Cara Membuat Disclaimer Blog Secara Online Tanpa Harus Menulis Manual

Tips Blog, Internet Marketing, Teknologi, Sosial dan Budaya

Cara Membuat Disclaimer Blog Secara Online Tanpa Harus Menulis Manual

Cara membuat disclaimer blog -Bagi seorang blogger pemula mungkin belum faham dengan yang namanya disclaimer, apa fungsi disclaimer, dan bagaimana cara membuat disclaimer yang baik seperti yang terdapat pada blog dan website profesional yang sudah dimonetize sehingga mampu menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya.
membuat disclaimer

Sebelum saya membahas tips cara membuat disclaimer blog, disini saya akan sedikit memberi gambaran tentang apa itu disclaimer dan apa fungsi dari disclaimer, sehingga shobat pembaca bisa memahami maksud dan tujuan dibuatnya disclaimer tersebut.

Pengertian Disclaimer

Disclaimer adalah pernyataan penyangkalan bagi pemilik blog yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang dimuat didalam blog tersebut hanya merupakan informasi saja, sehingga penulis dan pemilik blog tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam blog tersebut.

Selain itu disclaimer juga berfungsi sebagai pernyataan bahwa segala sesuatu yang terjadi akibat dari membaca blog tersebut bukan merupakan tanggung jawab dari pemilik atau penulis blog. Jadi disclaimer merupakan pernyataan penyangkalan pemilik blog yang menyatakan bahwa setiap pembaca blog secara otomatis sudah menerima syarat dan ketentuan dai blog yang dibaca tersebut.

Meskipun demikian, dalam peraturan internet dan telekomunikasi di indonesia, sebuah blog atau situs yang telah menyertakan disclaimer bukan berarti lepas tangan atau tidak bertanggung jawab terhadap isi ataupun konten yang terdapat dalam blog tersebut. Hal itu sudah diatur dalam undang-undang ITE Republik Indonesia.

Cara membuat disclaimer blog secara online


Dengan mengetahui pengertian disclaimer tersebut, diharapkan shobat pembaca yang memiliki sebuah blog alangkah baiknya memiliki sebuah halaman disclaimer, karena selain membuat blog menjadi terkesan profesional, juga menjadi sebuah kelengkapan jika shobat berniat memonetize atau memasang iklan adsense didalam blog.

Cara membuat disclaimer blog yang akan saya ulas pada posting kali ini bukanlah cara membuat disclaimer secara manual yang terkadang justru membuat kita menjadi pusing tujuh keliling. Melainkan cara membuat disclaimer blog secara online yang otomatis jadi setelah kita melengkapi form informasi blog yang akan kita pasang halaman disclaimer.


  1. Buka halaman pembuatan disclaimer online disini: Privacypolicyonline.com/Disclaimer
  2. Setelah itu akan muncul formulir seperti dibawah ini:
    cara membuat disclaimer
    Formulir disclaimer online
  3. Lengkapi formulir tersebut seperti contoh gambar diatas
  4. Jika sudah lengkap semua selanjutnya klik Generate disclaimer seperti bagian yang saya beri tanda merah pada gambar diatas.
  5. Hasilnya kira-kira akan seperti gambar dibawah ini:
    membuat disclaimer online
    Hasil disclaimer online
  6. Selanjutnya silahkan copy dan pastekan halaman hasil dari disclaimer tersebut kedalam halaman disclaimer blog anda. Jika belum memiliki halaman untuk disclaimer, buat terlebih dahulu sebuah laman baru yang anda beri nama disclaimer kemudian anda isi dengan hasil disclaimer tersebut. 
  7. Klik simpan, dan sekarang anda sudah memiliki sebuah halaman disclaimer dalam blog anda.
Hasil dari pembuatan disclaimer secara online in memang dalam bahasa inggris, sehingga akan sulit dipahami oleh pembaca blog kita yang kebanyakan dari indonesia (jika blog berbahasa indonesia dan ditargetkan untuk visitor dari indonesia). Solusinya adalah, anda bisa mengubah halaman disclaimer tersebut kedalam bahasa indonesia dengan menggunakan google translate. Tapi terkadang hasil translate google akan tampak sedikit rancu, jadi anda dapat mengedit kata dan kalimat yang rancu tersebut satu persatu.

Tapi jika anda tidak mau repot, biarkan saja halaman disclaimer tersebut dalam bahasa indonesia, toh jarang juga orang yang menyempatkan diri membaca halaman disclaimer blog orang lain. Kebanyakan pembaca akan langsung konsen pada artikel yang mereka cari dan mengabaikan halaman-halaman tambahan seperti disclaimer dan privacy policy.

Itulah cara membuat disclaimer blog secara online dengan mudah dan gratis tanpa harus menulis manual satu demi satu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Back To Top