Membuat Septic Tank Tanpa Resapan

Tips Blog, Internet Marketing, Teknologi, Sosial dan Budaya

Membuat Septic Tank Tanpa Resapan

BocahSoenyi.com -Sebelum saya menulis panjang lebar tentang cara membuat septic tank tanpa resapan, disini saya akan sedikit bercerita kenapa saya memilih jenis septic tank tanpa rembesan, Mungkin dari cerita tersebut shobat bisa memahami dan memakluminya, karena saya yakin di era sekarang ini hampir semua septic tank khususnya dikota-kota besar sudah dilengkapi dengan rembesan.
cara membuat septic tank
Cara membuat septic tank
Ide menulis cara membuat septic tank tanpa rembesan ini muncul setelah saya baru saja membuat sebuah septic tank alias tampungan tinja dirumah baru saya yang sampai sekarang belum saya tinggali, karena belum rapi dan masih banyak PR yang belum diselesaikan. Lantai belum dikeramik, dinding baru diplester dan belum di aci, septic tank baru saja dibikin, kamar mandi dan WC masih ala kadarnya (belum rapi), sehingga saya dan anak istri memutuskan untuk tetap numpang dirumah orang tua saya sambil mengumpulkan dana untuk merapikan rumah tersebut.

Saat hendak membuat septic tank, saya browsing kesana kemari tentang cara membuat septic tank serta biaya yang harus dikeluarkan. Dari pencarian tersebut, hampir semua artikel menuliskan tentang cara membuat septic tank dengan rembesan. Ketika di kalkulasi, biaya membuat septic tank dengan rembesan membutuhkan dan sekitar 5-6 jutaan. Serta membutuhkanwaktu sekitar 10-14 hari jika dikerjakan oleh 2 orang tukang.

Berhubung dana yang saya miliki sangat minim dan akan saya gunakan untuk keperluan lainnya, akhirnya saya berkonsultasi dengan tukang yang ada dikampung saya. Tukang tersebut menyarankan agar saya membuat septic tank biasa saja (tanpa bak rembesan), kenapa demikian? Karena lahan dikampung saya masih sangat luas. Dari total lahan tempat tinggal saya tersebut, yang digunakan untuk bangunan rumah hanya sekitar 1/10 nya saja, selebihnya masih kebun kosong yang ditanami pepohonan dan palawija (singkong, kacang, pohon pisang, dan tanaman lainnya)

Selain itu rata-rata penduduk dikampung saya masih menggunakan septic tank tanpa resapan, dan terbukti mampu digunakan sampai puluhan tahun. Untuk masalah air bersih, Penduduk dikampung saya tidak menggunakan air tanah dengan sumur timba ataupun sumur bor rumahan, melainkan menggunakan jasa saluran air bersih (SAB) milik warga yang diambil dari pegunungan. Jadi untuk membuat septic tank tanpa rembesan bukanlah masalah yang serius.

Cara membuat septic tank tanpa resapan


Pertama saya dan tukang membuat galian tanah untuk lubang septic tank dengan ukuran Panjang: 2,5 meter, Lebar 1,5 meter, dengan kedalaman 3 meter. Satu meter dari atas, disekeliling galian dibuat lebih lebar, tujuannya adalah untuk tatanan bata/ batako sebagai tatakan cor beton penutup septic tank.
septic tank tanpa resapan
Septic tank tanpa resapan

Setelah proses penggalian septic tank selesai, kemudian disekeliling lubang diberi tatanan bata/ batako dengan menggunakan campuran semen dan pasir layaknya tatanan bata untuk dinding rumah. Jadi pemasangan batu bata tidak perlu dipasang disemua dinding dan dasar septic tank, cukup dibagian atas saja, yaitu 1 meter dari permukaan atas. Ini akan sangat menghemat biaya pembuatan septic tank

Pada bagian atasn septic tank kemudian ditutup dengan cor beton layaknya membuat septic tank biasa. Jangan lupa untuk memberikan lubang ventilasi (lubang udara) yang disambung dengan pipa pvc seperti septic tank pada umumnya, tujuannya adalah agar septic tank tidak meledak.

Proses pengecoran menggunakan anyaman besi berdiamater 8 mm yang dibawahnya sudah diberi alas papan cor, kemudian tuangkan adonan cor beton diatasnya dengan ketinggian relatif, yang penting anyaman besi cor jangan sampai kelihatan.

Gunakan pipa pralon berukuran 4 inchi untuk pembuangan dari kloset menuju ke septic tangk, usahakan agar jangan terlalu banyak belokan (penggunaan elbow) agar kotoran dapat mengalir dengan lancar dan tidak terhambat. Perhatikan juga kemiringan pipa, usahakan agar kotoran dan air bisa dengan mudah mengalir.

Bagaimana, cukup mudah kan? Ini juga akan banyak menghemat biaya dan waktu yang anda keluarkan. Tapi untuk membuat septic tank tanpa resapan ini, anda harus memperhatikan catatan dibawah ini

CATATAN:

1. Dalam membuat septic tank tanpa resapan, anda harus memperhatikan luas tanah dan jarak septic tank dengan sumber air minum.

2. Jangan membuat septic tank tanpa resapan jika disekitar rumah anda terdapat sumur air bersih.

3. Septic tank tanpa resapan ini aman jika digunakan di pedesaan yang masih banyak terdapat lahan kosong.

4. Penulis tidak menyarankan kepada anda untuk membuat septic tank tanpa resapan, penulis hanya sekedar sharing pengalaman pribadi saja, karena septic tank yang baik dan sehat adalah septic tank dengan sistem resapan.

5. Untuk wilayah perkotaan yang minim lahan, sebaiknya menggunakan septic tank yang menggunakan resapan.

Itulah ulasan mengenai cara membuat septic tank tanpa resapan yang dapat saya tulis pada blog yang semakin lama bukannya semakin ramai, tapi malah semakin sunyi ini.

Artikel menarik lainnya

Back To Top