Cara Memperbaiki Error Google Play Store Yang Benar

Error Google Play Store ini biasa terjadi pada ponsel smartphone android saja, sedangkan untuk ponsel selain android (Iphone) biasa disebut dengan error google App store. Sebagai pengguna android terkadang kita dibuat bingung dengan error tersebut, sebab jika terjadi kesalahan pada play store maka otomatis anda tidak bisa mendownload game dan aplikasi terbaru.

Aplikasi google playstore merupakan sebuah aplikasi bawaan smarphone android, dimana aplikasi tersebut merupakan satu element yang sangat penting dalam sistem operasi android. Melalui aplikasi google play store tersebut anda dapat mendownload berbagai macam game dan aplikasi secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun, cukup dengan kuota internet saja.

Sayangnya hampir semua merk ponsel android baik itu Samsung, Xiaomi, Oppo, LG, Advan, Vivo, dan lain-lain terkadang mengalami kesalahan atau error pada aplikasi google play store, khususnya untuk smartphone dengan OS android versi ginger bred, jelly bean,  kitkat, dan lolli pop.

Ada 3 macam error google play store yang biasa terjadi pada smartphone android yaitu adalah:

  • Sayangnya google play store telah berhenti
  • Unfortunately Google Play Store Has Stopped
  • Google Play Store Has Been Stopped

Cara memperbaiki error google playstore


Jika error google play store ada 3 macam, maka cara mengatasi google play store pun juga ada 3 macam. Bedanya ketiga cara tersebut dapat digunakan untuk mengatasi semua masalah error pada google playstore. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Hapus cache google play store

Cache merupakan file sementara (temporary file) yang tersimpan didalam memori internal smartphone android. Sebenarnya cache berfungsi untuk mempercepat kinerja android ketika hendak membuka sebuah aplikasi, tapi jika dibiarkan terlalu lama, maka cache akan menumpuk. File cache yang menumpuk dan memenuhi memori internal tersebut terkadang dapat membuat kinerja ponsel menjadi lemot atau lamban.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi android lemot dan error google play tersebut, anda harus menghapus file cache melalu menu pengaturan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
Pilih menu Pengaturan => Aplikasi => Atur Aplikasi => Google Play Store => Hapus Data => OK
memperbaiki error google play store


error google play store

Dengan menghapus cache biasa aplikasi google play store yang error akan normal kembali.

2. Atur ulang preferensi aplikasi

Jika dengan menghapus cache ternyata masih error, maka anda bisa mencoba cara ke 2, yaitu dengan mengatur ulang preferensi aplikasi. Caranya adalah sebagai berikut:
Pilih menu Pengaturan => Aplikasi => Pengaturan Aplikasi => Google Play Store => Reset Preferensi Aplikasi => Restart ponsel android
3. Hapus dan tambahkan kembali akun google (Gmail.com)

Cara terakhir untuk mengatasi error google play store adalah dengan menghapus akun google, kemudian tambahkan lagi akun google yang baru saja dihapus. Mungkin istilah lainnya adalah dengan merestart akun google. Caranya adalah sebagai berikut:
Pilih menu Pengaturan => Akun Dan Sinkr. => Pilih Akun Gmail Anda => Hapus Akun
Setelah akun gmail terhapus, selanjutnya tambahkan kembali akun gmail ke aplikasi google play store. Dengan demikian biasanya error aplikasi play store akan normal kembali.

4. Cara pamungkas

Jika dengan melakukan ketiga langkah diatas ternyata error google play store masih belum dapat teratasi, cara paling pamungkas adalah dengan melakukan format (Reset data pabrik). Untuk tutorial cara format yang benar silahkan baca: Cara format HP android yang benar