Cara Menangkap Udang Air Tawar Disungai

Tips Blog, Internet Marketing, Teknologi, Sosial dan Budaya

Cara Menangkap Udang Air Tawar Disungai

Cara menagkap udang -Udang air tawar adalah salah satu makanan kesukaan saya, karena rasanya gurih dan lezat bikin ketagihan, apalagi kalau digoreng sampai berwarna merah, kemudian dijadikan lauk bersamaan dengan sambel, lalapan dan nasi liwet hangat, pasti rasanya MakNyuuss sekali, begitulah kira-kira ungkapan yang sering dilontarkan oleh pakar makanan, Pak Bondan Winarno dalam sebuah acara televisi.

cara menangkap udang

Saya adalah seorang yang suka memancing disungai dekat rumah, meskipun saya bukanlah pemancing mania, karena niat saya memancing hanyalah untuk refreshing sekalian mencari lauk untuk makan malam saja. Awalnya saya cukup kesal saat memancing ternyata umpan kail hanya dimakan udang air tawar, sehingga tak jarang saya hanya membuang udang tersebut dan tidak membawanya pulang, karena ikan yang saya cari adalah jenis ikan wader, lele, uceng, kotes, dan nila yang populasinya dikampung saya kian menipis akibat beberapa tahun yang lalu sering diracun orang yang tak bertanggung jawab, tapi sekarang alhamdulillah sudah dipasang plakat "Dilarang meracuni ikan" sehingga orang-orang tersebut tidak berani lagi, karena sangsinya bisa dipukuli warga atau dilaporkan kekantor polisi.

Sampai akhirnya pada suatu hari saya mencoba membawa pulang udang air tawar hasil pancingan tersebut pulang kerumah, kemudian saya goreng bersama ikan hasil pancingan yang lainnya. Ternyata eh ternyata diluar dugaan saya, udang sungai air tawar rasanya sangat gurih sekali, sehingga saya menjadi ketagihan dan memutuskan untuk menangkap udang yang lebih banyak lagi. Sayapun googling mencari info cara menangkap udang air tawar disungai yang efektif dan murah.

Dengan berbekal info dari mbah google tersebut, saya mempraktekkan satu persatu metode dan cara menangkap udang disungai, mulai dari yang menggunakan botol minuman air mineral, toples bekas astor, jala penyendok, sampai membuat jaring angkat yang saya buat dari bekas kerodong bayi yang saya modifikasi sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menangkap udang air tawar tersebut.

Cara menangkap udang air tawar disungai 

Berikut ini akan saya uraikan satu persatu cara menangkap udang air tawar yang sudah saya praktekkan sendiri secara langsung.


1. Menangkap udang air tawar dengan botol air mineral

Persiapkan botol bekas air mineral yang berukuran besar (1,5 liter) yang sudah tidak terpakai. Potong bagian atasnya, tepatnya pada batas lekukan yang menyerupai corong, kemudian pasang kembali dengan posisi terbalik lalu diikat dengan tali agar tidak lepas. Pada bagian badan botol diberi lubang kecil-kecil dengan tujuan agar botol bisa tenggelam saat dilembar kedalam sungai, jangan lupa juga untuk memasang tali pengangkat pada badan botol, sehingga ketika hendak memanen anda tidak perlu mencebur kesungai, cukup dengan menarik tali pengangkat tersebut.

cara menangkap udang dengan botol
Berikan pakan udang berupa pelet ikan atau terasi yang dicampur dengan nasi pada bagian dalam botol untuk menarik udang air tawar agar masuk kedalam botol, lalu lemparkan botol tersebut kedalam air sungai dimana biasa tempat favorit udang berkumpul, usahakn posisi botol dalam keadaan tegak, lalu tali pengangkat diikan dibatang pohon atau patok yang telah anda sediakan, tujuannya agar botol tidak terbawa arus. Biarkan selamau kurang lebih 30 menit, agar tidak jenuh bisa sambil merokok atau memancing ikan lainnya. Jika sudah kemudian angkat botol tersebut dengan cara menarik tali pengangkat secara perlahan agar udang yang sudah masuk kedalam botol tidak buru-buru lari keluar.


2. Cara menangkap udang air tawar dengan toples bekas

Cara ini adalah hasil penemuan saya sendiri, dan mungkin hanya ada satu-satunya disunia ini. hehehe.. Caranya adalah sediakan toples bekas yang berukuran besar, sediakan pula 4 buah botol bekas air mineral (boleh besar atau kecil). Potong bagian atas botol air mineral seperti cara pertama, kemudian cukup ambil potongan atasnya saja, badan botol boleh dibuang.

Lubangi badan toples sebanyak 4 buah secara acak, usahakan lubang berbentuk bulat sebesar tutup botol air mineral dengan menggunakan gunting atau pisau. Lubangi juga sekeliling badan toples termasuk tutup toples dengan menggunakan paku, tujuannya agar toples bisa tenggelam saat dilempar kedalam air sungai. Masukkan potongan botol air mineral kedalam lubang toples, dengan posisi tutup botol berada didalam badan toples. Buat pula tali pengangkat yang diikatkan pada lubang kecil pada tutup toples. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cara pemasangan alat penangkap udang dengan toples ini hampir sama dengan alat penangkap udang dengan media botol air mineral. Yaitu dengan menggunakan umpan berupa pelet ikan atau terasi yang dicampur nasi yang dimasukkan kedalam toples, kemudian masukkan pula batu-batu kecil sebagai pemberat agar toples bisa tenggelam kedalam air dengan posisi tegak. Letakkan pada tempat yang banyak udangnya, diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian angkat dengan menggunakan tali pengangkat tersebut.

3. Cara menangkap udang air tawar dengen jala dari kerodong bayi

Alat penangkap udang air tawar yang terakhir ini merupakan alat yang paling efektif untuk memperoleh udang hasil tangkapan yang maksimal (paling banyak) karena ukuran alatnya yang cukup besar dan biaya pembuatannya pun juga lebih mahal.

Peratama siapkan kerodong bayi bekas yang sudah tidak terpakai, kalau masih dipakai untuk kerodong anak anda, sebaiknya jangan digunakan untuk membuat alat ini, karena anda bisa membeli alat ini yang biasa dijual ditoko alat pancing, pasti harganya lebih murah dari kerodong bayi. hehehe.
Tutup bagian bawah kerodong dengan menggunakan kelambu bekas atau jaring ikan, kemudian dijahit agar rapat. Lubangi bagian sisi-sisi kerodong sebanyak 6 atau 8 lubang, untuk jalan udang agar masuk kedalam perangkap. Modifikasi agar udang yang sudah masuk kedalam perangkap tidak bisa keluar dengan mudah. Pasangkan tali pengangkat pada ujung atas kerodong untuk memudahkan anda dalam pengangkatan.

Cara pemasangannya hampir sama dengan perangkap udang diatas, bedanya hanyalah dalam pemasangan umpan sebaiknya dibungkus dengan plastik kemudian plastik dilubangi kecil-kecil. Cara ini bertujuan agar umpan lebih awet dan tidak mudah hanyut dalam air. Plastik umpan digantung dan diposisikan berada ditengah-tengah kerodong jebakan. Masukkan jebakan udang kedalam air, tunggu selama 30 menit kemudian angkat, bersiap-siaplah untuk memanen udang air tawar hasil jebakan anda.

Itulah sedikit uraian tentang cara menangkap udang air tawar disungai dengan mudah dengan memanfaatkan jebakan yang bisa anda buat sendiri dari alat-alat bekas yang bisa dengan mudah anda temukan disekitar rumah anda. Semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Back To Top