Cara Membuat Policy Privacy Blog Online Tanpa Harus Menulis Manual

Cara membuat privacy policy blog online - Mungkin anda pernah bertanya-tanya apa arti privacy policy? dan apa fungsi dari privacy policy? Privacy policy adalah dokumen hukum yang menyatakan beberapa informasi tentang pengelolaan situs, blog, atau website. Jadi privacy policy ini sebenarnya sangat penting sekali atau bahkan harus dimiliki oleh sebuah blog, situs, atau website yang dikelola dengan sungguh-sungguh dan difungsikan untuk memperoleh penghasilan melalui online marketing seperti google adsense dan situs periklanan serta affiliasi lainnya.

Saat anda membaca privacy policy sebuah blog, website, dan situs mungkin anda sering menemukan privacy policy dalam bahasa inggris. Anda pasti berfikir bahwa sipemilik blog adalah orang yang pintar dan fasih dalam berbahasa inggris, padahal sebenarnya mungkin mereka tidak bisa berbahasa inggris seperti penulis blog bocah soenyi ini. Jujur saya membuat privacy policy blog ini secara online, jadi saya tidak menulisnya secara manual, karena saya tidak pandai dalam berbahasa inggris dan saya juga tidak faham tentang ketentuan dan tatacara dalam menulis privacy policy, jadi saya memilih membuat privacy policy secara online saja, karena sekarang ini banyak sekali situs yang menyediakan jasa pembuatan privacy policy online secara gratis.

Jika blog atau website anda menggunakan bahasa indonesia, alangkah baiknya jika anda membuat privacy policy dalam bahasa indonesia, tapi ya itu tadi, butuh waktu dan butuh pemikiran untuk menulisnya secara manual. Cara paling mudah adalah dengan membuat privacy policy online secara gratis kemudian menterjemahkannya kedalam bahasa indonesia, itupun jika anda pandai dalam bahasa inggris. Atau bisa juga dengan cara membuat privacy policy online berbahasa inggris kemudian mentranslatenya dengan menggunakan google translate, tapi tetap saja bahasa hasil translate dari google agak sedikit rancu dan kurang enak dibaca, jadi saya biarkan saja blog ini menggunakan privacy policy dalam bahasa inggris.

Cara membuat privacy policy online


Beberapa orang termasuk saya sendiri sempat bertanya-tanya apa bedanya privacy policy dan disclaimer? Ada yang bilang sama saja, tapi ada juga yang bilang berbeda, jadi saya memilih untuk membuat keduanya, membuat privacy policy dan juga membuat disclaimer. Adapun cara membuat privacy policy online dan gratis adalah sebagai berikut ini:

1. Buka situs penyedia jasa pembuatan privacy policy online gratis disini: Privacy policy online.com

2. Lengkapi semua kolom sesuai dengan blog anda, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini:
cara membuat privacy policy online
Keterangan gambar:

  • Your site title: Isi dengan nama blog anda, Contoh: Blog Bocah Soenyi
  • Your site url: Isi dengan alamat blog anda, Contoh: www.bocahsoenyi.com
  • Contact link: Isi dengan url contact us, Contoh: www.bocahsoenyi.com/contact-us
  • Email address: Isi dengan alamat email kamu yang aktif
  • Email encryption: Pilih apakah alamat email anda akan di encrypsi atau tidak
  • Cookies: Pilih YES. my site use cookies
  • Advertisers on your site: Pilih program periklanan atau affiliasi yang akan anda pasang di blog anda. Contoh: Google adsense, Chitika, Amazon, dan yang lainnya.
3. Jika semua data sudah terisi dengan benar kemudian klik "Generate Policy" atau pilih "Generate HTML".  Gambar dibawah ini adalah contoh dari privacy policy yang sudah saya buat.
cara membuat privacy policy
Contoh privacy policy online
 4. Copy hasil generate privacy policy tersebut, kemudian pastekan di Laman/ Page blog anda, namun sebelumnya anda harus membuat sebuah Laman/ Page baru.

Cara membuat Laman/ Page blog

1. Masuk ke dashbord blogspot anda

2. Pilih Laman/ Page

3. Buat Laman/ Page baru dan beri nama "Privacy Policy

4. Pastekan hasil generate privacy policy di Laman baru anda, lebih baik anda gunakan mode HTML karena yang akan anda paste adalah generate html privacy policy

5. Klik Simpan

Selamat sekarang anda sudah memiliki sebuah privacy policy yang anda buat secara online gratis. Selanjutnya anda tinggal memasukkan url laman privacy policy ke bagian Tab privacy policy. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates: