Bayar Pajak Motor Di Samsat Online Wonogiri Mudah Dan Nyaman.

Cara Bayar Pajak Motor Online - Apa kabar teman's, Sekarang ini hampir semua orang mempunyai motor sendiri, bahkan dalam satu rumah terkadang jumlah motornya lebih banyak dari jumlah anggota keluarga. Mungkin karena harga motor bekas sekarang cukup murah, atau karena daya beli dan penghasilan masyarakat indonesia sudah meningkat dan lebih baik dari 15 tahun yang lalu, karena saat saya masih duduk dibangku SMA sekitar 15 tahun yang lalu, masih banyak yang belum punya motor/ belum mampu membeli motor. Dari satu kampung, paling hanya sekitar 10 orang saaja yang memiliki motor, dan saat itu motor masih dianggap sebagai barang mewah.

Berbeda dengan saat ini, satu orang memiliki 2-3 motor, adalah hal yang biasa, dan tanpa kita sadari ternyata hal tersebut menjadi salah satu penyebab kemacetan dikota-kota besar seperti jakarta, surabaya, bandung, solo, dan kota-kota besar lainnya. Tapi disisi lain, dengan semakin banyaknya jumlah motor, maka pendapatan negara juga akan semakin bertambah melalui pajak motor.

Nah untuk kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas sekaligus bercerita mengenai cara membayar pajak motor online, karena memang sekarang ini semuanya sudah jamannya online. Dan dengan adanya teknologi online tersebut memang benar-benar membuat kita semakin mudah dalam melakukan banyak hal, salah satunya adalah membayar pajak motor.

Proses perpanjang pajak motor kali ini sungguh diluar dugaan saya, dimana sebelumnya saya berfikir pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama, berbelit-belit, ngantri panjang, berjubel sambil menahan lapar dan haus karena sedang berpuasa. Tapi ternyata semua itu hanya ketakutan saya saja, semuanya jauh dari yang saya bayangkan dan pernah saya rasakan sekitar sepuluh tahun yang lalu ketika terakhir kali saya mengurus pajak perpanjangan stnk sepeda motor saya.

Biar teman's tidak penasaran dan tidak menganggap saya hanya promosi atau berbohong dan omong kosong saja, saya akan ceritakan kisahnya mulai dari awal sampai akhir secara gamblang dan apa adanya. Lagian sekarang kan bulan puasa, jadi gak boleh bohong, meskipun sebenarnya pada bulan-bulan lainya kita juga gak boleh berbohong. hehehee..

Hari itu sekitar pukul 7 pagi saya mandi dan berdandan kemudian mempersiapkan semua persyaratan untuk mengurus perpanjangan pajak stnk motor termasuk mempersiapkan diri dan mental, barangkali nanti ketemu calo yang ngeyel dan suka ngejar-ngejar kalau ada orang yang mau ngurus pajak motor.

pajak motor di samsat online wonogiri

Stnk asli, KTP asli, dan BPKB asli sudah saya persiapkan beserta foto copynya sebagai antisipasi biar gak ribet jika nanti dibutuhkan. Jam setengah delapan saya start dari rumah menuju samsat online wonogiri yang letaknya tidak terlalu jauh, cukup saya tempuh dalam waktu 15 menit dengan kecepatan sekitar 40 km/ jam, karena saya bukan pembalap jalanan dan agak ngeri kalau disuruh naik motor kenceng, jadi saya pilih nyantai saja sambil nyanyi-nyanyi.

Sampai disamsat online wonogiri saya langsung disambut dengan tukang parkir yang cukup ramah dan baik hati, buktinya parkir saya saja dikorting seribu karena dia gak punya uang kembalian. Oiya, sekedar mengingatkan saja bahwa bayar parkir disini dilakukan diawal, yaitu saat kita baru memasuki area parkir, bukan diakhir ketika kita hendak keluar dari area parkir seperti pada tempat-tempat parkir biasanya. Saya bertanya kepada mas tukang parkir sambil basa-basi apakah samsat sudah buka atau belum? Dia menjawab "Sampun kok mas..", wah ternyata sudah buka, kirain saya datang kepagian, karena setahu saya kantor biasanya buka sekitar jam 8 pagi, sedangkan sekarang kan baru jam 7.45 menit.

Saya memasuki gedung kantor samsat wonogiri yang bersih dan nyaman, ternyata didalam sudah cukup banyak orang, meskipun masih banyak tempat duduk yang kosong, sehingga tidak ada antrian yang berdiri. Mungkin samsat mulai buka pada jam 7 pagi, karena saat saya baru sampai ternyata sudah ada wajib pajak yang sudah selesai dan beranjak pulang.

Saya bertanya kepada seseorang dimana tempat loket pendaftarannya, setelah ditunjukkan tempatnya kemudian saya menuju loket pendaftaran tersebut. Seorang petugas melayani saya dengan cukup ramah, beliau menanyakan keperluan saya kemudian meminta ktp asli dan stnk asli, sedangkan bpkb dan berkas foto copy ternyata tidak dibutuhkan untuk proses perpanjang pajak motor. Saya diberi nomor antrian kemudian diminta untuk menunggu.

Sekitar 10 menit duduk sambil mainan hp, terdengar suara di microphone memanggil nomor antrian saya. "Nomor antrian A 028, di stasiun 1". Saya pun bergegas menuju stasiun 1 yang disambut oleh mbak yang ramah. Dia menyebutkan nama lengkap yang tertera di stnk kemudian menyebutkan nominal yang harus dibayar untuk proses perpanjang pajak stnk motor, totalnya Rp. 185.000. Setelah membayar lalu saya dipersilahkan untuk duduk menunggu proses pencetakan bukti pembayaran pajak stnk.

Sekitar 10 menit nama istri saya dipanggil, karena memang motor yang saya urus adalah motor atas nama istri saya, sedangkan motor atas nama saya sendiri habis pajak pada bulan Agustus dan November, sedangkan motor yang satu lagi sengaja saya biarkan mati pajak karena masih atas nama orang lain. Proses perpanjangan pajak motor sudah selesai dalam waktu kurang dari 30 menit. Sebelum bergegas pulang, iseng-iseng saya ikut undian berhadiah grand prize mobil toyota avanza yang diadakan oleh samsat se provinsi jawa tengah, untuk lebih lengkapnya akan saya tulis pada posting berikutnya disini: Undian samsat jateng berhadiah toyota avanza.

Itulah pengalaman perpanjang pajak stnk motor di samsat online wonogiri yang super nyaman dan cepat. Oiya sekedar temans ketahui bahwa diruangan samsat tersebut telah disediakan counter khusus untuk melayani lansia dan wanita hamil, tempat bermain anak-anak, ruang menyusui, kursi roda, dan komputer informasi.

Saya cukup senang dan bangga dengan pelayanan pajak di samsat wonogiri, karena ternyata dikota kecil kelahiran saya sekarang sudah cukup maju dan modern. Selain itu perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kenyamanan dan kemudahan dalam berbagai hal, terasuk salah satunya dalam hal pelayanan masyarakat.

SEKIAN