Cara Mengatasi Disk Usage Hosting Cpanel Penuh

Tips Blog, Internet Marketing, Teknologi, Sosial dan Budaya

Cara Mengatasi Disk Usage Hosting Cpanel Penuh

BocahSoenyi.com | Mengatasi disk usage hosting cpanel penuh adalah pengetahuan yang wajib dimiliki oleh seorang blogger, terutama blog yang menggunakan self hosting dan domain sendiri, karena permasalahan ini sering kali muncul ketika usia blog sudah cukup berumur. Penyebab utamanya tidak lain dan tidak bukan adalah karena adanya file-file sampah yang menumpuk, serta file backup yang sama sekali tidak pernah dihapus.

mengatasi disk usage hosting penuh

Dalam kesempatan ini cara mengatasi disk usage hosting cpanel penuh yang akan saya bahas adalah khusus pagi pengguna wordpress self hosting, karena saya sendiri adalah pengguna wordpress self hosting, jadi pengetahuan saya saat ini masih pada seputar wordpress dan blogspot saja, belum menginjak ke hosting joomla atau yang lainnya, karena jujur saya belum pernah menggunakannya.

Cara mengatasi disk usage hosting penuh

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari penyebab kenapa disk usage bisa penuh? baru setelah itu anda bisa memperbaikinya dengan cara menghapus file yang menyebabkan hosting anda penuh. Penghapusan file juga harus dilakukan secara hati-hati, karena jika anda salah dalam menghapusnya, bisa-bisa blog anda akan error atau bahkan hilang.
BACA: Cara mengatasi tidak bisa update plugin wordpress
Ciri-ciri web wordpress self hosting yang usage disk hostingnya penuh adalah tidak bisa melakukan update plugin, update template, dan bahkan update versi wordpress terbaru. Selain itu juga tidak bisa menginstall atau mengunggah plugin baru, karena space pada disk usage sudah penuh dan tidak dapat diisi lagi. Begitu juga ketika anda login ke cpanel, maka akan ada notifikasi berwarna merah pada pojok kanan atas halaman dashbord cpanel anda.

disk usage hosting penuh
Selanjutnya silahkan anda klik notification tersebut, maka muncul peringatan bahwa disk usage hosting anda telah penuh, dan anda diminta untuk menghapus beberapa file atau mengupgrade hosting dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Langkah berikutnya untuk mengatasi disk usage hosting penuh adalah dengan menghapus file sampah, file backup, plugin, dan template yang sudah tidak terpakai lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Login kehalaman cpanel anda, kemudian pada widget halaman cpanel sebelah kanan silahkan cari Statistics disk usage dan ditandai dengan simbol kunci pas, disana akan tampak bahwa penggunaan memori sudah melebihi kapasitas hosting, selanjutnya klik simbol kunci pas tersebut.


Catatan: Maaf untuk contoh gambar yang saya berikan diatas bukanlah gambar disk usage yang sudah penuh, karena ketika menulis posting ini saya sudah terlanjur memperbaiki dan menghapus file hosting yang tidak terpakai.

2. Selanjutnya perhatikan bagian mana saja yang menyebabkan disk usage penuh, untuk kasus yang saya alami bagian yang terlalu banyak menyita ruang hosting adalah bagian public_html, tmp_, dan softcoulus_backup. Anda bisa menghapus bagian softcoulus backup karena banyak menyita ruang.

hosting cpanel penuh

Penyebab utama file softcoulus backup bisa membengkak adalah karena anda mengaktifkan auto backup pada setting softcoulus. Silahkan baca: Cara menonaktifkan auto backup softcoulus cpanel.

3. Setelah semua file softcoulus backup terhapus, selanjutnya silahkan anda hapus isi dari folder tmp, dan semua isi dari folder mail, kemudian lihat kembali ke halaman utama cpanel, pasti usage disk sudah berkurang banyak dan anda bisa mengupdate plugin, versi wordpress terbaru, template, dan yang paling penting adalah anda bisa kembali ngeblog dengan tenang.

KETERANGAN:

Jika anda ragu untuk menghapus sendiri file sampah di cpanel, anda bisa meminta bantuan kepada pihak penyedia hosting dimana anda membeli hosting tersebut untuk menghapus file-file sampah yang tidak terpakai dan menyebabkan usage disk penuh, itu adalah cara yang paling aman dan paling mudah.

Itulah bagaimana cara mengatasi disk usage hosting cpanel yang penuh akibat file sampah, other usage, file backup, dan error log yang dapat saya tuliskan. Selamat ngeblog dan semoga bermanfaat

Artikel menarik lainnya

Back To Top