Harga Kayu SonoKeling Lebih Mahal Dari Kayu Jati

Tips Blog, Internet Marketing, Teknologi, Sosial dan Budaya

Harga Kayu SonoKeling Lebih Mahal Dari Kayu Jati

Harga Kayu SonoKeling Lebih Mahal Dari Kayu Jati -Sungguh beruntung sekali keluarga kami (Ibu dan Bapak) saya memiliki beberapa bidang tanah yang cukup luas warisan dari simbah (eyang saya) yang sampai saat ini masih kami jaga kelestariannya, meskipun tidak terlalu terawat dan hanya ditumbuhi oleh pepohonan yang cukup besar seperti kayu sonokeling, jati, mahoni, akasia, dan lain sebagainya yang disekitarnya dipenuhi semak belukar karena jarang dijamah dan dibersihkan.

harga kayu sonokeling mahal

Waktu saya masih SMP atau SMA ditanah yang luasnya lebih dari 1 hektar itu banyak sekali tumbuh pohon sono keling, bahkan paling dominan dari pohon yang lainnya, karena karakter pohon sono keling akarnya akan tumbuh menjadi pohon sonokeling yang baru, jadi susah sekali dibasmi.

Kenapa harus dibasmi? kan kayu sonokeling harganya mahal sekali?

Itu sekarang, kalau waktu saya masih SMA pohon sonokeling tidak ada harganya, bahkan hanya dijadikan kayu bakar atau ditobong dijadikan arang dan dijual karungan ketukang sate. Sudah beberapa kali Bapak saya mencoba membabat pohon sonokeling tersebut untuk kemudian diganti dengan kayu jati, tapi ternyata tetap saja pohon sonokeling tersebut tidak bisa mati total dan kembali tumbuh lagi.

Harga kayu mahal, sonokeling lebih mahal dari kayu jati

Mungkin karena jengkel akhirnya Bapak saya membiarkan sebidang tanah tersebut menjadi bero alias tidak terawat, dan beliau memilih untuk mengadu nasib ke jakarta bersama kami sekeluarga, beberapa tahun dijakarta akhirnya kami pulang kampung dan melihat sebidang tanah tersebut sudah menjadi hutan lebat, bahkan kata orang sering ada rusa dan monyet ditempat tersebut, belum lagi katanya banyak penunggunya (hantu).

kayu sonokeling

Sampai akhirnya beberapa tahun yang lalu merebaklah kabar bahwa harga kayu sonokeling melambung tinggi bahkan mengalahkan harga kayu jati. Beruntung sekali kayu sono ditanah bapak sudah kembali tumbuh dan lumayan banyak yang berdiameter 1 meter lebih. Akhirnya mumpung harga kayu sono keling mahal, dan kebetulan bapak juga lagi butuh uang, beberapa pohon yang diameternya sudah diatas 1 meter pun dijual dengan harga yang lumayan fantastis. Kalau dihitung-hitung totalnya dari beberapa kali penjualan kayu sonokeling, mungkin sudah ada lebih dari 80 juta, mungkin sudah 100 jutaan.

Kenapa harga kayu sonokeling mahal?

Usut punya usut ternyata kayu sonokeling atau nama latinnya Delberga Latifolia ini diekspor keluar negeri, karena banyak perusahaan yang menggunkan kayu sono keling untuk melapisi permukaan kayu lapis mewah yang harganya mahal. Semakin tua dan semakin besar galih kayu sono maka harganya akan semakin mahal, karena hanya galih yang berkualitas baik yang diambil untuk membuat lapisan kayu mewah tersebut.

Adapun harga kayusono keling berdiameter 1 meter harganya bisa mencapai lebih dari 4 juta rupiah dengan panjang lebih dari 2 meter. Sedangkan untuk kayu sonokeling grade A3 (terbaik) dengan ukuran tersebut diatas harganya bisa mencapai 9 juta rupiah. Berbeda dengan kayu jati yang konon disebut dengan kayu emas karena harganya sama seperti harga emas, saat ini pesona dan harganya kalah dengan kayu sonokeling. Kayu jati dengan ukuran diatas kalau dijual pasti kurang dari 4 juta rupiah.

Demikianlah sedikit cerita dan ulasan tentang harga kayu sonokeling yang mahal melebihi harga kayu jati super sekalipun. Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda untuk berbisnis dan membudidayakan kayu sonokeling tersebut.

Artikel menarik lainnya

Back To Top