Cara Mengurus STNK Hilang Di Kantor SAMSAT

Tips Blog, Internet Marketing, Teknologi, Sosial dan Budaya

Cara Mengurus STNK Hilang Di Kantor SAMSAT

Cara mengurus stnk hilang - STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan salah satu dokumen penting bagi setiap pemilik kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda empat, atau lebih. STNK haru selalu dibawa ketika kita mengendarai kendaraan bermotor, tentunya adalah stnk yang merupakan dokumen dari kendaraan yang sedang kita pakai, bukan stnk kendaraan bermotor lain yang tidak kita pakai. Oleh sebab itu kita harus menjaga baik-baik stnk agar jangan sampai hilang atau tertinggal.
mengurus stnk hilang

Jika stnk hilang atau tertinggal maka akan sangat repot jika sampai berurusan dengan petugas kepolisian lalu lintas, anda pasti akan ditilang karena dianggap melanggar peraturan berlalu lintas. Oleh sebab itu saat berkendara, stnk anda jangan sampai tertinggal apalagi sampai hilang. Jika hilang maka sebaiknya segera melapor ke kantor polisi (polsek), kemudian mengurus stnk hilang tersebut ke kantor SAMSAT. Selama pengurusan sebaiknya motor yang tanpa stnk jangan digunakan terlebih dahulu agar tidak ketilang.


Cara mengurus stnk yang hilang


Untuk tata cara pengurusan stnk hilang tersebut silahkan anda simak uraian dibawah ini:

1. Melapor ke kantor polisi terdekat

Saat anda menyadari bahwa stnk kendaraan bermotor anda hilang, segeralah melapor ke kantor polisi terdekat untuk dibuatkan surat keterangan tanda kehilangan. Surat tersebut nantinya akan menjadi dokumen untuk mengurus stnk ke kantor samsat. Jika anda langsung ke kantor samsat untuk mengurus stnk hilang tanpa surat tanda kehilangan dari polsek/ polres, maka permohonan anda akan ditolak, dan disarankan untuk mencari surat tanda kehilangan terlebih dahulu ke kantor polisi.

2. Persiapkan dokumen persyaratan mengurus stnk hilang

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus stnk yang hilang biasanya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. KTP asli atas nama pemilik kendaraan
  2. Fotocopy ktp atas nama pemilik kendaraan
  3. Fotocopy stnk yang hilang
  4. Surat tanda kehilangan stnk dari kepolisian (polsek)
  5. BPKB asli kendaraan yang stnk nya hilang
  6. Fotocopy BPKB kendaraan yang hilang stnknya
  7. Untuk kendaraan kredit yang bpkb masih ditahan oleh pihak pembiayaan (leasing), mintalah fotocopy dan surat keterangan dari pihak pembiayaan.
3. Legalisir fotocopy BPKB di polres

Untuk pengurus yang tidak memiliki fotocopy stnk maka harus meminta legalisir fotocopy bpkb terlebih dahulu ke bagian pengesahan polres. Namun untuk yang memiliki fotocopy stnk, abaikan saja point ini.

4. Mengurus surat berita kehilangan dari media cetak (koran) dan radio

5. Mengurus ke kantor SAMSAT

Tempat untuk mengurus stnk yang hilang adalah dikantor SAMSAT, sama seperti ketika anda melakukan pajak kendaraan bermotor, bukan ke kantor polisi seperti polsek atau satlantas. Kantor SAMSAT adalah kependekan Sistem Manunggal Satu Atap yang merupakan kolaborasi dari tiga badan instansi, yaitu Polri, Dinas pendapatan daerah, dan Jasa marga. 

Tata cara pengurusan stnk hilang dikantor SAMSAT

kantor samsat

1. Datang ke bagian cek fisik, kemudian mendaftar bahwa anda kehilangan stnk

2. Mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan
Setelah pengisian formulir biasanya nanti akan dilakukan cek fisik kendaraan, yaitu gesek nomor rangka dan nomor mesin oleh petugas. Jadi saat pengurusan sebaiknya anda membawa kendaraan yang hilang stnknya, karena nanti akan diminta untuk memarkir kendaraan anda dibagian cek fisik, kemudian akan di cek oleh petugas. 

3. Mengurus surat keterangan hilang dari samsat (cek blokir)
Cek blokir ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan stnk kendaraan anda, apakah sedang dalam masa pencarian, sedang diblokir atau tidak. Jadi cek blokir adalah surat keterangan hilang dari samsat yang nantinya akan digunakan untuk tahap pengurusan selanjutnya. 
 4. Menuju loket BBN II untuk mengurus STNK yang baru
Selanjutnya anda harus menuju ke loket BBN II (Bea Balik Nama II) untuk membuat duplikat stnk yang hilang. Pada proses ini anda wajib menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan, termasuk surat keterangan hilang dari samsat.
5.  Membayar pajak kendaraan dan biaya pembuatan STNK baru
Jika kebetulan waktu itu bertepatan dengan masa pembayaran pajak dan anda belum membayarnya, maka anda wajib melunasi pajak kendaraan tersebut terlebih dahulu, tapi jika sudah membayar pajak maka anda anda dibebaskan pada point ini dan langsung membayar biaya pembuatan stnk baru. Untuk biaya pembuatan stnk baru roda dua sekitar 100.000 an.
6. Pengambilan STNK
 Setelah anda melunasi semua biaya dibagian kasir, maka anda tinggal menunggu stnk dan Surat Keterangan Pajak Daerah (SKPD) dicetak. Biasanya untuk samsat yang berbasis online, proses pencetakan stnk tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup menunggu beberapa menit saja sudah jadi, asal tidak banyak yang antri.
Catatan:

  1. Uruslah pajak kendaraan bermotor anda atau apapun yang berkaitan dengan kendaraan bermotor anda sendiri, jangan menggunakan jasa calo atau perantara. Sebab saat ini pengurusan pajak kendaraan, stnk hilang, bpkb hilang, balik nama, mutasi, dan lain sebagainya sudah sangat mudah dan cepat.
  2. Untuk antisipasi sebaiknya anda fotocopy dokumen-dokumen penting kendaraan anda, termasuk bpkb, stnk, sim, dan ktp. Agar jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, anda sudah memiliki salinan dokumen aslinya.
Demikianlah cara mengurus stnk hilang dikantor samsat dengan mudah dan cepat tanpa harus melalui perantara (calo). Semoga dengan membaca artikel ini anda sekarang menjadi lebih tahu dan mau mengurus sendiri pajak kendaraan anda ke kantor samsat tanpa ragu dan malu-malu.
 

Artikel menarik lainnya

Back To Top