Tombol ScreenShot HP Android (Screen Capture)

Screenshot/ Screen capture android- Fungsi dan kegunaan handphone saat ini bisa dibilang tidak kalah dengan PC/ laptop. Pasalnya sekarang ini hampir semua fungsi laptop sudah diadopsi kedalam fitur HP. Jika untuk PC kita harus menginstall software terlebih dahulu, maka untuk handphone android kita juga harus menginstall aplikasi terlebih dahulu. Hanya saja memang untuk masalah kemudahan penggunaan dan kelengkapan fiturnya memang masih lebih power full jika menggunakan PC/ laptop.

Sama seperti hal nya komputer yang memiliki menu Print Screen, maka pada hp android pun juga dilengkapi dengan menu printscreen yang disebut dengan screenshot atau screen capture. Nah untuk dapat menangkap layar screenshot tersebut kita cukup menggunakan tombol cepat. Penggunaan screenshot tersebut adalah seperti ketika anda ingin mencopy paste tamplan pada layar hp android menjadi sebuah gambar, dan gambar terebut nantinya secara otomatis akan tersimpan di media penyimpanan gambar.
tombol-screenshot-hp-android
Screenshot atau screen capture ini biasanya digunakan jika anda ingin mengambil gambar dari layar hp anda. Misalnya setelah anda melakukan transfer mbanking dengan menggunakan hp android anda, kemudian ingin mengirimkan bukti transfer tersebut kepada si penerima transfer melalui email atau bbm. Maka pastinya anda harus mengambil screenshot bukti transfer tersebut kemudian anda kirimkan kepada si penerima transfer dari rekening anda.
tombol-screen-capture-hp-android

Untuk melakukan screenshot, anda biasanya cukup menekan tombol cepat, misalnya seperi tombol power dengan tombol home, atau tombol power dengan tombol volume down. Masing-masing merk hp dan versi android biasanya memiliki tombol screenshot atau screen capture yang berbeda beda.

Misalnya untuk hp merk samsung akan berbeda tombol screenshot nya dengan hp pabrikan china seperti evercoss, advan, Oppo, dan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda coba beberapa cara mengambil screenshoot dan tombol screen capture hp android anda.

Baca juga artikel ini:
- Kode Rahasia Touchscreen HP Android
- Cara Memperbaiki Kalibrasi Touchscreen Hp Android
- Cara Mengatasi Hp Samsung Android Sering Restart Sendiri

Cara screenshot HP android/ Tombol screenshot android


1. Tombol Screenshot HP Android Samsung

Untuk beberapa jenis hp samsung android anda dapat mengambil screenshot dengan menekan tombol power + tombol menu secara berbarengan, tahan selama sekitar 3 detik kemudian lepaskan. Cara ini sudah saya praktekkan pada Hp Android Samsung Ace Duos milik saya yang masih menggunakan system operasi Android Gingerbread 2.3.6

2. Tombol Screenshot HP Android China dan lainnya

Untuk beberapa jenis hp android china seperti Lenovo, Evercoss, OPPO, dan beberapa jenis hp android lainnya seperti Sony, HTC One, Samsung Galaxy Tab 2, Samsung Galaxy Lexus. Anda dapat mengambil screenshot dengan memanfaatkan tombol power + tombol volume down.

3. Tombol Screenshot HP Android Jelly Bean, Kitkat, dan Versi Android Versi Terbaru

Untuk beberapa hp android keluaran terbaru seperti Samsung Galaxy yang telah menggunakan OS Jelly bean, Kitkat, atau versi setelahnya. Anda dapat mengambil screenshot hanya dengan mengusap layar touchscreen smartphone anda kekiri kemuadian kekanan secara cepat, maka secara otomatis hp android akan melakukan screen capture.

4. Screenshot Hp Android Tanpa Tombol (Menggunakan Aplikasi)

Untuk cara yang keempat ini anda diharuskan mendownload sebuah aplikasi android melalui play store yang kemudian anda install aplikasi tersebut kedalam hp smartphone anda. Untuk screenshot dengan menggunakan aplikasi ini biasanya digunakan pada hp smartphone dengan sistem operasi android versi 2.2 kebawah. Atau bisa dibilang android versi jadul.

Itulah artikel mengenai Tombol Screenshot Hp Android yang dapat saya bagikan kepada anda hari ini. Semoga bermanfaat.