum yang lazim terjadi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Slot memori SD Card Longgar (kurang tekanan)
Dalam memasang micro sd card ke dalam slot yang terdapat pada handphone memerlukan sedikit teknik tertentu, karena biasanya ketika memasang sd card kedalam hp kita harus memperhatikan tekanan pada slot tersebut. Terlebih jika hp yang kita gunakan sudah agak tua dan jadul, maka terkadang kita perlu mengganjal slot sd card tersebut dengan benda lain seperti kertas atau plastik.

2. Memori SD Card Terbalik
Sama seperti halnya point pertama, bahwa dalam memasang sd card kedalam hp tidak bisa asal-asalan. Kita harus memperhatikan petunjuk/ gambar yang biasanya terletak disamping slot sd card, sehingga jangan sampai terbalik ketika memasangnya, karena nanti kamu akan terlihat seperti orang bodoh, masa hanya memasang sd card saja bisa salah (terbalik).

3. Memori SD Card Kotor
Kotoran yang menempel pada sd card dapat menghalangi atau menyulitkan perangkat hp dalam membacanya. Kotoran tersebut bisa berupa debu, minyak, karat, atau endapan air yang terdapat dalam permukaan kaki-kaki konektor (chip select) sd card.

4. Chip Select SD Card Berkarat atau Tergores
Sebelum memasang micro sd card pehatikan terlebih dahulu kondisi chip select berwarna kuning yang berfungsi sebagai konektor antara sd card dengan handphone anda. Jika terdapat goresan, karat, atau kotoran sebaiknya dibersihkan dahulu, karena karat tersebut biasanya bisa menyebabkan sd card tidak terbaca. Goresan dan karat pada chip select tersebut biasanya akibat dari anda terlalu sering melepas dan memasang sd card pada hp.

5. Kartu Memori SD Card Error atau Corrupt
Kartu memori card yang sudah error tentu tidak bisa digunakan lagi karena tidak akan terbaca oleh perangkat android anda. Error atau corrupt pada memori card tersebut biasanya bisa terjadi akibat virus atau malware, bisa juga karena kondisi hardware sd card tersebut yang telah rusak.

6. Handphone Android Rusak
Penyebab memori card tidak terbaca bukan semata-mata karena kesalahan pada memori micro sd card saja, tetapi bisa juga justru karena hp android anda yang telah rusak. Jadi percuma saja jika anda membeli sd card baru tapi ternyata yang rusak justru hp anda.

Demikianlah beberapa penyebab kenapa memori sd card tidak terbaca pada hp, khususnya hp android. Selain ke enam penyebab diatas tentunya masih ada penyebab-penyebab lain yang bisa anda cari di forum atau artikel-artikel internet yang lain. Semoga bermanfaat
Back To Top