Cara Membuat Custom Channel/ Saluran Khusus Adsense

Cara membuat custom channel adsense -Hai gan, Sebelum saya membahas lebih jauh tentang cara membuat saluran khusus adsense, disini saya akan sedikit mengulas terlebih dahulu tentang apa itu custom channel, apa pengertian dan fungsi dari costum channel tersebut. Karena saya yakin masih ada dari sebagian pembaca yang belum mengerti tentang maksud dan fungsi dari custum channel tersebut.

Fungsi Custum Channel/ Saluran Khusus

Costum channel atau dalam bahasa indonesianya sering disebut dengan saluran khusus yang terdapat dalam google adsense adalah salah satu fasilitas yang berfungsi untuk meningkatkan CPC dan earning adsense. Karena dengan memanfaatkan saluran khusus ini maka iklan yang ditampilkan di blog akan lebih tertarget. Sederhana adalah, didalam costum channel tersebut anda dapat membuat kategori iklan yang sesuai dengan tema blog. Misalnya blog anda memiliki niche tentang tips dan trik blogspot dan google adsense, maka anda bisa membuat costum channel tentang niche tersebut.

Saluran khusus ini nantinya akan dilihat oleh pihak pengiklan, sehingga mereka dapat menentukan jenis iklan yang akan mereka tayangkan. Jika pengiklan merasa cocok dengan costum channel yang kita buat, maka bisa jadi mereka nantinya akan memberikan penawaran yang cukup tinggi sehingga otomatis akan meningkatkan cpc adsense.

Selain itu fungsi lain dari saluran khusus ini adalah untuk memudahkan anda dalam mengecek atau mengontrol kinerja iklan yang tampilkan, karena dengan custom channel anda bisa melihat laporan kinerja iklan melalui masing-masing saluran khusus tersebut. Sehingga anda dapat lebih mudah dalam memaksimalkan jika ada iklan yang kurang maksimal.

Cara membuat costum channel/ saluran khusus yang benar

Sebelum anda membuat costum channel, sebaiknya ganti terlebih dahulu bahasa tampilan adsense kedalam bahasa inggris, karena itu nantinya akan lebih memaksimalkan costum channel yang akan anda buat. Untuk tutorial cara merubah bahasa andsense silahkan lihat disini: Cara merubah bahasa tampilan google adsense.

Setelah bahasa tampilan berhasil diubah, maka langkah selanjutnya silahkan anda simak uraian berikut ini:

1. Login ke halaman Dashbord akun adsense kemudian klik My ads, lalu pilih Costum channels dan klik New costum channel, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah
cara-membuat-costum-channel-adsense
2. Setelah itu akan muncul halaman untuk pembuatan costum channel baru, silahkan lengkapi halaman tersebut seperti pada gambar dibawah ini
KETERANGAN:
  • Nomor 1 diisi nama saluran khusus yang akan agan buat. Nama ini nantinya akan menjadi acuan bagi pengiklan sebelum memberikan penawaran terhadap kategori saluran khusus agan. Jadi sebaiknya buat nama saluran tersebut secara singkat dan jelas, misalnya: Blog anda adsense, Gadgets and android, Home and property, dan lain sebagainya.
  • Nomor 2 diisi dengan unit iklan akan agan masukkan kedalam saluran tersebut, agan tinggal klik Add maka secara otomatis unit iklan yang agan pilih akan masuk kedalam kolom Added ad units. Jika agan menghapusnya tinggal klik Remove.
  • Nomor 3 silahkan beri tanda centang agar unit iklan agan lebih tertarget.
  • Nomor 4 diisi dengan kategori iklan yang agan pilih, gunakan bahasa inggris meskipun blog yang agan miliki berbahasa indonesia. 
  • Nomor 5 pilih mulitple locations agar space iklan yang diberikan bisa lebih dari satu.
  • Nomor 6 Isi dengan deskripsi singkat tentang blog yang agan miliki, sama seperti no 4 sebaiknya gunakan bahasa inggris.
  • Nomor 7 pilih bahasa yang agan gunakan dalam blog. Jika blog agan berbahasa indonesia maka pilih bahasa indonesia, begitu juga sebaliknya jika blog yang agan miliki menggunakan bahasa inggris maka pilih bahasa inggris.
  • Nomor 8 klik Save
Selesai sudah tahap pembuatan costum channel pertama pada akun adsense anda, sekarang silahkan anda membuat costum channel lagi sesuai dengan kategori atau tema bahasan blog anda, untuk  batasan costum channel dalam satu akun adsense maksimal adalah 500 buah.

Setelah proses pembuat costum channel selesai, sekarang anda tinggal mengontrol bagaimana kinerjanya, yaitu dengan cara melihat laporan kinerja setiap harinya. Semoga dengan adanya costum channel tersebut nilai cpc menjadi lebih besar, karena jika pengiklan merasa bahwa blog anda sesuai dengan kategori iklan yang akan ditampilkan, maka mereka (advertiser) akan berani memberikan penawaran yang lebih besar.

Dengan demikian kedua belah pihak baik itu pengiklan maupun publisher akan sama-sama merasa diuntungkan. Publisher diuntungkan karena nilai cpc menjadi lebih tinggi, sedangkan pengiklan diuntungkan karena iklan mereka dilihat oleh visitor yang tertarget yang sesuai dengan kategori iklan mereka.

Itulah cara membuat saluran khusus google adsense yang dapat saya bagikan kepada agan semua. Semoga tulisan saya yang amburadul ini bisa dipahami dan semoga bermanfaat.