Perbedaan Template Blog Gratis Dan Template Blog Premium/ Berbayar

Perbedaan template blog gratis dan premium/ berbayar -Template blog merupakan salah satu element penting dalam sebuah blog, tidak peduli itu template blog gratis ataupun template blog premium. Yang paling terpenting adalah template blog tersebut enak dilihat sehingga pembaca merasa nyaman saat membaca artikel didalam blog satu persatu. Sebab jika template blog terkesan tidak rapi alias acak-acakan dengan pengaturan warna yang terlalu contras dan mencolok, tentu akan membuat pengunjung blog merasa tidak nyaman sehingga kemudian akan meninggalkan blog tersebut dan malas untuk membukanya lagi. Template blog yang baik juga harus SEO friendly dan fast loading, biasanya template blog yang seo friendly dan fast loading adalah template blog berbayar, meskipun ada juga template blog gratisan yang seo friendly dan fast loading, tapi tetap saja fitur dan kualitasnya masih kalah dengan template blog premium.
BACA JUGA: Ciri-ciri template yang SEO friendly
Template blog yang SEO friendly memiliki fitur meta keyword dan meta deskripsi yang baik sehingga lebih disukai oleh google search engine dan dengan mudah ditemukan ketika kita searching dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan tema artikel blog tersebut. Sedangkan untuk template blog yang Fast loading memiliki fitur dimana blog tersebut sangat ringan saat diakses meskipun dengan internet lambat. Blog yang tidak fast loading atau kecepatan loadingnya diatas 2 detik saat dibuka biasanya cenderung akan ditinggalkan oleh pembacanya.

template-blog-premium-berbayar
Template blog premium ArlinaDzgn.com


Perbedaan template blog gratis dan premium


Kembali lagi ke pokok pembahasan, karena banyak pertanyaan mengenai perbedaan template blog ini, misalkan pertanyaan-pertanyaan seperti:

Sebenarnya apa saja sih perbedaan template blog gratis dan premium itu? 

Jawabannya sangat sederhana sekali, template blog premium itu didapat dari membeli ke penjual template, sedangkan template blog gratisan itu ya hasil dari download atau diperoleh secara gratis dan memang tidak diperjual belikan.

Kenapa orang banyak yang membeli template blog berbayar, padahal kan ada template blog yang gratisan? 

Si pembuat template blog biasanya menyediakan template dalam 2 versi, yaitu versi free alias gratis dan versi premium alias berbayar. Dari kedua versi tersebut tentu dibuat berbeda/ tidak sama persis, dimana template blog premium dibuat sesempurna/ sebaik mungkin, sedangkan template blog versi gratisan dibuat agar memiliki kekurangan sehingga pengguna akan meng upgrade template blog mereka ke versi premium untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Apakah blog yang memakai template blog premiun posisi di google lebih baik dari blog yang hanya menggunakan template gratisan?

Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Lho kok gitu? "Iya" jika kedua blog dengan template versi gratisan dan versi premium dikelola secara sama, dengan umur blog yang sama, kualitas artikel, backlink, dan seo offpage sama, tentu blog dengan template premium lebih unggul.

Tapi jika kedua blog tersebut dikelola secara berbeda, dimana blog dengan template premium dikelola secara asal-asalan, sedangkan blog dengan template gratisan dikelola dengan baik dan serius, tidak mustahil jika blog dengan template gratisan akan lebih baik ketimbang blog dengan template berbayar.
template-blog-gratis-free
Template blog gratis ArlinaDzgn.com

Template blog premium/ berbayar


  • Template blog premium adalah template blog berbayar yang diperoleh dari membeli secara langsung kepada si pembuat template tersebut. 
  • Pembuat blog membuatkan tutorial/ cara menggunakan template sehingga memudahkan bagi pengguna template.
  • Didalam template blog premim tidak terdapat credit link
  • Boleh menghapus link si pembuat template dan mengganti link blog kita, biasanya fitur link tersebut terdapat di bagian footer blog.
  • Dapat terhubung langsung dengan pembuat template, sehingga kita bisa konsultasi secara langsung tentang cara penggunaan template tersebut agar lebih optimal.
  • Bebas mengedit template sesuka hati, karena anda sudah membelinya.
  • Fitur lebih lengkap, lebih seo friendly, fast loading, mobile friendly, dan lain sebagainya, intinya lebih komplit dari yang gratisan.
  • Tidak terdapat bug 

Template blog gratisan/ free



  • Template hasil dari download gratis yang banyak beredar di internet, karena memang dibuat dalam versi gratis sehingga bebas digunakan dan dibagikan oleh siapa saja.
  • Tidak bisa terhubung langsung dengan pembuat template, karena biasanya si pembuat tidak mau tahu dan hanya melayani konsultasi khusus untuk yang versi berbayar saja.
  • Terdapat credit link yang tidak boleh dihapus.
  • Tidak boleh menghapus link si pembuat template blog dibagian footer
  • Fitur kurang lengkap, meskipun sudah seo friendly, fast loading, dan mobile friendly, tapi tetap saja tidak sebaik template versi premium
  • Masih terdapat bug
BACA JUGA: Cara memilih template blog yang baik dan berkualitas
Sekarang tinggal anda memilih yang mana, pakai template blog premium yang biaanya dijual dengan harga 100 ribuan sampai jutaan, atau memakai template blog gratisan yang bisa anda download secara free di internet. Kita harus bersyukur karena sekarang ini sudah banyak anak indonesia yang ahli dalam hal pemrograman dan html, sehingga untuk mendapatkan template blog premium kita tidak perlu membelinya keluar negeri dengan harga yang tinggi, karena template blog buatan anak negeri yang harganya hanya seratus ribuan ternyata tidak kalah baiknya dengan template blog buatan luar negeri.

Beberapa pembuat template blog dalam negeri yang cukup terkenal dan berkualitas adalah template blog buatan sugeng.id, Arlina Design, Kang mousir, dan masih banyak lagi master template blog indonesia yang berkualitas. Jadi anda tinggal pilih template blog gratisan dan template blog premium dari para master template tersebut.

Subscribe to receive free email updates: