Cara Blokir Kartu ATM BRI Yang Hilang Atau Tertelan

Cara blokir kartu ATM BRI -Bagi anda nasabah Bank BRI pasti memiliki kartu ATM BRI, karena dengan ATM tersebut akan mempermudah anda dalam melakukan transaksi perbankan, baik itu untuk mengambil uang, transfer, membayar berbagai macam tagihan, beli pulsa, dan masih banyak lagi. Sebab ATM merupakan singkatan dari (Automatic Teller Machine), jadi sama halnya seperti mesin kasir otomatis yang bisa digunakan untuk membayar ataupun mengambil uang.

Kartu ATM biasanya dimasukkan didalam dompet dan dibawa kemana-mana sehingga sangat berpotensi untuk hilang, basah, dan rusak. Belum lagi jika dompet yang berisi kartu ATM tersebut dicuri orang, dan dikhawatirkan pencuri tersebut mengetahui PIN ATM anda, maka saldo ATM pasti akan ludes diambil pencuri.

Cara blokir kartu atm bri

Selain itu terkadang kita juga dibuat repot oleh mesin ATM BRI yang error sehingga bertransaksi perbankan, kartu ATM tidak mau keluar dari mesin alias tertelan. Kartu ATM hilang atau tertelan tersebut sangat sering sekali dialami oleh setiap nasabah.

Untuk mengantisipasi permasalahan diatas maka sebagai nasabah Bank BRI anda harus mengetahui cara memblokir kartu atm bri yang rusak ataupun hilang, jadi meskipun kartu atm hilang anda tidak perlu khawatir lagi dengan saldo tabungan anda akan ikut hilang.

Cara memblokir kartu ATM BRI


Jika anda mengalami masalah kartu ATM hilang atau rusak, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah tenang dan tidak panik. Sebab ketika orang sudah panik biasanya justru akan melakukan tindakan-tindakan konyol yang tidak menyelesaikan masalah. Setelah itu anda harus segera memblokir kartu ATM BRI dengan menggunakan beberapa pilihan cara berikut ini:

  1. Blokir ATM BRI melalui call center BRI
  2. Blokir ATM BRI melalui kantor cabang/ unit Bank BRI
  3. Blokir ATM BRI dengan Mobile banking
  4. Blokir ATM BRI lewat Internet banking
Silahkan anda pilih salah satu dari ke empat cara diatas yang anda anggap paling mudah dan cepat.

1. Cara blokir kartu ATM BRI melalui call center BRI

Pemblokiran ATM BRI dapat dilakukan melalui call center BRI di nomor 14017, anda bisa menelepon menggunakan handphone, telepon rumah, ataupun telepon umum. Tapi sebelum menelepon call center, pastikan anda sudah menyiapkan buku tabungan dan kartu identitas anda, sebab nanti anda akan ditanya oleh petugas call center BRI nomor rekening dan data diri, biasanya juga akan ditanya siapa nama ibu kandung anda.

Jika semua data dirasa cocok maka anda baru diijinkan untuk mengajukan permohonan pemblokiran kartu ATM. Biasanya petugas call center juga akan menanyakan waktu dan tempat ATM tersebut hilang, serta menanyakan kapan terakhir kali anda bertransaksi atau berapa kira-kira nominal saldo tabungan anda.

2. Cara memblokir kartu ATM BRI lewat kantor bank BRI

Jika kebetulan rumah ataupun posisi anda dekat dengan kantor unit ataupun cabang bank bri, maka anda bisa mengajukan pemblokiran kartu ATM tersebut di bank bri terdekat. Persyaratan yang dibutuhkan adalah buku tabungan dan kartu identitas diri (KTP/ SIM), kemudian silahkan anda mengambil nomor antrian CS. Setelah dipanggil kemudian ajukan permohonan kepada petugas Customer service untuk memblokir kartu ATM anda. Biasanya petugas CS akan menanyakan data diri, alasan pemblokiran, dan lain sebagainya untuk pencocokan identitas.

3. Blokir ATM BRI menggunakan Mobile Banking BRI

Jika anda sudah terdaftar sebagai nasabah pengguna mobile banking BRI dan sudah memiliki aplikasi mbanking BRI yang terinstall di handphone, maka dengan sangat mudah anda dapat melakukan pemblokiran kartu ATM yang hilang tersebut. Tapi jika anda belum terdaftar dan memiliki aplikasi Mbanking BRI, sebaiknya anda segera mengaktifkan fitur Mbanking tersebut, karena dengan menggunakan Mbanking maka transaksi perbankan anda akan menjadi semakin mudah dan cepat.

Caranya pemblokiran ATM melalui mbanking adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi BRI mobile banking yang terinstall di handphone anda
  • Pilih menu "PELAYANAN NASABAH"
  • Kemudian pilih menu "DISABLE KARTU ATM" seperti contoh gambar dibawah ini:
cara blokir kartu atm bri

  • Lalu masukkan PIN mobile banking BRI anda
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pemblokiran dilakukan, perintah pemblokiran atm akan dikirim melalui SMS ke nomor handphone anda yang terdaftar untuk aplikasi mobile banking.
  • Pesan bahwa kartu atm telah diblokir juga akan dikirim melalui sms ke nomor anda, jadi pastikan nomor anda memiliki pulsa yang cukup untuk sms, sebab aplikasi mobile banking bri ini masih membutuhkan pulsa untuk sms notifikasi, jadi fitur ini masih mirip seperti sms banking saja yang masih membutuhkan pulsa sms untuk melakukan transaksi.
4. Cara pemblokiran kartu ATM BRI melalui Internet Banking BRI

Untuk pemblokiran melalui aplikasi internet banking ini prinsipnya hampir sama seperti menggunakan mobile banking. Jadi jika anda sudah terdaftar sebagai nasabah internet banking BRI dan sudah memiliki aplikasinya, saya yakin anda sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk memblokir kart atm yang hilang atau rusak.

Jagalah dengan baik harta benda anda, termasuk salah satunya adalah kartu ATM anda agar jangan sampai rusak ataupun hilang. Jika sudah terlanjur hilang maka segeralah melakukan pemblokiran seperti tutorial cara blokir kartu ATM BRI diatas.