Cara Mudah Mendaftarkan Blog Di Google Search

Cara mendaftarkan blog di google search -Sampai saat ini google masih menjadi pilihan utama atau primadonanya mesin pencari. Karena meskipun cukup banyak search engine yang menjadi pesaing google misalnya seperti yahoo dan bing, tapi ternyata orang-orang masih cukup setia menggunakan google sebagai mesin pencarian mereka.

Bagi seorang blogger ini merupakan salah satu hal terpenting untuk dapat mendaftarkan blog/ website di google search engine. Karena dengan didaftarkan blog tersebut ke google search, maka secara otomatis ketika ada orang yang ingin mencari informasi di google dan kebetulan blog anda sesuai atau berhubungan dengan informasi yang dicari tersebut maka diharapkan blog anda bisa muncul dihalaman pertama google search.

Tapi sayangnya untuk bisa menduduki halaman pertama google search tidaklah mudah, karena dari sekian juta blogger diseluruh dunia pasti menginginkan blog mereka bisa berada dihalaman pertama google search. Sebab jika banyak artikel di blog anda bisa menduduki halaman pertama google, pasti penghasilan blog anda akan semakin meningkat
Silahkan Baca: Cara masuk halaman pertama google
Untuk saat ini lupakan terlebih dahulu tentang bagaimana cara masuk halaman pertama google, yang terpenting sekarang blog anda bisa terindeks dengan cepat oleh google terlebih dahulu, karena jika posting blog sudah mudah terindeks, lambat laun asalkan anda konsisten dalam mengelolanya, pasti beberapa artikel blog anda bisa berada di page one google search.

Cara agar posting blog berada di halaman pertama google

Cara yang paling mudah dan paling efektif agar blog bisa terindeks google dan berpeluang untuk berada dihalaman pertama adalah dengan mendaftarkan blog tersebut di google search console. Dan menurut saya wajib hukumnya bagi seorang blogger untuk mensubmit blog di google console, terlebih lagi untuk blog baru yang masih seumur jagung.

Cara tersebut terbukti mempercepat blog anda agar terindeks google, karena dengan submit di google, artinya anda memberitahukan kepada google bahwa terjadi update pada blog anda sehingga google akan merayapi blog anda kembali.

Jadi setiap anda selesai membuat posting maka segera submit url posting tersebut ke google search console. Caranya adalah silahkan klik www.google.com, maka akan tampil halaman google search console seperti dibawah ini.

cara-daftar-blog-di-google-search

Keterangan gambar:

1. Copy url posting blog kemudian pastekan di kolom URL
2. Beri tanda centang kotak I'm not a robot
3. Klik Submit Request
Jika sudah muncul peringatan seperti ini berarti posting anda sudah mulai diproses oleh google dan akan segera terindeks. Lakukan cara tersebut setiap kali anda selesai membuat posting baru.

Mendaftarkan blog di google search dengan google webmaster tools

Sebuah blog jika ingin cepat terindex google dan memiliki banyak visitor maka wajib hukumnya untuk mendaftarkan blog tersebut ke google webmaster tools. Untuk blogger pemula, cara ini mungkin terbilang agak sulit, karena anda harus mendaftarkan blog/ website anda google webmaster terlebih dahulu. tapi jika anda ikuti petunjuknya dengan benar maka sebenarnya sangat mudah sekali.

1. Masuk ke halaman ini www.google.com/webmasters, kemudian silahkan login melalui alamat dan password gmail anda. Setelah berhasil login kemudian silahkan pilih Add A Property, lalu masukkan alamat URL website agan kemudian klik Continue.
cara-daftar-website-di-google-search
2. Selanjutnya silahkan agan verifikasi alamat blog tersebut dengan cara klik Metode alternatif => Tag HTML => copy semua kode html yang ada, kemudian paste dihalaman template blog agan.
cara-daftar-web-di-google-search
3. Cara paste kode verifikasi tersebut adalah dengan masuk kehalaman template blogger dan pilih HTML
4. Paste kode verifikasi tersebut di halaman template html dibawah kode kemudian silahkan klik simpan template
5. Terakhir setelah kode verifikasi tersebut tersimpan dihalaman template blog, silahkan kembali ke halaman webmaster tools kemudian klik VERIFY seperti yang telah saya singgung pada point nomor 2 diatas.

Selesai sudah, sekarang blog agan sudh berhasil terdaftar di google webmaster tools. Sekian dan semoga bermanfaat...