Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak Atau Ngedrop

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak - Penggunaan baterai laptop yang tidak tepat dapat mengakibatkan baterai cepat ngedrop atau rusak. Hal tersebut sama seperti yang pernah saya alami, dimana saya sering menggunakan laptop dengan charger selalu menancap, bahkan tidak pernah saya lepas meskipun baterai sudah penuh. Demikian pula ketika laptop dimatikan, charger masih tetap menancap dengan nyaman.

Hal tersebut diatas ternyata dapat mengakibatkan baterai laptop sering ngedrop, bahkan hanya mampu menyimpan daya sekitar 10 menit saja. Hal itulah yang terkadang membuat saya menjadi kesal, karena ketika saya membawa laptop, charger juga harus ikut dibawa kemana-mana.
cara-memperbaiki-batree-laptop-rusak

Dari pengalaman diatas akhirnya saya googling di internet mencari solusi dan cara memperbaiki baterai laptop yang rusak. Ternayat banyak juga shobat yang mengalami nasib sama seperti saya, jadi cukup banyak juga yang membahas hal tersebut.

Singkat cerita akhirnya saya praktekkan tips-tips tersebut kemudian saya rangkum dan saya tulis kedalam posting ini. Tapi tentunya hanya tips yang benar dan tidak menyesatkan saja yang saya bagikan kepada shobat semua, bukan tips yang ngawur yang terkadang justru dapat memperparah kerusakan pada baterai laptop anda.
Baca juga artikel ini: Cara merawat baterai laptop agar lebih awet

Cara memperbaiki baterai laptop rusak/ngedrop (cara 1)

Cara ini dapat anda gunakan jika baterai laptop tidak dapat dicharger, biasanya muncul tanda silang pada icon baterai dilaptop anda saat dicharger. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan anda coba cara berikut ini:

- Cabut charger laptop kemudian matikan laptop anda.
- Lepas baterai laptop
- Tancapkan kembali charger laptop kemudian nyalaka
- Klik kanan My Computer - Device Manager Battery - Unistall Microsoft ACPI Compilant Method Control Battery
- Setelah itu matikan kembali laptop kemudian cabut charger laptop anda.
- Pasang kembali batree laptop, tancapkan charger laptop anda
- Nyalakan lagi laptop seperti biasa.

 Catatan: Selama baterai laptop anda belum rusak parah, artinya masih bisa menyimpan daya listrik, cara diatas dapat mengembalikan kapasitas penyimpanan baterai laptop anda.

Cara memperbaiki batree laptop rusak/ ngedrop (cara 2)

Jika cara yang pertama tadi hanya dengan mengunistall ACPI di pengaturan baterai pada windows anda, untuk cara yang kedua ini terbilang sedikit nyeleneh dan unik, tapi sudah terbukti mampu mengatasi masalah baterai laptop ngedrop, atau paling tidak dapat sedikit menambah daya tampung baterai laptop, caranya adalah sebagai berikut:

1. Cabut baterai laptop, kemudian masukkan kedalam plastik yang agak tebal, bisa menggunakan plastik kiloan atau plastik bekas bungkus gula pasir yang masih bagus (tidak bocor) dan masih bersih.

2. Ikat rapat-rapat plastik dengan menggunakan karet gelang, pastikan ikatan benar-benar rapat dan tidak bocor, jangan sampai ada udara yang masuk kedalam plastik tersebut.

3. Masukkan baterai yang telah dibungkus plastik tadi kedalam freezer

4. Biarkan baterai berada didalam freezer selama kurang lebih 24 jam

5. Keluarkan baterai yang dibungkus plastik dari freezer, keluarkan baterai dari plastik, kemudian diamkan sampai suhu baterai kembali dalam keadaan normal (tidak dingin)

6. Bersihkan baterai jika terdapat debu atau sisa air dengan menggunakan lap bersih lalu pasang kembali ke laptop anda.

7. Colokkan charger laptop dalam keadaan laptop mati (jangan dihidupkan dulu)
8. Tunggu selama sekitar 1 jam atau sampai kira-kira baterai laptop terisi penuh.

9. Nyalakan kembali laptop seperti biasa, dan check kemampuan baterai laptop anda, apakah lebih tahan lama atau tidak. Sepengetahuan saya,cara diatas menambah kapastisa penyimpanan baterai, sehingga dapat menambah durasi penggunaan laptop pula.

Itulah cara memperbaiki baterai laptop rusak atau ngedrop yang dapat saya bagikan kepada anda hari ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.