Cara Memasang Fanspage Facebook di Website Wordpress

Tips Blog, Internet Marketing, Teknologi, Sosial dan Budaya

Cara Memasang Fanspage Facebook di Website Wordpress

BocahSoenyi.com | Memasang fanspage facebook di widget website wordpress -Seperti kita ketahui bahwa fanspage facebook merupakan salah satu hal yang sangat penting online marketing atau internet marketing khususnya website. Karena jika facebook fanspage anda telah diikuti oleh ribuan orang otomatis anda dapat mempromosikan website dan setiap posting di web kedalam facebook fanspage tersebut. Selain itu link dari facebook fanspage juga dapat digunakan untuk mengoptimasi website karena memiliki point tersendiri dalam hal SEO.

widget facebook fanspage

Banyak sekali para blogger memasang widget facebook fanspage di website mereka, sehingga pengunjung blog dapat mengklik tombol suka pada widget tersebut, dari situlah pemilik blog dan pengunjung blog bisa lebih mudah dalam berinteraksi baik itu membahas artikel yang terdapat didalam blog ataupun berkenalan secara personal. Maka jangan heran jika sebuah blog atau website yang sudah sangat terkenal dapat memiliki ribuan pengikut facebook fanspage.

Sayapun juga mencoba untuk menerapkan hal tersebut pada blog ini, meskipun pengunjung blog dan jumlah pengikut facebook fanspage saya masih sangat sedikit. Saya berharap seiring berjalannya waktu lama-kelamaan blog saya akan banyak dikunjungi orang dan banyak pula orang yang menyukai fanspage saya.

Nah kembali pada pembahasan awal, disini saya akan memberikan cara memasang facebook fanspage pada widget wordpress. Jika anda pengguna blogspot, anda bisa membaca tutorialnya disini:

CARA MEMASANG FACEBOOK FANSPAGE DI WEBSITE WORDPRESS

1. Pertama silahkan buka facebook anda, karena saya yakin anda semua telah telah memiliki facebook, tapi jika memang belum memiliki facebook, silahkan anda buat facebook terlebih dahulu. Selanjutnya silahkan anda buat halaman fanspage facebook, jika belum punya silahkan baca tutorialnya disini:
2. Setelah anda memiliki halaman fanspage facebook, kemudian langkah selanjutnya silahkan masuk ke halaman Facebook developer, dan pilih menu "Plugin halaman".

3. Lengkapi kolom isian sesuai dengan contoh gambar dibawah ini:
memasang widget facebook fanspage di website

Keterangan gambar:
  1. Pada kolom URL halaman facebook silahkan isi dengan alamat url halaman facebook yang sudah anda buat.
  2. Pada kolo lebar silahkan anda masukkan nilai lebar widget sesuai keinginan anda, usahakan agar ukurannya tidak lebih besar dari ukuran widget website anda, karena jika lebih besar nanti hasilnya akan acak-acakan atau bahkan tidak tampil.
  3. Beri tanda centang ingin menggunakan judul halaman lebih kecil, tapi jika ingin standar abaikan saja.
  4. Beri tanda centang jika anda ingin menyembunyikan foto sampul fanspage.
memasang widget facebook fanspage di wordpress

Keterangan gambar:
  1. Pada kolom Tab, silahkan masukkan "timeline" atau tombol apa yang ingin anda tampilkan pada widget tersebut.
  2. Pada kolom tinggi silahkan tentukan ukuran tinggi widget yang anda buat sesuai dengan selera anda, minimal adalah 70px.
  3. Beri tanda centang jika anda ingin agar lebar widget mengikuti ukuran widget pada website.
  4. Beri tanda centang jika anda ingin menampilkan foto teman yang mengikuti fanspage anda.
4. Baca dengan seksama dan pahami terlebih dahulu pengaturan lainnya agar widget fanspage bisa benar-benar sesuai dengan yang anda inginkan. Anda bisa mengatur ukuran lebar, tinggi, tab, dan yang lainnya, baru jika dirasa sudah cukup silahkan klik "Dapatkan kode"

cara memasang fanspage facebook di wordpress

5. Masuk ke dashboard wordpress anda, tambahkan widget, kemudian copy pastekan kode javascript atau IFrame pada widget halaman website anda. Saran saya gunakan kode javascript saja, karena javascript lebih ringan diakses ketimbang IFram yang cenderung membuat website menjadi lemot ketika diakses.
widget like fanspage facebook

6. Terakhir silahkan anda buka website anda, jika berhasil maka fanspage facebook akan tampil pada widget wordpress anda. Jika belum tampil, kemungkinan masih terdapat kesalahan atau ada kode javascript yang terlewatkan, karena jika terlewatkan satu karakter saja maka widget fanspage tidak akan tampil. Silahkan periksa kembali kode javasriptnya.

Itulah cara memasang widget fanspage facebook di website wodrpress yang dapat saya bagikan, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Back To Top