Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Dengan ATM Bank BRI

Cara membayar iuran BPJS dengan atm BRI - Sekarang ini semuanya dibuat menjadi semakin mudah, ini semua tidak lain dan tidak bukan karena peran perkembangan teknologi digital dan internet yang semakin maju. Selain itu juga peran pemerintah yang memberikan layanan untuk kemudahan bagi masyarakat khususnya dalam hal kesehatan. Ya, BPJS kesehatan yang beberapa waktu lalu, dan mungkin sampai saat ini masih menjadi bahan perbincangan dan perdebatan bagi sebagian orang, karena ada yang pro dan kontra. Tapi apapun itu kita harus mendukung program pemerintah, toh pada ujungnya semua juga demi kebaikan masyarakat, bangsa, dan negara.

Cara bayar bpjs dengan atm bri

Bagi anda yang sampai sekarang belum memiliki kartu BPJS, sebaiknya segera mendaftar ke kantor BPJS terdekat dikota anda, karena kartu BPJS ini sangat penting sekali. Bukan bermaksud mengharapkan sakit, tapi sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu anda sakit, dengan mudah anda akan menggunakan kartu BPJS untuk berobat dan anda pun akan merasakan manfaatnya.

Memang sih anda harus membayar iuran BPJS setiap bulannya, dan itu juga tidak bisa dibilang sedikit, sebab anda harus mendaftarkan seluruh anggota keluarga anda dan membayar iuran BPJS tersebut setiap bulannya. Untuk iuran BPJS kelas 2 yang tadinya hanya Rp.42.500 per orang sekarang menjadi Rp. 51.000 per orang. Jika dalam satu keluarga anda terdiri dari 6 orang, maka anda harus membayar iuran BPJS sebesar 51.000 x 6 = Rp. 306.000 per bulannya. Jika anda tinggal dikota kecil seperti saya ini dimana UMK hanya sekitar Rp. 1.500.000 saja, maka iuran BPJS masih terhitung berat bagi masyarakat pinggiran kota kecil seperti kami.

Belum lagi jika anda tidak memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan tetap, misalnya seperti tukang ojek, buruh bangunan, petani, atau profesi berpenghasilan kecil lainnya, tentu iuran bpjs tersebut akan sangat memberatkan. Tapi apapun itu kita wajib mendukung program pemerintah.

Cara membayar BPJS Kesehatan Dengan ATM BRI


Kembali lagi ke pokok pembahasan kita  bahwa sekarang ini cara membayar BPJS sudah semakin mudah saja. Anda tidak perlu jauh-jauh ke kantor BPJS dan mengantri sampai berdesak-desakan, karena sekarang anda dapat membayar BPJS melalui ATM Bank BRI, Bank MANDIRI, Bank BCA, dan Bank-bank lainnya. Selain itu anda juga bisa membayar BPJS di Indomaret, Alfamart, Kantor pos, dan tempat-tempat pembayaran online lainnya. Bahkan anda dapat membayar iuran BPJS dari rumah dengan menggunakan MBanking dan E-Banking.
BACA JUGA: Cara cek tagihan BPJS kesehatan melalui SMS

Adapun cara membayar iuran BPJS dengan ATM Bank BRI adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan anda sudah terdaftar BPJS, memiliki atm bri dengan saldo yang cukup, dan datang ke mesin ATM Bank BRI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM, masukkan PIN seperti saat anda akan melakukan transaksi atm bri seperti biasanya.
  3. Pilih menu PAKET TUNAI atau TRANSAKSI TUNAI
  4. Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA
  5. Pilih menu PEMBAYARAN
  6. Pilih menu LAINNYA sampai anda melihat menu BPJS
  7. Pilih menu BPJS
  8. Pilih menu BPJS Kesehatan
  9. Masukkan nomor virtual account BPJS anda.
  10. Cek apakah sudah sesuai dengan data BPJS anda atau belum
  11. Jika sudah sesuai kemudian masukkan nominal uang yang akan digunakan untuk membayar BPJS sesuai dengan kelas anggota BPJS anda.
  12. Proses dan selesai
  13. Ambil struck bukti pembayaran iuran BPJS anda.

Cara memasukkan nomor virtual account BPJS


Pada saat membayar iuran BPJS melalui ATM BANK BRI maka anda harus memasukkan kode nomor virtual account BPJS, jadi anda tidak bisa hanya dengan memasukkan nomor BPJS seperti yang tertera pada kartu BPJS begitu saja.


Sebagai contoh, nomor kartu BPJS anda terdiri dari 13 digit : 0001234567891
Sedangkan nomor virtual account BPJS ATM BRI adalah: 88888
Jadi cara memasukkan nomor virtual account BPJS saat melakukan transaksi pembayaran iuran BPJS adalah:
- Masukkan angka 88888
- Kemudian diikuti 11 digit nomor kartu BPJS anda dari belakang 01234567891
- Sehingga nomor virtual account BPJS anda menjadi: 8888801234567891

Itulah cara membayar iuran BPJS kesehatan dengan menggunakan atau melalui ATM Bank BRI sehingga lebih memudahkan anda saat melakukan pembayaran iuran BPJS setiap bulannya.

Subscribe to receive free email updates: