Solusi Tidak Bisa Upload Foto Dan Gambar Di Wordpress Self Hosting

Tidak bisa upload foto di wordpress -Setelah cukup lama saya tidak update posting di blog ini dikarenakan sekarang saya sedang merampungkan salah satu projek perbaikan website bisnis dibidang cuci sofa bekasi yang dibuat dengan menggunakan platform wordpress dengan hosting sendiri (self hosting). DImana permasalahannya adalah ketika pemilih website hendak mengupload foto atau gambar kedalam postingan selalu gagal alias tidak bisa upload foto.

Hal tersebut cukup membuat pemilik blog menjadi frustasi dan enggan untuk menulis lagi di blog tersebut, sehingga mengakibatkan penurunan rating dan posisi index google pada website tersebut. Awalnya pemilik web hendak mengupdate posting dan memasukkan gambar untuk memperbaiki SERP google agar bisa masuk 5 besar google search engine. Tapi  saat membuat posting baru dan akan mengupload/ menyisipkan beberapa foto pada postingan pasti selalu gagal. Entah apa penyebabnya yang pasti dia tidak bisa upload foto di postingan wordpress  tersebut, dan muncul pesan error 
"Unable to create directory wp-content/upload/2015/04. is its parent directory writable by the server?" 
Pemilik web meminta saya untuk memperbaiki permasalahan tersebut sehingga memaksa saya untuk berfikir sejenak dan menganalisa serta menterjemahkan pesan error tersebut kedalam bahasa indonesia. Tak ketinggalan pastinya saya bertanya ke mbah google apa solusi tidak bisa upload foto dan gambar pada postingan wordpress.

Singkat cerita ternyata solusi permasalahan tersebut terletak pada setting permissions pada file wp-content/upload yang terletak pada cpanel hosting website saya tersebut. Cukup simpel tapi kalau tidak tahu caranya bisa bikin pusing tujuh keliling

Nah pada posting kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mengatasi masalah tidak bisa upload foto pada postingan wordpress yang telah saya praktekkan sendiri, dan hasilnya 100% berhasil, mungkin sobat blogger pernah juga mengalami masalah serupa dengan yang barusan saya alami, tapi tidak tahu bagaimana solusinya.

Cara mengatasi masalah tidak bisa upload foto di posting wordpress

1. Silahkam anda masuk/ login ke cpanel hosting anda.

2. Pilih File Manager kemudian klik Go

solusi tidak bisa upload foto di posting wordpress


3. Kemudian masuk ke folder wp-content, klik kanan folder upload pilih change permissions.

cara mengatasi tidak bisa upload foto di wordpress

4. Ubah permission menjadi 7 7 7 cara dengan memberi tanda centang pada kotak dialog. perhatikan gambar dibawah ini.

tidak bisa upload foto di wordpress

5. Klik change permissions, Selesai dehh...

6. Sekarang coba kembali ke posting wordpress anda, lalu coba untuk upload gambar. Selama anda mengikuti petunjuk ini dengan benar, insya allah masalah tidak bisa upload foto pada posting anda akan terselesaikan.. Oiya setelah anda selesai posting dan mengupload gambar, sebaiknya anda kembalikan lagi change permission pada cpanel hosting anda menjad 7 5 5. Semua itu semata-mata demi keamanan website wordpress anda.

UPDATE: Penyebab lain kenapa anda tidak bisa upload foto di wordpress adalah karena hosting blog anda sudah penuh. Jika permasalannya karena hosting penuh, maka solusinya adalah dengan menghapus plugin-plugin yang tidak diperlukan untuk menambah ruang kosong hosting, atau dengan mengupgrade kapasitas hosting ke yang lebih besar lagi (hosting profesional), sehingga anda bisa mengupload foto dan gambar sepuasnya.

Demikian ulasan dan cerita mengebai cara mengatasi masalah tidak bisa upload foto pada postingan wordpress.. Semoga dengan membaca postingan ini permasalahan wordpress self hosting anda dapat terselesaikan.